Rabu, 01 Apr 2020

PTN XI Tanam Tebu Giling di Bali

Oleh: Jallus
Kamis, 26 Apr 2018 08:54
BAGIKAN:
istimewa.
Tanam tebu.
SINGARAJA (EKSPOSnews): PT. Perkebunan Nasional (PTPN) XI PG Asem Bagus, Jawa Timur bersama belasan petani mulai melakukan penanaman perdana tebu giling di Desa Penyabangan, Kecamatan Gerokgak Kabupaten Buleleng, Bali.

"Penanaman tebu sebagai langkah awal dalam pengembangan tanaman bernilai ekonomis di wilayah Kabupaten Buleleng, merupakan varietas N.XI 1.3 pada lahan seluas 3,8 hektare. Sebanyak sekitar 6.000 sampai 6.500 mata tunas tebu telah ditanam," kata Manajer Tanaman 1 PTPN XI PG Asem Bagus, Tri Antono, Kamis 26 April 2018.

Ia menjelaskan, pihaknya akan menanam sembilan varietas tebu di wilayah daerah Buleleng. Untuk itu, mencari varietas-varietas yang cocok ditanam pada lahan di pesisir utara Pulau Bali.

Dipilihnya varietas N.XI 1-3 pada penanaman perdana tersebut karena sudah teruji di daerah Jawa dan tanah serta iklim di Buleleng juga sama dengan iklim di Banyuwangi yakni tipe C.

"Iklim hanya sebagai pendukung. Untuk perawatan tergantung dari kita. Saya yakin minimal 80 ton bisa dihasilkan dengan perawatan yang baik dan hal-hal pendukung lainnya," ujar Tri Antono.

Sementara Wakil Bupati Buleleng Nyoman Sutjidra yang turut melakukan penanaman perdana bersama belasan petani pada hari Rabu (25/4) mengatakan, penanaman tebu di Desa Penyabangan merupakan hasil survei Kementerian Pertanian di Buleleng.

Kementerian Pertanian bersama PTPN XI ingin memanfaatkan lahan kritis dan kering untuk budi daya tebu.

"Proyek percontohan perkebunan tebu di wilayah Gerokgak melibatkan 440 kepala keluarga. Kami berharap program ini dapat terlaksana dengan baik, sebagai upaya mengubah taraf hidup dan kesejahteraan petani di Buleleng," katanya.

Seorang petani pemilik lahan, Putu Budi Trisna, mengakui dirinya masih sangat awam dengan budi daya penanaman tebu ini. Namun, pemerintah pusat dan daerah serta pihak PTPN XI PG Asem Bagus sudah melakukan pelatihan-pelatihan kepada para petani.

"Sebelum kegiatan ini, kami sudah diajak ke PG Asem Bagus untuk pelatihan. Selain itu, supervisi dari PTPN XI PG Asem Bagus juga akan terus dilakukan," katanya.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 8 bulan lalu

    Mantan Ketua Kadin Bali Divonis 2 Tahun Penjara

    DENPASAR (EKSPOSnews): Mantan Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) wilayah Bali, Anak Agung Ngurah Alit Wiraputra (50), mendapatkan putusan majelis hakim atas kasus penipuan, perizinan da

  • 9 bulan lalu

    Masyarakat Bali Lebih Panjang Usianya

    JAKARTA (EKSPOSnews): Masyarakat Bali berpotensi memiliki umur yang lebih panjang dibandingkan dengan masyarakat daerah lain dikarenakan Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM)-nya yang paling

  • 10 bulan lalu

    Arus Balik dari Belawan Ramai

    MEDAN (EKSPOSnews): Sebanyak 3.799 penumpang KM Kelud arus balik Lebaran 2019 dari Pelabuhan Belawan tujuan pelayaran Pelabuhan Tanjung Balai Karimun dan Pelabuhan Ampar Batam, Kepulauan Riau dan 

  • 10 bulan lalu

    Perahu Terbalik, Seorang Tewas

    TANJUNGPANDAN (EKSPOSnews): Satu unit perahu berpenumpang puluhan wisatawan, terbalik di laut Pulau Lengkuas, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pada Sabtu 8 Juni 2019 sekitar puk

  • 11 bulan lalu

    MA Akan Beri Sanksi kepada Ketua PN Balik Papan

    JAKARTA (EKSPOSnews): Mahkamah Agung (MA) akan memberikan sanksi kepada Ketua Pengadilan Negeri Balikpapan karena dianggap lalai dalam melakukan pengawasan terhadap anak buahnya, kata juru bicara MA A

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99