Jumat, 10 Jul 2020

Yaris Heykers untuk Anak Muda yang Suka Bertualang

Jumat, 04 Nov 2016 02:40
BAGIKAN:
ist
Yaris Heykers.

JAKARTA (EKSPOSnews): PT Toyota Astra Motor (TAM) melibatkan desainer Indonesia untuk varian baru sedan buntung (hatchback) andalannya untuk menyasar segmen anak muda yang suka bertualang yaitu Yaris Heykers.

"New Yaris Heykers merupakan hasil rancangan anak bangsa dari team product planning division TAM," kata Presdir TAM Hiroyuki Fukui, di Jakarta, Kamis 3 November 2016.

Hiroyuki Fukui mengatakan hasil rancangan tim desain Toyota Indonesia itu telah disetujui oleh pemegang merek atau principal, Toyota Motor Corp, Jepang.

Dengan demikian, varian baru Yaris tersebut menjadi produk global, yang menurut Fukui, tidak tertutup kemungkinan bisa diekspor ke mancanegara New Yaris Heykers.

"Apalagi selera (konsumen) di Asia hampir mirip," ujarnya.

Ia pun berharap New Yaris Heykers yang miliki ground clearance lebih tinggi yaitu 184 mm, kelak bisa juga diterima di negara-negara lain yang selama ini menjadi tujuan ekspor produksi Toyota Indonesia, seperti negara di kawasan Asia termasuk Asia Tenggara, dan Timur Tengah.

Tim Toyota Indonesia meyakini daya saing mobil yang diproduksi Indonesia cukup tinggi, mengingat saat ini baik Yaris maupun produk andalan lainnya di segmen kendaraan serbaguna (MPV) yaitu Toyota Innova telah memiliki kandungan komponen lokal lebih dari 70 persen.

"Dengan adanya pabrik mesin baru, saat ini komponen lokal Yaris naik dari 60 menjadi 75 persen," kata Wakil Presdir PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono yang juga hadir pada peluncuran New Toyota Yaris itu.

Berdasarkan data TMMIN tahun lalu produksi Toyota Yaris mencapai sekitar 15 ribu unit, yang sekitar 100-150 di antaranya diekspor secara utuh (CBU) ke Malaysia dan Brunei Darussalam.

Selera Indonesia Head C & A Accessories Planning & Styling Design TAM Donny Yuwono mengatakan beberapa orang yang terlibat dalam tim pengembangan Yaris Heykers adalah Akbar Juniarto sebagai desainer dan Arif Aulia Rahman sebagai mechanical engineer. Tim tersebut berhasil menjadikan varian baru yang dikembangkan sesuai selera Indonesia itu bisa diterima sebagai produk global Toyota, setelah melalui pengujian di Jepang, baik dari segi keselamatan dan keamanan maupun performa kendaraan.

Sementara itu Eksekutif GM Perencanaan Pemasaran TAM F Soerjopranoto optimistis jajaran Yaris, termasuk Yaris Heykers akan memperkuat penguasaan Toyota di segmen hatchback yang persaingannya di Indonesia cukup ketat saat ini, mengingat banyak merek" bermain" di pasar itu, seperti Honda Jazz.

"Pasar hatchback sekitar empat-lima persen dari pasar mobil secara nasional atau sekitar 3.500-an unit per bulan. Kami menargetkan penjualan total Yaris ini sekitar 1.400 per bulan," ujarnya.

New Toyota Yaris, termasuk varian Heykers, menggunakan mesin baru 1.500 cc dual VVT-I yang lebih hemat konsumsi bahan bakar dan ramah lingkungan dibandingkan versi sebelumnya.

TAM memperkenalkan delapan varian Yaris baru tipe E, G, TRD, dan Heykers yang tersedia dalam bentuk transmisi manual maupun otomatik dengan rentang harga mulai dari Rp228,3 juta per unit (varian E manual) dan yang termahal Yaris Heykers dengan transmisi matik (CVT) seharga Rp277,3 juta per unit.(ant)


  Berita Terkait
  • 3 tahun lalu

    Telkomsel Dukung Kreativitas Positif Anak Muda Melalui LOOP KePo 2017

    BANDAR LAMPUNG (EKSPOSnews): Telkomsel kembali meluncurkan program LOOP KePo (Kreatif Project) 2017 yang ditujukan bagi segmen segmen remaja (12-19 tahun). Melalui tema 'Capture Your Awesome Momen

  • 3 tahun lalu

    Telkomsel Wadahi Ambisi dan Hobi Berbagai Komunitas Anak Muda Indonesia

    BANDAR LAMPUNG (EKSPOSnews): Setelah berjalan sejak bulan April 2017, program #HYPBarengLOOP akhirnya  memperkenalkan konsep dan desain LOOP Arena yang diperuntukkan sebagai tempat ekspresi berba

  • 3 tahun lalu

    LOOP KePo Ajak Anak Muda Kreatif Berekspresi

    PALEMBANG (EKSPOSnews): Telkomsel melalui brandnya yang ditujukan bagi anak muda khususnya segmen remaja (12-19 tahun) yaitu LOOP, kembali mengadakan program LOOP KePo (Kreatif Project).  Dengan

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99