Rabu, 30 Juli 2014
Follow: 
Media, Indonesia, berita Indonesia, foto Indonesia, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik, rss feed, galeri foto,medan kini,terkini,medan, sumatera utara,sumut,nasional,ekonomi,sosial,budaya
Kunjungi eksposnews.com dari HP Anda!
  • Tatar Sepang Kawasan Konservasi Penyu Terbesar di Asean
    Sabtu, 4 September 2010 | 05:51:39
    SUMBAWA BARAT (EKSPOSnews): Ketua Yayasan Konservasi Tatar Sepang, Sekongkang, Sumbawa Barat Nusa Tenggara Barat, Husain Bafadal, mengatakan Tatar Sepang tercatat sebagai kawasan konservasi Penyu terbesar se Asia tenggara.

    "Itu berdasarkan hasil penelitian lembaga perlindungan keanekaragaman hayati dunia (WWF) yang berbasis di Australia, yang baru-baru ini melakukan aktivitas risetnya di Sekongkang," katanya, di Sumbawa Barat, Jumat 3 September 2010.

    Yayasannya mencatat di kawasan konservasi laut dan pantai Tatar Sepang tidak kurang memproduksi sedikitnya 4.600 anak penyu (Tukik) setiap bulannya. Dan setiap bulan pula, yayasan itu melepas 500 sampai 1.000 tukik di seluruh perairan Sumbawa Barat.

    "Kita sudah banyak lakukan aksi penangkaran penyu berkerja sama dengan pemerintah dan Newmont," ujarnya.

    Hingga akhir Agustus lalu, jumlah tukik yang masih ditangkar di kawasan konservasi tersebut berjumlah 800. Tukik-tukik itu terdiri atas 6 species berbeda. Beberapa di antaranya adalah penyu yang dilindungi dan termasuk langka, penyu hijau dan Penyu pipih.

    Yayasan Tatar Sepang sendiri, menurut Husain, adalah satu-satunya yayasan yang diakui dan kini menjadi mitra resmi Newmont dan pemerintah guna melakukan program pemeliharaan lingkungan hidup dan keanekaragaman hayati.

    Menurut Husain, yayasannya pernah bekerja sama dengan Licardo Barlo, seorang peneliti WWF Australia yang ketika itu tengah melakukan riset di Sekongkang, terutama di wilayah konservasi Tatar Sepang.

    Ketika itu, menurut Licardo, WWF mencatat dari riset yang dilakukan mulai di Kepulauan Hindia sampai Malaysia, wilayah Tatar Sepang adalah kawasan yang paling banyak memproduksi penyu di Asia Tenggara. "Ini tentu saja membanggakan, kita punya warisan keankeragaman hayati terbaik dunia," katanya.

    WWF dilaporkan ternyata memiliki jaringan lebih dari 40 Negara termasuk di Asia dan Eropa. Di Indonesia, menurut situs wwf. or.id, WWf Indonesia berkantor pusat di Jakarta dan memiliki jaringan kantor perwakilan di seluruh Indonesia.(ant)


    Akses berita terbaru versi mobile di: m.eksposnews.com
    dunia boleh tua,masyarakat ksb harus mampu menciptakan susana baru,tuk memoles ksb agar tetap muda indah dan cantik tuk dipandang,kenapa takutnganggur, bukan kah di KSB ini masih banyak warisan alam/sumberdaya alam yg membutuhkan kita?.ayo bertisifasi,gali sumber daya itu,kalau bhukan kita siapa lagi,kalau bukan sekarang kapan lagi,cepat tepat,tetap sebagai pelaku,penggali sumberdaya yg menjadi kekayaan alaam kita..

    tatar-sepang kan berusaha menjadi konservasi turtle terbaik,terbesardi asean,ini tinggal menunggu bagaimana dukuingan pemda maupun lembaga lain yg beroperasi di KSB,ini harapan kami dari konsevasi tatar-sepang

    wahai sahib semoga alloh menggolong kita sebagai ummH terbaik sebaimana rosul katan;chaerannas amfa,uhum linnas,,masnusia yg baik kan bermqmpaat untuk orang banyak,alloih katakasn kalian adalah umat terbaik pabila melakukan kebAIKAN DAN ORANG LAINkan menirumu,;kuntum chaerah umatin uchrijat linnas tak muru nabil ma,ruf.semoga kita dN tatar-sepang juga dapat digolongka umatterbaik.sebab tatar-sepang kan berusaha melakukanhal terbaik bagi KSB,untuk generasi-generasi KSB berikutnya,dan tatar-sepang tlah menulis s3buah buku yg berjudul kampanye masa depan,insya alloh 2011 selesai.untuk itu tatyar-sepang minta pada seluru pembaca situs ini bantulah tatar-sepang melengkpi dirinya,mari kerja sama sesuai kemampuan kita,untruk apa,untuk siapa? untuk kita dan anak-anak kita.

    Ttttatar-sepang merencanakan pelepasan setiap bulan di7pantai ksb ygsudah/akan diprogramkan.ini tergantung dukungan,tampa dukungan pihak lain Tatar-sepang mustahi bisa berbuat,kalaU BUKAN KITA SIAPA LAGI KALAU BOKAN SEKARANG KAPAN LAGI,TATAR-SEPAQNGMENGHARAP SEBUAH FRINSIF,CEPAT,TEPAT,TETAPSEBAGAIPELAKU YG BIJAK.

    ditatar-sepang ada tanaman obat kesaga loka,kebo karong,anak mesak,akar kayu tama loke,butu bawy,akar kayu fansya,dan ada juga kayu cendana buat minyak harum yg di impor kelua negeri,pantainya indah tatar-sepang yakin tidak ada pantai se indah tatar-sepangyg memiliki goa banyak,pantainya panjang,ombaknya menarik,bukit-bukitnya banyak, ada juga air tawar yg mengalir tidak putus-putus,untuk tatar-sepang menharap datangnya banyak orang datang melihat lebih dekat akan tatar-sepang sebagaimana yg tlah dilakukan Richard Barlow dari wwf austrlia,beliau terkesima melihat tatar-sepang dgn mengatakan inilah yg pernah kulihat di sini tidak dimiliki oleh konservasi asia tenggara,setelahsampai di australia beliau kembali bersurat pada kami dg penyataan tatar-sepang uda banyag di ceritakan di australia, dan mereka akan dataNG Kembali.sampai-sampai tatar-sepang dimainkan dalam flem karton spong bob hari senin pagi menceritakan tatar-sepang,

    tatar-sepang daerah konservasi,daerah cakar alam..ygharus dilindungi.sebab daerah ini banyak menyimpan hewan-hewan langka maupuntanaman yg sangatlangka.flora dan fauna.membutuhkan kepedulian semua pihak.kalau bukan kita sipa lagi,kalau bukan sekarang kapan lagi,di tatar-sepang ada burung langka.tidak ada di dunia seperti burung sepang,warna bulu sampai kuku paruh matanya merahdarah,burung kaka tua jambul puti hijau da merah,penyunya 6sepisies famili,penyu belimbing(dermo chelidai)penyu pipih(natator Depresa)penyu sisik(Aritmo halyes hubris cat)ini mulai terancam akibat ganguan manusia,dg maraknya pencari telur(pengepul)sebagaimana3mey 2010 kapolsek sekongkang tlah mengamankan 900 dar seorang pengepulyg akan dijual dipasaran,yg paling merisaukan denganadanya orang yg tidak bertanggung jawab memotong membelah penyu di ambil telur diperutnya,sekaarang tinggal kebijakan dari pemb=da itu sendiri,tatar-sepang hanya membantu mengembangka untuk dilepas,di tatar-sepang juga ada tanaman obat,

    Ttttatar-sepang merencanakan pelepasan setiap bulan di7pantai ksb ygsudah/akan diprogramkan.ini tergantung dukungan,tampa dukungan pihak lain Tatar-sepang mustahi bisa berbuat,kalaU BUKAN KITA SIAPA LAGI KALAU BOKAN SEKARANG KAPAN LAGI,TATAR-SEPAQNGMENGHARAP SEBUAH FRINSIF,CEPAT,TEPAT,TETAPSEBAGAIPELAKU YG BIJAK.

    Leave your comment.
    Name*:
    Email*:
    Website:
    Comment*:
    : * Type the captcha!