Senin, 21 April 2014
Follow: 
Media, Indonesia, berita Indonesia, foto Indonesia, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik, rss feed, galeri foto,medan kini,terkini,medan, sumatera utara,sumut,nasional,ekonomi,sosial,budaya
Kunjungi eksposnews.com dari HP Anda!
  • Bandara Muarabungo Bisa Didarati Pesawat pada 2013
    Kamis, 21 Juni 2012 | 03:12:28
    JAMBI (EKSPOSnews): Bupati Bungo, Provinsi Jambi, Sudirman Zaini menyatakan, Bandara Muarabungo yang baru saja diresmikan bisa didarati pesawat komersial rute Kota Muarabungo-Jakarta pada 2013.

    "Saat ini landasan yang ada baru bisa digunakan untuk pesawat kecil sambil menunggu izin operasionalnya keluar," katanya di Muarabungo, ibu kota Kabupaten Bungo, Rabu 20 Juni 2012.

    Menurut dia, berdasarkan hasil pertemuan antara Dirjen Perhubungan Udara dan Gubernur Jambi saat peresmian sebelumnya, landasan pacu bandara Muarabungo akan ditambah sepanjang 250 meter.

    Penambahan panjang landasan pacu itu, kata dia, telah mendapat dukungan Dirjen Perhubungan Udara H. Herry Bakti agar pemerintah daerah bersama pemerintah pusat lebih menyinergikan kerja sama agar proses penambahan landasan pacu tersebut cepat selesai.

    "Perpanjangan landasan pacu Bandara Muarabungo ada master plannya sampai 2.350 meter. Tapi bertahap, sekarang akan ditambah 250 meter. Diharapkan pada APBN-P tahun ini sudah ada, sehingga proses pembangunannya bisa segera dimulai," jelasnya.

    Lebih lanjut Bupati mengatakan, Pemkab Bungo bahkan telah menjajaki beberapa maskapai penerbangan nasional agar bisa beroperasi di Bandara Muarabungo untuk rute Jakarta-Muarabungo pada 2013.

    Berdasarkan data di Pemkab Bungo, pembangunan bandara Muarabungo dimulai pada 2004 di atas lahan seluas 360 hektare dengan total anggaran mencapai Rp249 miliar. Dana tersebut bersumber dari APBD Kabupaten Bungo dan Provinsi Jambi serta bantuan APBN senilai Rp148 miliar.

    Bandara Muarabungo dinilai strategis karena berada tepat di jantung kawasan Sumatera bagian tengah. Pada 2011, bandara tersebut diharapkan bisa didarati pesawat perintis rute Muarabungo-Kota Jambi, Muarabungo-Bengkulu (Provinsi Bengkulu), Muarabungo-Kerinci, Muarabungo-Palembang (Provinsi Sumatra Selatan) dan Muarabungo-Padang (Sumatra Barat).(antara)

    Akses berita terbaru versi mobile di: m.eksposnews.com
    Leave your comment.
    Name*:
    Email*:
    Website:
    Comment*:
    : * Type the captcha!