Minggu, 20 April 2014
Follow: 
Media, Indonesia, berita Indonesia, foto Indonesia, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik, rss feed, galeri foto,medan kini,terkini,medan, sumatera utara,sumut,nasional,ekonomi,sosial,budaya
Kunjungi eksposnews.com dari HP Anda!
  • Panwaslu Aceh Dilantik
    Rabu, 21 Agustus 2013 | 05:07:01
    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Sebanyak 63 anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) yang tersebar di 21 dari 23 kabupaten/kota di Provinsi Aceh dijadwalkan dilantik Selasa (20/8) malam.

    "Mereka akan dilantik oleh Ketua Bawaslu Aceh Asqalani," kata Zuraida Alwi, pimpinan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Aceh, di Banda Aceh, Selasa 20 Agustus 2013.

    Ia mengatakan, pelantikan 63 anggota Panwaslu di Aceh tersebut akan dihadiri Ketua Bawaslu Pusat Muhammad. Usai pelantikan, para anggota Panwaslu di Aceh ini akan mengikuti masa orientasi.

    Menurut Zuraida, puluhan anggota Panwaslu yang akan dilantik tersebut merupakan rekrutmen Bawaslu Aceh sejak awal Juni 2013. Dari proses seleksi calon anggota, terpilih 63, masing-masing kabupaten/kota terpilih tiga anggota Panwaslu.

    "Kami berharap dengan dilantiknya anggota Panwaslu di seluruh Aceh, maka tugas pengawasan tahapan pemilu semakin ringan. Selama ini, pengawasan tahapan pemilu dilakukan hanya tiga anggota Bawaslu Aceh," kata Zuraida.

    Menyangkut anggota dua Panwaslu kabupaten/kota yang tidak dilantik, Zuraida mengatakan, Panwaslu di dua daerah itu, yakni Kabupaten Pidie Jaya dan Kota Subulussalam, sudah terbentuk.

    Hanya saja, lanjut dia, mereka dipilih oleh DPRK setempat karena di dua daerah tersebut sedang berlangsung pemilihan kepala daerah. Pemilihan oleh DPRK ini berdasarkan UU Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintah Aceh.

    "Karena sudah ada, maka Bawaslu Aceh tidak merekrut Panwaslu. Masa tugas Panwaslu pilkada di dua daerah ini berakhir tiga bulan setelah pelantikan kepala daerah terpilih. Setelah itu, barulah Bawaslu Aceh merekrutnya," kata dia.

    Selain mengawasi proses pemilihan kepala daerah, kata dia, Panwaslu Kabupaten Pidie Jaya dan Kota Subulussalam juga akan mengawasi tahapan pemilihan anggota legislatif pada 9 April 2014.

    "Memang, tugas mereka rangkap. Namun kami berharap tugas rangkap tersebut tidak mengurangi kinerja anggota Panwaslu Pidie Jaya dan Kota Subulussalam menurun," kata Zuraida Alwi.(ant)

    Akses berita terbaru versi mobile di: m.eksposnews.com
    Leave your comment.
    Name*:
    Email*:
    Website:
    Comment*:
    : * Type the captcha!