Jum'at, 01 Agustus 2014
Follow: 
Media, Indonesia, berita Indonesia, foto Indonesia, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik, rss feed, galeri foto,medan kini,terkini,medan, sumatera utara,sumut,nasional,ekonomi,sosial,budaya
Kunjungi eksposnews.com dari HP Anda!
  • Universitas Brawijaya Malang Juga Kurangi Mahasiswa Jalur Undangan SNMPTN
    Kamis, 9 Februari 2012 | 05:34:03
    MALANG(EKSPOSnews): Universitas Brawijaya Malang mengurangi kuota penerimaan mahasiswa baru jalur undangan pada 2012 menjadi hanya 3.287 orang, dari tahun sebelumnya sebanyak 4.542 orang.

    Rektor Universitas Brawijaya (UB), Prof Dr Yogi Sugito, di Malang, Rabu, 8 Februari 2012,  mengatakan, kendati ada pengurangan kuota, jumlah pendaftar atau peminat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan diperkirakan meningkat dari tahun sebelumnya.

    "Kuota jalur undangan tahun ini memang berkurang cukup signifikan. Hanya saja, dari beberapa perguruan tinggi negeri yang ada di Malang, UB masih memegang kuota terbanyak," katanya.

    Ia menjelaskan, pendaftar SNMPTN jalur undangan di UB pada 2011 mencapai 21.560 orang dengan jumlah yang diterima sebanyak 4.542 mahasiswa. Dari jumlah tersebut, sekitar 80 persen yang melakukan registrasi ulang.

    Menurut Prof Yogi, mahasiswa baru yang diterima melalui SNMPTN jalur undangan harus mewakili seluruh provinsi dan sebagian dari daerah terpencil demi pemerataan.

    "Namun, seleksinya tetap dilakukan secara ketat," tambahnya.

    Ia menambahkan, untuk mengantisipasi adanya kecurangan "mark up" nilai dari sekolah, panitia penerimaan mahasiswa baru akan bekerja keras untuk meneliti secara detail dan cermat semua berkas yang masuk dari calon mahasiswa jalur undangan.

    Menyinggung kuota program beasiswa pendidikan bagi mahasiswa berprestasi dari keluarga miskin (Bidik Misi), Yogi mengatakan, jumlah yang disiapkan UB masih lebih banyak dari dua PTN lain di Malang, yakni 1.250 mahasiswa.

    Sementara Universitas Negeri Malang (UM) hanya menyediakan kuota Bidik Misi sebanyak 550 mahasiswa dan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) sebanyak 165 mahasiswa.

    Sedangkan kuota mahasiswa baru jalur undangan di UM sebanyak 854 mahasiswa dan UIN Maliki sejumlah 385 mahasiswa.(antara)

    Akses berita terbaru versi mobile di: m.eksposnews.com
    Leave your comment.
    Name*:
    Email*:
    Website:
    Comment*:
    : * Type the captcha!