Kamis, 24 April 2014
Follow: 
Media, Indonesia, berita Indonesia, foto Indonesia, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik, rss feed, galeri foto,medan kini,terkini,medan, sumatera utara,sumut,nasional,ekonomi,sosial,budaya
Kunjungi eksposnews.com dari HP Anda!
  • Pansus Pemekaran DPRD Sumut Tinjau Rencana Kawasan Provinsi Tapanuli
    Kamis, 24 Maret 2011 | 07:20:27
    TARUTUNG(EKSPOSnews): Panitia Khusus Pemekaran dari DPRD Sumatera Utara melakukan kunjungan kerja ke wilayah cakupan rencana pembentukan provinsi Tapanuli dan melakukan pertemuan dengan para kepala daerah dan pimpinan DPRD masing-masing kabupaten/kota, Rabu 23 Maret 2011 di Sopo Partungkoan Tarutung.

    Rombongan Pansus DPRD Sumut yang hadir antara lain Wakil Ketua Taufik Hidayat dan para anggota masing-masing Sopar Siburian, Ramli, Tahan M Panggabean, Drs Budiman Nadapdap, Ir Taufan Agung Ginting, Ir Marasal Hutasoit, Rooslynda Marpaung, Ir Washington Pane dan Tiasiah Ritonga.

    Kehadiran Pansus ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat dan pemerintah daerah, yang  merindukan terbentuknya provinsi Tapanuli, hal ini ditunjukkan melalui suasana sejuk dan penuh kekeluargaan menyambut kedatangan rombongan Pansus. Diawali dengan penyambutan oleh paduan suara mahasiswa STAKPN mengumandangkan lagu “Provinsi Tapanuli”. Kelompok paduan suara ini menggunakan aksesoris berupa ulos Batak.

    Sejumlah kepala daerah yang hadir antara lain, Bupati Taput Torang Lumbantobing, Bupati Samosir Ir Mangindar Simbolon, Wakil Bupati Humbang Hasundutan Marganti Simanullang, Wakil Bupati Tobasa Liberty Pasaribu dan unsur pimpinan daerah Tapanuli Utara.  Pimpinan DPRD yang hadir antara lain Ketua DPRD Taput FL Fernando Simanjuntak SH MH, Ketua DPRD Samosir Tongam Sitinjak ST, Ketua DPRD Humbang Hasundutan Bangun Silaban dan Ketua DPRD Tobasa Sahat Panjaitan berikut para anggota dewan masing-masing kabupaten serta tokoh-tokoh masyarakat.

    Pada kesempatan itu, para kepala daerah dan pimpinan dewan secara satu persatu menyampaikan permohonan kepada DPRD Sumut melalui Pansus Pemekaran untuk merekomendasikan pembentukan provinsi Tapanuli. Para kepala daerah dan pimpinan dewan ini menegaskan bahwa keinginan masyarakat membentuk provinsi Tapanuli bukan keinginan atau ambisi sekelompok orang yang menginginkan kekuasaan. Tapi keinginan masyarakat luas untuk suatu harapan peningkatan kesejahteraan dan percepatan pembangunan daerah.

    Bupati Taput Torang Lumbantobing selaku tuan rumah mendapat kesempatan pertama menyampaikan sambutan, menegaskan, bahwa sejak awal rencana pembentukan provinsi Tapanuli merupakan aspirasi masyarakat.  Berbagai upaya telah ditempuh dalam hal memenuhi berbagai persyaratan untuk pembentukan provinsi Tapanuli. Aspirasi yang berkembang di masyarakat sungguh menggambarkan hasrat dan kebutuhan masyarakat yang tinggal di Bonapasogit untuk pembentukan provinsi Tapanuli demi tercapainya kesejahteraan masyarakat Tapanuli.

    “Aspirasi masyarakat terhadap pembentukan provinsi Tapanuli bukan sekedar memaksakan kehendak, bukan pula sekedar memaksakan kepentingan Etnis, apalagi kehendak segelintir orang yang menginginkan kekuasaan. Melainkan keinginan yang muncul karena adanya harapan dan dambaan masyarakat Tapanuli akan taraf hidup yang lebih baik, ” ujarnya.

    Untuk itu diharapkan berbagai proses termasuk pelaksanaan kunjungan kerja panitia khusus pemekaran DPRD Sumut dapat terlaksana dengan baik demi terbentuknya provinsi Tapanuli. Besar harapan kami, sikap atas aspirasi masyarakat Tapanuli untuk membentuk provinsi Tapanuli akan mendapat persetujuan DPRD Sumut melalui Pansus Pemekaran DPRD Sumut, pintanya.

    Wakil Ketua Pansus Pemekaran DPRD Sumut Taufik Hidayat mengatakan , Pansus pemekaran DPRD Sumut sangat serius dalam memproses rencana pembentukan provinsi Tapanuli. Hal itu ditunjukkan Pansus melalui kehadiran rombongan di Tarutung yang berjumlah 11 orang. “Pemekaran bukan sesuatu yang tabu, bukan sesuatu yang haram. Tapi merupakan suatu solusi menghadapi kendala yang dialami masyarakat,” tegasnya.

    Pansus DPRD Sumut yang ada sekarang, menurut dia, tidak akan menghalang-halangi dan tidak pula mendorong-dorong. Tapi akan mendukung pembentukan provinsi Tapanuli apabila memenuhi aturan. DPRD Sumut pada bulan April nanti segera melakukan paripurna sesuai rekomendasi Pansus.

    Diakhir pertemuan, anggota Pansus Tahan M Panggaban menceritakan perjalanan yang telah dilewati terkait pembentukan provinsi Tapanuli yang diharapkan segera terwujud. Sedangkan Anggota Pansus lainnya Budiman Nadapdap SE yang juga panitia pembentukan provinsi Tapanuli menginformasi bahwa tanggal 15 April 2011 DPRD Sumut akan memparipurnakan pembentukan provinsi Tapanuli bersamaan dengan pembentukan provinsi Sumatera Tenggara.

    “Provinsi Tapanuli yang telah diperjuangkan sejak tahun 2002 tidak cemburu apabila diparipurnakan bersama provinsi Sumatera Tenggara yang baru digulirkan dua tahun lalu. Ini adalah untuk kebaikan bersama,” ujarnya.(er)

    Akses berita terbaru versi mobile di: m.eksposnews.com
    Leave your comment.
    Name*:
    Email*:
    Website:
    Comment*:
    : * Type the captcha!