10 Cara untuk Memperoleh Tubuh Sehat dan Bugar

Senin, 6 Februari 2012 | 05:38:52
NET
Massage
MEDAN(EKSPOSnews): Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, sebenarnya tidak perlu melakukan diet ketat atau menghabiskan banyak waktu untuk berolahraga. Ada banyak langkah kecil yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari yang akan memiliki manfaat kesehatan yang besar.

Kira-kira apa yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar?

Berikut 10 cara sederhana yang dapat dilakukan agar tetap sehat seperti dikutip dari Prevention, Minggu 5 Februari 2012 antara lain:

1. Mendapatkan tidur dengan waktu yang cukup

Beberapa peneliti berpendapat bahwa, insomnia mungkin memicu tubuh melepaskan lebih banyak hormon stres kortisol. Tingginya kadar kortisol telah dikaitkan dengan tekanan darah tinggi dan diabetes, yang merupakan faktor risiko untuk penyakit jantung.

2. Jaga berat badan tetap ideal

Menambahkan lebih banyak protein dalam diet sehari-hari dapat menjadi senjata rahasia untuk menurunkan berat badan. Hasil penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa, protein membuat merasa kenyang lebih lama daripada karbohidrat atau lemak, sehingga dapat makan lebih sedikit.

3. Jangan takut sinar matahari untuk cukupi kebutuhan vitamin D

Sinar matahari pagi dan sore hari sangat bagus sebagai sumber untuk vitamin D. Hasil penelitian baru sangat mendukung bahwa vitamin D adalah booster kesehatan yang kuat. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Diabetes Care, orang yang mendapatkan cukup vitamin D memiliki risiko lebih rendah menderita diabetes tipe 2.

Penelitian sebelumnya menemukan bahwa, memiliki tingkat rendah dari vitamin D dapat membuat gejala asma memburuk. Vitamin D juga dapat membantu mencegah kanker.

4. Jangan malas makan buah-buahan

Orang kadang lebih suka makan atau membeli makanan pokok ketimbang buah-buahan. Padahal buah-buahan merupakan sumber vitamin, mineral, dan atioksidan.

Pepaya memiliki 20-70 kali lebih banyak zat besi, kalsium 10 kali lebih banyak, dan 4-20 kali magnesium sebanyak pisang, apel, dan jeruk. Dan penelitian dari Ohio State telah menemukan bahwa pepaya memiliki tingkat antioksidan seperti cranberry dan cerry.

5. Jangan malas bergerak atau rutin lakukan olahraga

Banyak bergerak membuat tubuh lebih banyak membakar kalori. Biasakan jalan kaki dan kurangi waktu duduk yang terlampau panjang dengan diselingi jalan sebentar-sebentar.

Olahraga sangat penting bagi kesehatan. Untuk menjaga kebugaran tidak perlu melakukan olahraga yang terlalu berat. Lebih baik melakukan olahraga ringan namun rutin seperti, berjalan, yoga, dan lain-lain.

6. Budaya mencuci tangan

Hal kecil yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan, antara lain mencuci tangan. Mencuci tangan merupakan tindakan pencegahan penyakit yang utama. Maka sebaiknya mencuci tangan setelah dari toilet dan sebelum makan, serta ketika berkontak dengan tempat umum dan tempat kotor.

7. Meningkatkan imunitas dengan pijatan

Sebuah hasil studi menemukan bahwa, pijatan selama 45 menit dapat meningkatkan jumlah limfosit, yaitu sel darah putih yang melawan bakteri dan virus. Pijatan juga dapat menurunkan zat yang menyebabkan peradangan serta pemicu alergi dan asma. Selain itu, pijatan juga dapat mengurangi produksi hormon yang terkait dengan stres.

8. Tersenyum lebih sering

Sebuah hasil studi menemukan bahwa, orang yang banyak tersenyum akan lebih sehat dan awet muda. Tersenyum dapat melenturkan otot-otot wajah. Orang yang mudah tersenyum juga menandakan ia orang yang bisa mengatasi stres.

9. Mengunyah lebih lama untuk menurunkan berat badan

Memperlama kunyahan ketika makan dapat membantu melangsingkan badan. Sebuah hasil studi menemukan bahwa, orang dapat mengkonsumsi kalori sekitar 12 persen lebih sedikit ketika mereka mengunyah makanannya sebanyak 40 kali setiap gigitan daripada ketika mengunyah sebanyak 15 kali.

Dengan berat badan yang normal, maka risiko berbagai penyakit kronis dapat menurun.

10. Konsumsi rempah-rempah untuk melawan kanker

Berbagai rempah-rempah telah terbukti dapat melawan berbagai penyakit. Seperti kunyit merupakan bahan antioksidan dan dapat menjadi agen anti peradangan.

Kunyit telah dikaitkan dengan mencegah diabetes, melindungi terhadap Alzheimer, dan mengurangi rasa sakit dari nyeri sendi. Sebuah hasil studi baru menunjukkan bahwa, kunyit juga dapat membantu menangkal tumor.

"Penelitian kami menemukan bahwa kurkumin mampu memicu aktivitas penekanan tumor untuk mencegah tumor kanker tumbuh dan menyebar," kata Dr Ajay Goel, Ph.D., Direktur Epigenetika dan Pencegahan Kanker di Pusat Penelitian gastrointestinal pada Baylor University Medical Center, Dallas.(detikhealth)

BERITA LAINNYA
HIV/AIDS di Mimika Capai 3.900 Kasus
Minggu, 31 Agustus 2014 | 14:42:41
Seminar AIDS, Mia Pasang Kondom Pakai Mulut
Minggu, 31 Agustus 2014 | 05:34:44
Sering Makan Junk Food, Makin Anti-makanan Sehat
Sabtu, 30 Agustus 2014 | 15:46:07
Mahasiswa Indonesia Temukan Es krim Sehat
Jumat, 29 Agustus 2014 | 03:42:04
Stroke Pembunuh Nomor 3 di Dunia
Kamis, 28 Agustus 2014 | 17:19:11
5 Manfaat Tidur Tanpa Bra
Kamis, 28 Agustus 2014 | 07:49:01
Inilah Area Sensitif Wanita Menurut Para Ahli
Kamis, 28 Agustus 2014 | 07:45:20
Angka Kematian Ibu Melahirkan di Labuhanbatu Turun
Selasa, 26 Agustus 2014 | 14:25:52
WHO Kirim Tim Medis ke Kongo, Awasi Ebola
Selasa, 26 Agustus 2014 | 08:02:44
Awas, Virus Ebola!
Senin, 25 Agustus 2014 | 10:38:50
Kopi Dapat Melawan Penyakit Mulut
Minggu, 24 Agustus 2014 | 19:22:29
WHO Temukan Cara Efektif Berantas Polio
Minggu, 24 Agustus 2014 | 02:57:23
BERIKAN KOMENTAR
Top