Kamis, 22 Agu 2019

Angkatan Kerja di Aceh Meningkat

Oleh: Jallus
Sabtu, 15 Jun 2019 04:21
BAGIKAN:
istimewa.
Angkatan kerja di Aceh.
BANDA ACEH (EKSPOSnews): Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Provinsi Aceh menyatakan, jumlah angkatan kerja pada Februari 2019 seluruhnya 249 ribu orang, angka tersebut meningkat 105 ribu orang dibandingkan periode yang sama Februari 2018.

"Angkatan kerja Februari 2019 jumlahnya 249 ribu orang, naik 105 ribu orang dibandingkan Februari 2018," kata Kasubbid Pengembangan Usaha dan Investasi Bappeda Aceh, Aswar di Banda Aceh, Jumat 14 Juni 2019.

Kasubbid Pengembangan Usaha dan Investasi Bappeda Aceh menyebutkan, angka tersebut sejalan dengan naiknya jumlah angkatan kerja pada tingkat partisipasi angkatan kerja (TPAK) sebesar 1,51 persen.

"Setahun terakhir pengangguran berkurang 18 ribu orang di Aceh atau turun menjadi Rp5,53 persen pada Februari 2019," sebut Aswar.

Lebih lanjut ia menjelaskan, jika dilihat dari tingkat pendidikan, untuk sekolah menengah kejuruan (SMK) masih tertinggi di antara tingkat pendidikan lainnya sebesar 11,35 persen.

Pemerinta Aceh, kata Aswar memiliki komitmen untuk mempekerjakan warga lokal di setiap sektor industri, dan bahkan pihaknya sering mengingatkan perusahaan untuk memprioritaskan pekerja setempat.

"Kami sering mengingatkan perusahaan di Aceh untuk memprioritaskan tenaga kerja lokal sesuai ketentuan yang berlaku," ujar Kasubbid Pengembangan Usaha dan Investasi Bappeda Aceh.

Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh sebelumnya mencatat, Tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Aceh pada Agustus 2018 mencapai 6,35 persen atau lebih rendah 0,21 persen dari TPT Agustus 2017 sebesar 6,57 persen. Lebih rendah lagi menjadi 0,19 persen dari TPT pada Februari 2018 sebesar 6,55 persen.

Adapun sektor-sektor yang banyak menyerap tenaga kerja lokal di provinsi paling utara di Sumatera ini dalam setahun terakhir, yaitu pertanian 4,17 persen, perdagangan 6,21 persen, dan jasa lainnya 10,1 persen.

"Sedangkan sektor-sektor yang mengalami penurunan, yakni jasa pendidikan sekitar 7,82 persen, dan jasa kesehatan dan kegiatan sosial 5,75 persen," sebut Kepala BPS Aceh Wahyudin.

Dari sisi lain, ia melanjutkan, TPT perempuan Agustus 2018 mencapai 7,12 persen atau lebih tinggi 1,23 persen dibandingkan laki-laki sebesar 5,89 persen.

Sementara jumlah angkatan kerja di Aceh pada Agustus 2018 tercatat berjumlah 2,35 juta orang, atau bertambah sekitar 64 ribu orang dibanding Agustus 2017 yang 2,28 juta orang. 

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • satu bulan lalu

    Pemerintah Aceh Evaluasi Perusahaan Tambang

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Pemerintah Aceh terus melakukan evaluasi terhadap perusahaan tambang yang beroperasi di provinsi paling barat Indonesia guna mencengah terjadinya pelanggaran hukum."Pemerintah

  • satu bulan lalu

    Rumah Sakit di Aceh Turun Kelas

    MEULABOH (EKSPOSnews): Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan merekomendasikan penyesuaian kelas sebanyak 21 rumah sakit yang tersebar di sejumlah kab

  • 2 bulan lalu

    Kebakaran Hutan di Aceh Meluas

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyebut kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di provinsi paling barat Indonesia ini mencapai 60 hektare (ha) dalam sepekan terakhir."

  • 2 bulan lalu

    Melegalkan Poligami di Aceh

    MEULABOH (EKSPOSnews): Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Aceh Barat, Teungku Abdurrani Adian mengatakan pihaknya sangat setuju dan sependapat dengan rencana Pemerintah Aceh untuk mel

  • 2 bulan lalu

    Kebakaran Lahan di Aceh

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Peristiwa kebakaran lahan telah terjadi di dua lokasi yang masing-masing menghanguskan sekitar 0,5 hektare areal, yakni Gampong (Desa) Lampineung, Kecamatan Baitussalam, dan G

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99