Sabtu, 25 Jan 2020

Ponsel 4 G Diharapkan Digunakan Banyak Orang

Jumat, 21 Okt 2016 04:58
BAGIKAN:
ist
Ponsel 4 G (ilustrasi).

JAKARTA (EKSPOSnews): Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menginginkan ponsel 4G dapat menjadi perangkat yang dapat dimiliki oleh banyak orang di berbagai pelosok atau seringkali dianalogikan 'sejuta umat'.

"Kita ingin, seperti Nokia dulu, 4G sejuta umat," katanya dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis 20 Oktober 2016.

Dengan perangkat 4G yang dimiliki, maka masyarakat akan dapat lebih banyak menerima manfaat dari teknologi internet. Untuk itu, ia menginginkan agar harga perangkat juga dapat semakin murah, sehingga masyarakat banyak dapat memiliki.

Menteri mengatakan, bila saat ini harga perangkat 4G sudah ada yang di bawah Rp1 juta, maka pada 2019 ia menyakini harganya dapat mencapai Rp400 ribu-Rp500 ribu.

"Bayangkan pada saat itu daya beli masyarakat sudah lebih besar, sehingga ekosistem dari broadband lebih tumbuh," katanya.

Seiring dengan semakin murahnya harga perangkat, Pemerintah sendiri, menurut dia, juga membangun infrastruktur broadband, sehingga teknologi 4G tersebut dapat dimanfaatkan di seluruh daerah Indonesia.

Program Palapa Ring yang kini telah memasuki tahap pembangunan, merupakan salah satu upaya untuk menyediakan fasilitas broadband di seluruh daerah.

Palapa Ring merupakan program pembangunan serat optik di wilayah-wilayah yang dinilai tidak ekonomis oleh para operator. Melalui program tersebut, maka diharapkan seluruh kota di Kabupaten/Kota yang ada di Indonesia sudah dapat memanfaatkan layanan internet yang cepat pada 2019 awal.

Saat ini, baru sekitar 400 kabupaten/kota yang terhubung dengan internet berkecepatan tinggi (broadband). Sementara seratus lebih kabupaten belum mendapatkan layanan internet yang cepat bahkan ada daerah yang belum terjangkau.

Dengan demikian, diharapkan pada 2019 nanti, seiring dengan harga perangkat yang murah, infrastruktur broadband juga tersedia di seluruh kabupaten/kota, sehingga manfaat teknologi akan dirasakan oleh masyarakat.(ant)


  Berita Terkait
  komentar Pembaca

Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

Tentang Kami

Redaksi

Pedoman Media Siber

Disclaimer

Iklan

RSS

Kontak

vipqiuqiu99 vipqiuqiu99