• Home
  • Politik
  • PKB Usung Kofifah Indar Parawansa jadi Calon Gubernur Jatim

PKB Usung Kofifah Indar Parawansa jadi Calon Gubernur Jatim

Selasa, 29 Januari 2013 | 04:23:13
SURABAYA (EKSPOSnews): Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa memastikan mengusung Ketua Umum Pengurus Pusat Muslimat Nahdlatul Ulama Khofifah Indar Parawansa sebagai calon Gubernur Jawa Timur periode 2014-2019.

"DPP PKB telah memutuskan Khofifah Indar Parawansa sebagai calon Gubernur Jatim. Hal ini ditetapkan partai untuk menjawab teka-teki selama ini," ujar Sekretaris Jenderal DPP PKB Imam Nahrawi ketika dikonfirmasi dari Surabaya, Senin 28 Januari 2013.

Keputusan itu, kata dia, telah melalui tahapan-tahapan penentuan calon kepala/wakil kepala daerah sesuai dengan PP PKB Nomor 02 Tahun 2009, serta hasil pertimbangan kemaslahatan untuk warga NU dan PKB.

"Kepastian ini sekaligus menjawab kerinduan warga Nahdliyyin untuk memiliki Gubernur Jatim dari kader NU," kata Anggota Fraksi PKB DPR RI tersebut.

Kabar diusungnya Khofifah dari PKB sebenarnya sudah diwacanakan sejak awal. PKB sudah beberapa kali memanggilnya guna menyampaikan visi, misi di hadapan pengurus DPP PKB.

Namun, PKB juga pernah memanggil Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf atau yang akrab disapa Gus Ipul ke Kantor DPP PKB. Gus Ipul menyampaikan visi dan misi di hadapan pengurus.

Bedanya, Gus Ipul hanya sekali diundang, sedangkan Khofifah lebih dari dua kali.

Sementara Khofifah Indar Parawansa mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan PKB.

"Saya benar-benar apresiasi luar biasa kepada PKB. Dengan dinamika politik yang luar biasa di Jatim, PKB ternyata berani memperjuangkan cagub dari NU," kata dia.

Direkomendasikannya Khofifah itu dipastikan akan membuat PKB berkoalisi dengan partai politik lainnya, karena PKB hanya memiliki 13 kursi DPRD Jatim. Padahal, untuk mengusung satu pasangan harus memiliki minimal 15 kursi.

Ada kemungkinan partai berbasis massa NU itu akan berkoalisi dengan PDI Perjuangan.

Sekretaris DPD PDIP Jatim Kusnadi menjelaskan, Khofifah sudah mengambil formulir pendaftaran calon gubernur.

Hanya saja, ia belum bisa memastikan apakah formulir sudah dikembalikan atau belum.

"Khofifah mengambil formulir di Jakarta dan saya belum dapat informasi kapan dikembalikan. Kami masih menunggu hasilnya," katanya.(antara)

BERITA LAINNYA
Mahasiswa Mendesak Jokowi Sahkan Provinsi ALA dan Abas
Selasa, 21 Oktober 2014 | 14:35:42
KPK Tak Jamin Menteri Jokowi Bebas Korupsi
Selasa, 21 Oktober 2014 | 14:30:30
Pelantikan Jokowi Tarik Perhatian Pers Timur Tengah
Selasa, 21 Oktober 2014 | 04:11:27
Jokowi: Mari Bergerak Bersama!
Senin, 20 Oktober 2014 | 18:57:48
Demokrasi di Indonesia Dikendalikan Elit Politik
Minggu, 19 Oktober 2014 | 15:41:53
BERIKAN KOMENTAR
Top