• Home
  • Nasional
  • Terobosan Polres Humbahas: Urus Mutasi BPKP Hanya Tiga Hari

Terobosan Polres Humbahas: Urus Mutasi BPKP Hanya Tiga Hari

Rabu, 25 Januari 2012 | 06:20:56
DOLOKSANGGUL (EKSPOSnews): Tidak perlu menunggu lama, proses pelayanan BPKB di satuan kepolisian, Polres Humbang Hasundutan (Humbahas) sudah dapat mengoptimalisasi pelayanan BPKB tree day service (pelayanan tiga hari kelar) dengan cara komputerisasi .

Demikian hal ini disampaikan oleh, Kapolres Humbahas AKBP Verdi Kalele didampingi Kasat Lantas AKP T Sembiring melalui Kanit Reg Samsat Iptu Muhibbur Rahman Anwari SH kepada wartawan, Selasa 24 January 2012 di ruang kerjanya.

Menurut Muhibbur, dilakukannya secara komputerisasi ini kegunaannya mempermudah proses BPKB baru maupun proses perubahaan kepemilikkan, mutasi keluar daerah dan perubahaan identitas kendaraan dan proses pemblokiran. Sehingga efektif prosesnya menjadi lebih cepat serta ada juga faktor keamanan lebih terjamin. "Asalkan, selama persyaratan berkas data-datanya lengkap berdasarkan prosedur dan peraturan yang berlaku," katanya.

Dikatakannya, sebelumnya sistim komputerisasi ini hanya dengan cara tulisan tangan secara manual, namun dengan kehadiran sistim komputerisasi adapun media dan prasarananya berupa sistim atau computer didukung dengan media cetak sebuah printer dengan spesifikasi tertentu dapat lebih cepat dan masyarakat menjadi puas. "Jadi masyarakat tidak perlu lagi khawatir dan menunggu lama yang biasanya proses registrasi kendaraan bermotor membutuhkan waktu 22 hari kerja kini hanya 3 hari kerja saja proses penerbitannya," katanya.

Disamping itu, tambah Muhibbur dari tamatan akpol 2010 mengatakan disamping perkembangan sudah adanya komputerisasi BPKB secara cepat dan akurat, pihaknya akan terus melakukan kenyamanan dan kepuasan kepada masyarakat ketika mendapatkan pelayanan BPKB. Salah satu contoh berupa kenyamanan dan kepuasan, katanya, tidak adanya calo di sekitar lokasi samsat Humbahas.

Masyarakat apabila melakukan pengurusan surat-surat kendaraan sudah ada pihaknya standby dilokasi. Dan disamping itu pelayanan, juga diberi kepuasan berupa adanya televisi sehingga masyarakat yang mau mengurus berkasnya juga tidak bosan.

Muhibbur yang tamatan dari akpol tahun 2010 kemarin dan kini dipercayakan memegang tongkat kursi kanit reg ident bagian surat kendaraan memasuki akhir tahun 2011, optimis akan memajukan pendapatan di humbahas. Dalam optimisnya , programnya akan melakukan sosialisasi kedepannya kepada masyarakat agar jangan lupa mengurus surat-surat kendaraan.

Menurutnya, apabila masyarakat sudah tahu apa arti mengurus surat kendaraannya berarti mendukung program pemerintah dan dalam hal ini menaati peraturan lalulintas. Dengan kesadaran ini, masyarakat juga bukan hanya menikmati tetapi juga merasa aman dalam perjalanan dengan lengkapnya surat kendaraannya.

Disamping itu, Muhibbur menambahkan dalam programnya ini juga tidak luput dari visi misi, Kapolri dan Kapolda yang diteruskan oleh pimpinannya (Kapolres) maupun kepala satuan lalulintasnya. Sehingga bagaimana kepuasan masyarakat benar-benar puas, Muhibbur tidak lupa berterima kasih atas program mantan pimpinannya baik itu Kapolres lama (AKBP Sofian Surya Hadi) maupun Kapolres barunya (AKBP Verdy Kalele) serta disusul dengan kepala satuannya (kasat lantas AKP T Sembiring) pengurusan BPKB dengan komputerisasi sudah bisa hadir disela-sela masyarakat untuk mempercepat akses, katanya.

Biodata Kanit Reg Ident Samsat Humbahas Iptu Muhibbur Rahman Al Anwari SH, lahir di Hulu Sungai Tengah 30 Maret 1983 mengikuti akademi kepolisian tahun 2010. Muhibbur sebelum menjabat sebagai kanit reg samsat humbahas pernah pertama kali bertugas di, Pama SDM Poldasu, Pama Polres Humbahas dan KBP Sat Binmas serta KBO Sat Lantas yang keduanya di jajaran Polres Humbahas.(gs)

BERITA LAINNYA
Mayat Mr X Mengapung di Sungai Aceh
Rabu, 1 Oktober 2014 | 15:23:48
Sawit di Kawasan Ekosistem Leuser Dimusnahkan
Rabu, 1 Oktober 2014 | 15:05:42
Mensesneg Dilarikan ke Rumah Sakit
Rabu, 1 Oktober 2014 | 04:28:01
Pelantikan DPRK Banda Aceh Diwarnai Unjuk Rasa Mahasiswa
Selasa, 30 September 2014 | 12:50:37
30 Anggota Satpol PP Madina Ikuti Pembaretan
Selasa, 30 September 2014 | 06:35:01
Mayjen TNI Winston P Simanjuntak, Resmi Pangdam I/BB
Selasa, 30 September 2014 | 05:29:16
Warga Samosir Bersihkan Danau Toba
Selasa, 30 September 2014 | 05:26:29
Gubernur Bali Ajak Masyarakat Lestarikan Lingkungan
Sabtu, 27 September 2014 | 07:12:39
Jumlah Daerah Tertinggal di Sumbar Turun
Sabtu, 27 September 2014 | 05:42:00
BERIKAN KOMENTAR
Top