Jumat, 10 Apr 2020

PT Perkebunan Nusantara XI Kaji Hasil Penelitian Bidang Perkebunan

Oleh: Jallus
Jumat, 22 Mar 2019 04:37
BAGIKAN:
istimewa.
Tebu.
SURABAYA (EKSPOSnews): PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI siap mengkaji 19 hasil penelitian di bidang perkebunan yang dilakukan oleh empat ahli peneliti dari pusat penelitian PTPN XI yang dilakukan selama kurun dua tahun terakhir, yakni 2017-2018.

Direktur Operasional PTPN XI, Daniyanto dalam keterangan persnya di Surabaya mengatakan, kajian akan dilakukan untuk menentukan hasil riset yang bisa diterapkan di lapangan.

Diharapkan, sinergi hasil riset agroindustri gula ini nantinya bisa diwujudkan dalam upaya pencapaian swasembada gula nasional.

Kepala Urusan Penelitian PTPN XI, Nanik Tri Ismadi mengatakan usai melakukan penelitian dilakukan Pertemuan Teknis Sosialisasi Hasil Penelitian PTPN XI di Gedung milik Pusat Penelitian & Perkebunan Gula Indonesia (P3GI)

Pertemuan yang telah dilakukan di Pasuruan itu, juga mengundang civitas akademika, pelaku agroindustri gula di Indonesia, BUMN dan swasta, serta lembaga riset perkebunan (Balitas).

Ia berharap, sinergi ini bisa memunculkan harmonisasi riset dalam rangka memajukan industri gula, dan memberikan manfaat besar bagi kebangkitan dan kemajuan industri gula kedepan.

Kepala Bidang Tanaman Semusim Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur, Hani Muhardiono mengapresiasi pertemuan setelah riset itu, dan berharap agar kelompok petani tebu juga turut diundang dalam kegiatan tersebut.

"Saya mengapresiasi acara ini karena ini sangat penting untuk perkembangan pergulaan. Semoga hasil penelitian ini bisa meningkatkan produktivitas kebun," katanya, Kamis 21 Maret 2019.

Sementara itu, empat peneliti yang menghasilkan 19 hasil penelitian itu masing-masing Agus Heri Wahyudi, dengan salah satu penelitiannya mengenai pupuk majemuk NPK organik hayati pada tanaman tebu di kebun PUSLIT Sukosari.

Kemudian Basuki meneliti pengaruh penggunaan dosis pemupukan dalam meningkatkan produktivitas tanaman tebu, lalu peneliti Deni Bagus Surendra yang meneliti perbandingan jumlah populasi varietas VMC 86-550 dengan varietas control yang berpengaruh terhadap produktivitas.

Dan terakhir Karina Inassyiva Rosmala yang menghasilkan penelitian uji kualitas dan kelayakan usaha papan partikel dari ampas tanaman tebu dengan perekat plastik PP dan asam sitrat.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • tahun lalu

    Melakukan Penelitian Kanker Usus dan Hati

    JAKARTA (EKSPOSnews): Mochtar Riady Institute for Nanotechnology (MRIN) sebagai lembaga penelitian kanker di Indonesia memfokuskan penelitiannya di bidang kanker hati dan kolon, yang merupakan jenis k

  • 2 tahun lalu

    PTPN XI Gandeng Peruri

    SURABAYA (EKSPOSnews): PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI dan Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) menandatangani perjanjian kerja sama untuk menyalurkan dana kemitraan senilai Rp4,5 milia

  • 2 tahun lalu

    PTPN XI Masuk Pasar Ritel Gula

    SURABAYA (EKSPOSnews): PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X mulai merambah pasar ritel Indonesia dengan peresmian produk gula ritel di Pabrik Gula (PG) Pesantren Baru, Kediri, Jawa Timur, dengan merek dag

  • 2 tahun lalu

    PTPN XIII Hentikan Operasional 5 Pabrik Kelapa Sawit

    PONTIANAK (EKSPOSnews): Manajemen PT Perkebunan Nusantara XIII menyiapkan sejumlah langkah strategis untuk melakukan upaya penyehatan seiring memburuknya kinerja perusahaan beberapa tahun terakhir."Se

  • 2 tahun lalu

    PTN XI Tanam Tebu Giling di Bali

    SINGARAJA (EKSPOSnews): PT. Perkebunan Nasional (PTPN) XI PG Asem Bagus, Jawa Timur bersama belasan petani mulai melakukan penanaman perdana tebu giling di Desa Penyabangan, Kecamatan Gerokgak Kabupat

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99