Jumat, 17 Jan 2020

Satelit Merah Putih Meluncur Mulus

Oleh: marsot
Rabu, 08 Agu 2018 03:35
BAGIKAN:
istimewa.
Peluncuran satelit.
JAKARTA (EKSPOSnews): Satelit Merah Putih milik PT Telkom Indonesia (Persero) berhasil diluncurkan pada Selasa dari Cape Caneveral, Florida, Amerika Serikat.

Keberhasilan peluncuran ini sekaligus menandai 42 tahun kiprah Telkom dalam bisnis dan pengoperasian satelit telekomunikasi untuk Indonesia serta bertepatan dengan HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Keberadaan Satelit Merah Putih diharapkan dapat mendorong pembangunan masyarakat digital Indonesia dan memperkuat peran Telkom sebagai 'enabler' dalam kemajuan ekonomi digital nasional," kata Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga sesaat setelah Satelit Merah Putih meluncur dari SLC 40 Cape Canaveral Air Force Station, melalui keterangan tertulis diterima di Jakarta, Selasa 7 Augustus 2018.

Satelit Merah Putih memiliki kapasitas 60 active transponders, terdiri dari 24 Standard C-Band dan 12 Extended C-Band yang menjangkau Asia Tenggara serta 24 Standard C-band yang menjangkau Asia Selatan.

Satelit ini akan menempati slot orbit 108 derajat Bujur Timur (BT) atau di atas wilayah sekitar Selat Karimata. Kehadiran Satelit Merah Putih akan melengkapi dua satelit Telkom lainnya yang masih aktif beroperasi, yaitu Telkom 2 dan Telkom 3S.

Satelit Merah Putih akan menambah jumlah transponder milik Telkom dari 73 menjadi 133 transponder. Hal ini akan memperkuat bisnis satelit TelkomGroup.

Satelit Merah Putih merupakan satelit telekomunikasi yang memiliki kapasitas lebih besar dan jangkauan lebih luas dibandingkan satelit milik Telkom sebelumnya. Selain itu, Satelit Merah Putih dibangun menggunakan teknologi Fiber Optic Gyro, sehingga memiliki kestabilan lebih tinggi.

Satelit Merah Putih dibangun oleh perusahaan pembuat satelit komersial dan perangkat antariksa asal Amerika, Space System Loral (SSL).

Satelit yang dibangun sejak awal 2016 ini dihantarkan menuju orbit menggunakan roket flight-proven Falcon 9 milik SpaceX, perusahaan jasa peluncuran asal Amerika yang memiliki success rate peluncuran yang cukup tinggi yaitu sekitar 98 persen.

Keberhasilan peluncuran Satelit Merah Putih diharapkan dapat memenuhi kebutuhan transponder nasional, mengingat satelit merupakan infrastruktur komplemen yang dibutuhkan untuk menjangkau wilayah-wilayah dengan karakteristik topografi negara kepulauan seperti Indonesia.

Satelit Merah Putih akan berperan penting dalam menghadirkan layanan komunikasi broadband di area-area yang tidak dapat dijangkau oleh teknologi fiber optik maupun sistem komunikasi lainnya, khususnya di wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T).

"Satelit Merah Putih menjangkau seluruh wilayah Indonesia, negara-negara di Asia Tenggara dan Asia Selatan sehingga kehadirannya diharapkan dapat mengurangi kesenjangan digital di Indonesia dan memperkuat bisnis internasional TelkomGroup, sehingga TelkomGroup mampu menjadi perusahaan telekomunikasi digital Indonesia yang terdepan dan berdaya saing global," ungkap Alex.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 11 bulan lalu

    Xiaomi Seri Baru Segera Meluncur

    JAKARTA (EKSPOSnews): Xiaomi melalui media sosial membocorkan spesifikasi Mi 9 yang akan meluncur di gelaran MWC pada 24 Februari mendatang.Wakil Direktur Senior Global sekaligus Kepala Bisnis Interna

  • tahun lalu

    Ponsel gaming Xiaomi Black Shark Sudah Meluncur

    JAKARTA (EKSPOSnews): Ponsel gaming Xiaomi Black Shark Hello resmi meluncur di China, dengan pilihan spesifikasi dalam tiga varian, yang tertinggi berbekal RAM 10GB dan penyimpanan internal 128GB.Pons

  • 4 tahun lalu

    Honda CB Unicorn Bakal Meluncur di Pasar

    INDIA (EKSPOSnews): Honda CB Unicorn dengan kapasitas mesin 150cc sepeda motor Honda segmen sport. Negara pertama yang akan memakai Motor ini adalah India untuk menggantikan edisi 160cc yang sebelumny

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99