Jumat, 21 Sep 2018

UMKM Belum Optimalkan Internet

Oleh: marsot
Rabu, 15 Agu 2018 16:48
BAGIKAN:
istimewa.
Internet.
SOLO (EKSPOSnews): Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) Jawa Tengah menyatakan, sebagian pelaku UMKM belum mengoptimalkan internet untuk memasarkan produk mereka mengingat masih banyak yang kurang melek teknologi.

"Oleh karena itu, kami mendorong para pelaku UMKM bisa melek teknologi agar dapat mengembangkan usaha milik mereka," kata Kepala Bidang Bina Usaha dan Pemasaran Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jateng Julie Emmylia di Solo, Rabu 15 Augustus 2018.

Ia mengatakan dengan memanfaatkan teknologi internet, akan banyak manfaat yang bisa diperoleh khususnya dalam pengembangan pasar dari produk yang mereka hasilkan."Itulah mengapa kami mendorong para pelaku UMKM untuk dapat melek teknologi. Ini selalu kami sampaikan melalui pembinaan yang kami lakukan. " katanya.

Menurut dia, berdasarkan data terakhir tahun 2016 jumlah UMKM di seluruh Jawa Tengah mencapai sekitar 4,17 juta UMKM. Dari total tersebut, jumlah UMKM binaan Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah mencapai 136.207 UMKM.

Sebelumnya, Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia menargetkan 8 juta pelaku UMKM sudah menerapkan "go online" pada tahun 2019.

"Ini sesuai dengan arahan Presiden, targetnya 8 juta UMKM tersebut. Kalau saat ini realisasinya baru 4 juta UMKM yang sudah melakukan pemasaran secara 'online'," kata Asisten Deputi Pemasaran Kemenkop dan UKM RI Heru Stiati.

Ia berharap di era milenial seperti saat ini UMKM bisa secara bertahap memanfaatkan fasilitas digital. Ia mengatakan berawal dari telepon seluler pintar, para pelaku UMKM bisa memanfaatkan aplikasi whatsapp dan media sosial lain seperti twitter dan facebook yang memiliki pengikut untuk memasarkan produk mereka.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Surakarta Nur Haryani mengatakan dari sekitar 3.000 UMKM yang ada di Solo sudah lebih dari 50 persen yang menerapkan digitalisasi dalam hal pemasaran.

"Harapannya yang belum segera menyusul. Untuk merealisasikannya yang penting ada pendampingan dari pemerintah," katanya. 

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 3 minggu lalu

    Mengarahkan Anak untuk Mengakses Internet

    JAKARTA (EKSPOSnews): Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengimbau masyarakat, orang tua dan pendidik untuk mengarahkan anak mengakses muatan internet yang baik dan produktif untuk membendu

  • 4 minggu lalu

    Dana Bergulir untuk UMKM Masih Kecil

    JAKARTA (EKSPOSnews): Dana bergulir yang dikelola oleh LPDB KUMKM telah tersalur kepada para pelaku koperasi dan UMKM di berbagai pelosok nusantara sebesar Rp8,5 triliun dalam 12 tahun terakhir.Direkt

  • 4 minggu lalu

    Facebook Gelontorkan Dana untuk UMKM

    JAKARTA (EKSPOSnews): Facebook akan menggelontorkan dana sebesar 1 miliar dolar AS, sekitar Rp 14,6 triliun, secara global untuk mendukung perkembangan usaha mikro, kecil dan menengah."Kami berinvesta

  • satu bulan lalu

    Jangan Hanya Sekolah Joni yang Dipasangi Internet

    JAKARTA (EKSPOSnews): Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Muhadjir Effendy berharap Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara memasangi seluruh sekolah di perbatasan Nusa

  • satu bulan lalu

    Google Fasilitasi Pelatihan UMKM

    SLEMAN (EKSPOSnews): Rumah Kreatif Sleman, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta bekerja sama dengan Gapura Digital menggelar Pelatihan Dasar Fasilitas Googl

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99