Kamis, 19 Sep 2019

Xiaomi Unggul di Pasar Indonesia

Oleh: Jallus
Sabtu, 08 Sep 2018 03:44
BAGIKAN:
istimewa.
Xiaomi.
JAKARTA (EKSPOSnews): Berdasarkan data perusahaan riset pasar IDC untuk pangsa pasar smartphone di Indonesia pada kuartal kedua (Q2) 2018, Xiaomi berhasil berada di posisi kedua, mengalahkan Oppo dan Vivo.

"Xiaomi sebagai 'kuda hitam' yang telah melewati berbagai tantangan pertumbuhan di masa lalu dan berhasil menduduki posisi kedua pengiriman smartphone terbesar di Indonesia," ujar Market Analyst IDC Indonesia, Risky Febrian, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Posisi pertama diduduki Samsung dengan pangsa pasar 27 persen, selanjutnya Xiaomi dengan 25 persen, lalu Oppo dengan 18 persen, kemudian Vivo dengan 9 persen, menutup lima besar Advan dengan 6 persen.

Sementara itu, pengiriman smartphone di Indonesia mencapai 9,4 juta unit pada Q2 2018, dengan pertumbuhan sebesar 22 persen dari kuartal sebelumnya dan 18 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu.

Hal ini menjadikan pengiriman pada kuartal ini menjadi tertinggi di Indonesia.

Pencapaian tersebut disebabkan oleh besarnya pertumbuhan pengiriman smartphone Xiaomi -- dari 3 persen pada Q2 2017 menjadi 25 persen pada Q2 2018.

Keberhasilan Xiaomi tersebut, menurut Febrian, dikarenakan strategi Xiaomi yang melakukan kegiatan pemasaran jauh lebih sederhana dari para kompetitornya, Oppo dan Vivo.

Xiaomi juga memberikan keuntungan yang lebih sedikit untuk mitra distribusinya, dan memberikan perangkat dengan rasio "price-to-spec" yang lebih kompetitif, sehingga memberikan konsumen "value-for-money" yang lebih baik.

"Dengan menerapkan strategi ini, Xiaomi berhasil memperoleh 'market share' dan 'mind share' yang signifikan," kata Febrian.

Sebelumnya, Oppo dan Vivo mampu melangkah jauh di pasar Indonesia dengan kegiatan pemasaran yang agresif dan keuntungan yang lebih besar bagi mitra distribusinya.

Hal ini, menurut Febrian, bersifat disruptif di pasar yang berdampak pada meningkatnya pangsa pasar smartphone mid-range (Rp2,9 juta-Rp5,8 juta), di mana hal itu berhasil menarik minat konsumen yang berencana untuk mengganti smartphone-nya.

Pada Q2 2018, harga penjualan rata-rata (ASP) untuk produk Oppo dan Vivo berkisar di Rp3,2 juta, sementara Xiaomi berkisar di Rp1,9 juta.

Selain rentang harga yang kompetitif, kegiatan marketing Xiaomi lebih berfokus pada pemasaran yang bersifat internet-centric seperti mengadakan "flash sale" berkala melalui mitra "e-commerce" dan "mobile gaming".

Xiaomi juga memberikan dukungan penuh terhadap komunitas penggemarnya yang pada akhirnya berperan untuk menyebarkan branding Xiaomi dari mulut ke mulut dan di media sosial.

IDC memperkirakan Xiaomi akan terus menerapkan strategi ini dalam usahanya untuk meraih posisi teratas di pasar smartphone Indonesia.

"Pada kuartal mendatang, pemain lain mau tidak mau harus mempertimbangkan strategi pricing-nya untuk dapat berkompetisi secara efektif, dan pemain lokal diperkirakan akan menerima dampak yang paling besar dari agresifnya strategi Xiaomi," ujar Febrian.

Meski demikian, menurut Febrian, ada beberapa tantangan yang harus dihadapi Xiaomi, seperti kendala pasokan dan produk ilegal untuk beberapa model smartphone populernya, di mana hal tersebut memiliki dampak negatif terhadap harga dan permintaan di pasar lokal.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 5 bulan lalu

    Oppo Reno Akan Masuk Pasar Indonesia

    JAKARTA (EKSPOSnews): Produsen ponsel pintar Oppo mengindikasikan seri produk Reno akan masuk pasar Tanah Air sebelum Juli atau kuartal ketiga 2019 menyusul peluncuran secara global di Beijing China,

  • 7 bulan lalu

    Xiaomi Seri Baru Segera Meluncur

    JAKARTA (EKSPOSnews): Xiaomi melalui media sosial membocorkan spesifikasi Mi 9 yang akan meluncur di gelaran MWC pada 24 Februari mendatang.Wakil Direktur Senior Global sekaligus Kepala Bisnis Interna

  • 11 bulan lalu

    Ponsel gaming Xiaomi Black Shark Sudah Meluncur

    JAKARTA (EKSPOSnews): Ponsel gaming Xiaomi Black Shark Hello resmi meluncur di China, dengan pilihan spesifikasi dalam tiga varian, yang tertinggi berbekal RAM 10GB dan penyimpanan internal 128GB.Pons

  • 12 bulan lalu

    Xiaomi Akan Buka Lowongan Baru

    JAKARTA (EKSPOSnews): Produsen ponsel dan perangkat elektronik Xiaomi akan membuka lowongan baru untuk mengisi posisi pemimpin agar dapat menjadi lapisan di bawah CEO Lei Jun.Lei dalam memo untuk kary

  • tahun lalu

    TV Cerdas Xiaomi Masuk Pasar Indonesia

    JAKARTA (EKSPOSnews): Xiaomi resmi membawa perangkat TV cerdas Mi TV di pasar Indonesia, yang sudah diperkenalkan di China tahun lalu.Berdasarkan riset yang dilakukan Xiaomi, VP of Overseas Business M

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99