STAI UISU Pematangsiantar Wisuda 174 orang Sarjana S1

Minggu, 20 Desember 2009 | 20:30:31
Humas Pemkab Simalungun
Wisuda STAI UISU dihadiri Bupati Simalungun Zulkarnain Damanik
SIMALUNGUN (EKSPOSnews): Sekolah Tinggia Agama Islam (Stai) Universitas Islam Sumatra Utara (UISU) Pamatangsiantar mewisuda sebanyak 174 orang sarjana, laki-laki 71 orang dan perempuan 103 orang.

Para sarjana yang diwisuda tersebut terdiri dari Fakultas Dakwah 31 orang dan Fakultas Tarbiyah 143 orang. Pelaksanaan wisuda sarjana tersebut dilaksanakan sidang terbuka wisuda sarjana S1 jurusan Dakwah dan Tarbiyah Stai UISU Pamatangsiantar yang dipimpin langsung oleh Ketua Stai UISU Pematangsiantar Rokibah Hasibuan di Gedung MUI Kabupaten Simalungun, Sabtu(19/12).

Rokibah Hasibuan  mengatakan, pendidikan bukan hanya dipandang untuk mengembang potensi kepada peserta didik agar menjadi nyata, melainkan jika tinjau kaitannya antara individu dengan masyarakat dan negara khusunya masyarakat muslim Indonesia yang mayoritas menekankan dengan segala kemampuan, kecakapan dan motivasi dalam aktualisasi dan institusionalisasi  masyarakat madani Indonesia.

Menurutnya ada masalah yang dihadapi pendidikan di Indonesia, antara lain yaitu rendahnya produktifitas dari separuh lulusan SLTA yang dapat study di perguruan tinggi hanya sekitar 25%, berkaitan dengan kualitas dosen dan mahasiswa terutama yang menyangkut kemampuan berbahasa asing seperti  bahasa bahasa inggeris dan bahasa arab masih rendah.

"Efektivitas metode pengajar yang belum terlaksana dengan baik dan kebiasaan membaca yang belum menjadi sikap mahasiswa sehingga pemikiran inisiatif dan kreatif mahasiswa tidak terangsang dan dosen harus juga dituntut dan selalu belajar sehingga mahasiswa dan dosen ingin mencapai kemajuan kemasa depan,"ujarnya.

Stai UISU Pematangsiantar, dengan persaingan yang begitu tinggi mampu meningkatkan kualitas dan kwantitasnya, baik dosen dalam melaksanakan tugasnya dan mahasiswa yang berkualitas semakin meningkat jumlah kelulusannya. Namun pada umumnya pendidikan Islam terjepit konflik antara tradisi dan modalnitas.

Oleh karena itu, Stai UISU akan terus berupaya menciptakan alumni yang meliki ilmu pengetahuan islami yang berkualitas dan siap terjun ketengah-tengah masyarakat maupun dalam institusi pemerintah dan swasta.

Kepada mahasiswa, Rokibah mengatakan, wisuda bukanlah akhir dari kesuksesan dalam menuntut ilmu, akan tetapi diharapkan, ilmu yang di miliki saat ini untuk terus di tingkatkan melalui pendidikan-pendidikan yang lebih tinggi, sehingga pengorbanan dan pejuangan dalam meningkatkan ilmu pengetahuan tidak sia-sia.

Bupati Simalungun Zulkarnain Damanik mengatakan, para mahasiswa yang diwisuda diharapkan memilki kredibilitas dalam kehidupan sehari-hari.Sebab para sarjana telah dibekali ilmu pengetahuan dalam menata kehidupannya.

"Jadilah seorang sarjana yang berguna bagi bangsa, negara, orang tua dan agama. Seorang sarjana harus mampu membangkitkan semangat orang lain dalam meningkatkan kesejahteraannya. Apalagi saudara adalah alumni sekolah agama,"kata Zulkarnain. Gelar yang disandang menurut dia merupakan amanah yang harus dilaksanakan dengan benar dalam kehidupan sehari-hari.

Dikatakan, dalam memberdayakan SDM yang di daerah ini, Pemkab Simalungun akan berupaya melakukan kerjasama dengan para alumni perguruan tinggi, terutama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Oleh karena itu, kepada seluruh alumni Stai UISU, diharapkan untuk terus meningkatkan pengetahuannya sehiangga nantinya dalam melakukan pengabdian di tengah-tengah masyarakat dapat lebih baik. "Kepada Stai UISU diharapkan, untuk terus meningkatkan kualitas dan kemampuannya dalam memberikan pendidikan kepada mahasiswa, demikian juga dengan para dosen diharapkan untuk lebih meningkatkan dan mengembangkan ilmu pengetahuannya, sehingga lulusan sekolah ini dapat menjadi sarjana yang berkualitas dan berprestasi serta bermanfaat bagi masyarakat,"tukasnya.(rel/ger)

BERITA LAINNYA
ITS Luncurkan Bus Listrik Pertama
Minggu, 23 November 2014 | 19:50:06
Sepeda Motor Siswa SMK Ini Ditenagai Tabung Gas 3 Kg
Jumat, 21 November 2014 | 07:21:09
Minat Baca Warga Jambi Kurang
Jumat, 21 November 2014 | 05:40:06
Beasiswa Riset untuk Jurnalis
Kamis, 20 November 2014 | 08:11:07
Universitas Andalas Miliki 138 Guru Besar
Jumat, 14 November 2014 | 15:12:33
Chevron Diminta Bangun Kembali SMA Rumbai
Jumat, 14 November 2014 | 09:44:01
Tim Riset Unand Raih Penghargaan
Rabu, 12 November 2014 | 10:27:39
Banten Tuan Rumah Olimpiade Matematika IPA Asia
Selasa, 11 November 2014 | 06:06:58
Kemdikbud : Siswa Peminat Robot Semakin Meningkat
Minggu, 9 November 2014 | 14:41:43
Murid SD Ciptakan Robot Pengangkut Sampah
Sabtu, 8 November 2014 | 19:21:13
Kurikulum 2013 Tak Sesuai Visi Misi Jokowi
Sabtu, 8 November 2014 | 15:21:35
BERIKAN KOMENTAR
Top