Jumat, 14 Des 2018

Membangun Komunikasi Kabel Laut ke Mentawai

Oleh: marsot
Kamis, 08 Mar 2018 06:07
BAGIKAN:
istimewa.
Telkom.
PADANG (EKSPOSnews): PT Telkom akan membangun Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) yaitu pemasangan jaringan fiber optic dari Padang menuju Tua Peijat, Kepulauan Mentawai untuk mempercepat akses internet.

"Rencananya pembangunan itu triwulan keempat 2018," kata General Manager Telkom Wilayah Sumatera Barat (Sumbar), Sulkan di Padang, Rabu 7 Maret 2018.

Saat ini jaringan internet untuk Kabupaten Mentawai baru bisa dinikmati di wilayah Tua Peijat Pulau Sipora. Itupun masih ada keluhan dari masyarakat karena internet yang lamban atau terputus-putus.

Jaringan yang belum maksimal disebabkan koneksi masih menggunakan jaringan radio yang belum terlalu stabil dan rentan terpengaruh kondisi cuaca.

Solusinya adalah membangun SKKL agar transfer datanya bisa lebih cepat.

SKKL berupa jaringan fiber optic bawah laut sepanjang 157 kilometer itu nanti harus dilengkapi dengan tower besar di Tua Peijat Pulau Sipora.

Tower besar itu nanti akan memancarkan sinyal melalui jaringan radio untuk jaringan internet di pulau-pulau lainnya.

Kita segera buat rencana induk untuk pengembangan ke arah itu," tambah dia.

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit mengatakan jaringan telekomunikasi dan internet sangat dibutuhkan di Mentawai yang sedang mengembangkan pariwisata, salah satunya melalui KEK.

Kendala ketiadaan jaringan internet itu menurut dia sebelumnya juga pernah diutarakan oleh wisatawan yang datang ke Mentawai untuk surfing atau berselancar.

"Kita dorong agar jaringan telekomunikasi dan internet di Mentawai bisa lancar untuk mendukung pariwisata daerah," ujarnya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • satu bulan lalu

    Bea Cukai Tingkatkan Pengawasan Barang Ilegal di Mentawai

    PADANG (EKSPOSnews): Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Teluk Bayur, Padang, Sumatera Barat meningkatkan pengawasan barang serta produk ilegal di Kabupaten Kepulauan Mentawai sebagai daerah ter

  • 3 bulan lalu

    Tari Alam Ala Mentawai

    TUAPEJAT (EKSPOSnews): Malam sudah semakin larut ketika seorang pembawa acara meminta Sanggar Uma Jaraik Sikerei untuk mengambil tempat di atas panggung guna menampilkan kesenian tradisional khas Ment

  • 7 bulan lalu

    Trans Mentawai Diusulkan berstatus Jalan Nasional

    MENTAWAI (EKSPOSnews): Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar), mengusulkan 316,20 kilometer trans Mentawai berstatus jalan nasional."Kami sudah bersurat ke pemerinta

  • 8 bulan lalu

    Konservasi Tarumbu Karang di Mentawai

    MENTAWAI (EKSPOSnews): Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar), akan menggelar kegiatan konservasi terumbu karang di daerah itu."Untuk waktu pelaksanaan d

  • 8 bulan lalu

    Membangun Jalan di Mentawai

    PADANG (EKSPOSnews): Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Barat Nasrul Abit menyebutkan percepatan pembangunan infrastruktur jalan di Kabupaten Kepulauan Mentawai akan didukung dengan bhakti TNI yang telah

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99