RUU Perlu Akomodir Tunjangan Aparat Desa

Jumat, 22 April 2011 | 20:49:40
SEI RAMPAH (EKSPOSnews): Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, berharap RUU tentang Desa mengakomodir tunjangan penghasilan aparatur perangkat desa pada APBN maupun di dalam anggaran Badan Permusyawaratan Desa.
   
"Melalui Rancangan Undang-Undang tentang Desa ini nantinya dapat diusulkan mengenai TPAPD (Tunjangan Penghasilan Aparatur Perangkat Desa)," kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Ifdal di Sei Rampah, Jumat 22 April 2011.
   
Disebutkannya, Pemkab Serdang Bedagai (Sergai) dalam acara dialog dengan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Sumatera Utara (Sumut), Rahmat Shah di kantor Bupati Sergai baru-baru ini juga telah merekomendasikan agar TPAPD turut dimasukkan dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Desa.
   
Usulan memasukkan TPAPD dalam RUU tentang Desa, menurut dia, diyakini merupakan langkah strategis meningkatkan kinerja aparatur desa dalam memberikan pelayanan optimal kepada warga masyarakat.
   
Selain TPAPD, lanjut Ifdal, Pemkab Sergai juga merekomendasikan 10 poin materi RUU tentang Desa, antara lain standar penghasilan tetap kepala desa dan perangkat desa sesuai dengan Upah Minimal Regional Kabupaten (UMRK), mengalokasikan dana APBN bagi tunjangan akhir jabatan kepala desa (Jaminan Purnabakti) dan mengatur wewenang camat terhadap desa.
   
Pemkab Sergai hingga kini telah mengangkat 237 orang sekretaris desa (Sekdes) menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).
   
"Dari 259 orang sekretaris desa di Serdang Bedagai, sebanyak 237 diantaranya kini sudah berstatus PNS," paparnya.
   
Dia menambahkan, dalam pasal-pasal RUU Desa perlu diamanatkan bahwa pemerintah pusat mengalokasikan secara rutin sebagian anggaran untuk mendukung program pembangunan di perdesaan demi kemajuan pemerintahan desa dan masyarakatnya.
   
Dia membenarkan, program dan kebijakan pembangunan yang dilaksanakan Pemkab Sergai saat ini lebih menitikberatkan kepada pembangunan desa.
   
Karena itu, kata Ifdal, kualitas dan kinerja Sekdes sebagai ujung tombak terdepan yang bertugas membantu kepala desa perlu lebih ditingkatkan, terutama dalam hal optimalisasi pelayanan publik di bidang pemerintahan, pembangunan dan adminsitrasi yang dibutuhkan masyarakat.(an)

BERITA LAINNYA
2 Rumah Dihantam Longsor di Padang
Kamis, 27 November 2014 | 05:22:15
Kendaraan Anggota dan PNS Korem Mojokerto Diperiksa
Rabu, 26 November 2014 | 20:35:29
Bosan Jual Soda, Coca-Cola Kini Dagang Susu
Rabu, 26 November 2014 | 19:19:23
Jokowi: Lima Tahun Lagi, Sumatera Bebas Pemadaman
Rabu, 26 November 2014 | 02:35:19
Air Danau Toba Timbulkan Gatal-gatal
Selasa, 25 November 2014 | 19:15:29
Banjir 1 Meter Rendam Perumahan di Pekanbaru
Senin, 24 November 2014 | 16:29:32
Penemuan Mayat Tanpa Kepala Gegerkan Warga Lhokseumawe
Senin, 24 November 2014 | 06:36:53
BERIKAN KOMENTAR
Top