Sabtu, 19 April 2014
Follow: 
Media, Indonesia, berita Indonesia, foto Indonesia, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik, rss feed, galeri foto,medan kini,terkini,medan, sumatera utara,sumut,nasional,ekonomi,sosial,budaya
Kunjungi eksposnews.com dari HP Anda!
  • Gempa Aceh Terasa di Tapanuli Tengah
    Sabtu, 23 Juni 2012 | 16:55:22
    SIBOLGA (EKSPOSnews): Gempa bumi berkekuatan 6,6 skala Richter yang terjadi di Subulussalam, Provini Aceh, Sabtu, sekitar pukul 11.34 WIB, juga dirasakan di Kota Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

    Salah seorang warga Tapanuli Tengah Safril Tambunan ketika dihubungi Sabtu, 23 Juni 2012 mengatakan, gempa yang terjadi itu sempat membuat panik warga di daerah tersebut, dan lari berhamburan ke luar rumah yang berada di pinggir Pantai Pandan.

    Namun, jelasnya, tidak berapa lama kemudian mereka masuk kembali ke dalam rumah, karena getaran gempa yang dirasakan di Kabupaten Tapanuli Tengah itu tidak membahayakan.

    "Mudah-mudahan, ratusan rumah warga Nelayan yang berada di pinggiran Pantai Pandan, kantor Bupati Tapanuli Tengah, kantor camat, kantor kepala desa maupun jembatan dan infrastruktur lainnya tidak ada yang rusak maupun retak-retaka. Dan seluruhnya dalam keadaan aman," kata Pengurus Pramuka Kwartir Cabang Tapteng itu.

    Kemudian, jelasnya, para nelayan di Tapanuli Tengah tetap pergi ke laut untuk menangkap ikan dan tidak terpengaruh dengan terjadinya gempa.Air laut di perairan Tapteng juga dalam keadaan normal.

    "Saat terjadinya getaran gempa di wilayah Tapanuli Tengah itu, sebahagian warga ada yang tahu dan ada juga yang tidak merasakan. Mereka tetap saja melaksanakan aktivitas seperti biasa," ucap dia.

    Ketika ditanya getaran gempa yang dirasakan di Tapanuli Tengah, Sapril mengatakan, getaran cukup lama terjadi dua kali.

    "Namun, masyarakat hanya terkejut saja. Dan tidak ada yang mengalami pening atau hingga terjatuh.Warga juga tetap waspada, mana tahu ada terjadi gempa susulan," kata Sapril.

    Sebelumnya, Kepala Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika Meulaboh Nagan Raya, Edi Darlupti di Meulaboh menjelaskan, gempa berkekuatan 6,6 skala Richter terjadi di wilayah Aceh, sekitar pukul 11.34 WIB tidak berpotensi tsunami namun masyarakat diharapkan waspada dengan adanya gempa susulan.

    "Meskipun pusat gempa berada di 24 kilometer barat laut Kota Subulussalam, namun dirasakan cukup kuat di seputaran Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, yang berjarak sekitar 250 Km dari pusat gempa," katanya.(antara)

    Ia tidak dapat memprediksi akan ada gempa susulan, namun masyarakat diharapkan tidak panik dan waspada dengan kemungkinan-kemungkinan adanya gempa susulan.

    Pusat gempa terletak di 2.81 Lintang Utara 97.71 Bujur Timur dengan kedalaman 103 kilometer.(antara)

    Akses berita terbaru versi mobile di: m.eksposnews.com
    Leave your comment.
    Name*:
    Email*:
    Website:
    Comment*:
    : * Type the captcha!