Selasa, 21 Jan 2020

Kapal Kontainer Tol Laut Singgah di GunungsSitoli

Oleh: Jallus
Jumat, 21 Jun 2019 02:35
BAGIKAN:
istimewa.
Kapal laut.
GUNUNGSITOLI (EKSPOSnews): Kapal kontainer KM Kendhaga Nusantara 2 program tol laut melakukan kunjungan perdana di Pelabuhan Gunungsitoli, Provinsi Sumatera Utara.

General Manager PT Pelindo I Cabang Gunungsitoli Jonni Sitompul di Gunungsitoli, mengatakan kunjungan kapal kontainer program tol laut KM Kendhaga Nusantara 2 di Pelabuhan Gunungsitoli itu merupakan kunjungan perdana.

"Kapal tol laut ini mengangkut muatan 100 kontainer dan berkunjung atau membuka rute ke Pelabuhan Gunungsitoli berkat kerja sama PT.Pelindo dengan Pemerintah Kota Gunungsitoli," katanya, Kamis 20 Juni 2019.

Sebelum kunjungan kapal kontainer tol laut itu, PT Pelindo Cabang Gunungsitoli mendatangi Wali Kota Gunungsitoli untuk pengusulan kapal tol laut dan hasilnya mendapat sambutan yang baik.

Ia menjelaskan Wali Kota Gunungsitoli langsung ke Kementerian Perhubungan untuk meminta agar kapal tol laut membuka rute di Pelabuhan Gunungsitoli.

"Kunjungan kapal tol laut KM Kendhata Nusantara 2 merupakan yang pertama dan kita berharap terbukanya rute tol laut di Pelabuhan Gunungsitoli dapat memacu disparitas harga dan meningkatkan perekonomian di Pulau Nias,' ujarnya.

Ia menyampaikan untuk memajukan program tol laut diperlukan peran pemerintah daerah di seluruh Kepulauan Nias.

Pemerintah daerah se-Kepulauan Nias harus mampu mengajak para pedagang yang selama ini menggunakan kapal roro mengangkut barang dari Pelabuhan Sibolga ke Gunungsitoli beralih menggunakan tol laut.

Sebaliknya, katanya, pedagang yang mengangkut komoditi daerah dari Gunungsitoli ke Sibolga menggunakan kapal roro dapat beralih menggunakan tol laut dan menjual komoditi daerah di Padang, Sumatera Barat.

"Kita berharap semua pedagang di Pulau Nias menggunakan tol laut yang pasti lebih murah ongkosnya karena disubsidi, dan rute tol laut adalah Teluk Bayur, Sinabang, Gunungsitoli, dan kembali ke Teluk Bayur selama sembilan hari," katanya.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Gunungsitoli Muhammad Ilyas menyambut baik kedatangan kapal tol laut KM Kendhata Nusantara 2.

"Kita menyambut baik kedatangan kapak tol laut KM Kendhata Nusantara 2, semoga dengan dibukanya rute tol laut di Pelabuhan Gunungsitoli, ekonomi masyarakat Pulau Nias dapat meningkat," katanya.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 6 bulan lalu

    Bentrok di Gunungsitoli

    GUNUNGSITOLI (EKSPOSnews): Dua kelompok pemuda bentrok di depan Pasar Ya,ahowu, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, yang menyebabkan tiga korban dilarikan ke rumah sakit akibat luka yang dideritanya.Ka

  • tahun lalu

    Garuda Resmi Buka Rute Jakarta-Gunungsitoli

    GUNUNGSITOLI (EKSPOSnews): Menteri Hukum dan Ham Yasonna H Laoly mengapresiasi Garuda Indonesia yang membuka rute penerbangan Jakarta-Nias karena akan berdampak pada peningkatan perekonomian daerah it

  • tahun lalu

    Subsidi Tol Laut Terancam Dicabut

    JAKARTA (EKSPOSnews): Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengancam akan mencabut subisi tol laut dan diserahkan kepada swasta apabila tidak memenuhi target tingkat keterisian angkutan balik dari Ti

  • tahun lalu

    Alokasi Dana Desa di Gunungsitoli Rp77 miliar

    GUNUNGSITOLI (EKSPOSnews): Alokasi Dana Desa dari pemerintah pusat untuk Kota Gunungsitoli, Provinsi Sumatera Utara pada tahun 2018 sebesar Rp77 miliar."Sebanyak 52 desa dari 62 desa yang mengajukan p

  • 2 tahun lalu

    Pengobatan Gratis di Gunungsitoli

    GUNUNGSITOLI (EKSPOSnews): Polres Nias menggelar pengobatan Tenggorokan, Hidung dan Telinga (THT) gratis serta membagikan peralatan sekolah pada anak yatim yang dilakukan dalam rangka memperingati HUT

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99