Rabu, 23 Jan 2019

Mahasiswa Harus Kritis Terhadap Media Sosial

Oleh: Jallus
Rabu, 14 Feb 2018 04:55
BAGIKAN:
istimewa.
Facebook.
JAKARTA (EKSPOSnews): Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Profesor Kadarsah Suryadi mengatakan masyarakat, khususnya mahasiswa, harus kritis pada informasi terutama isu-isu yang berkembang di media sosial.

"Jangan mudah termakan isu-isu yang tidak jelas. Bertindak dewasa dalam menyingkapi berbagai macam informasi yang beredar melalui media sosial ataupun media lainnya," katanya dikutip dari siaran pers di Jakarta, Selasa 13 Februari 2018.

Dikatakan rektor ke-16 ITB ini, di samping sisi positif, media sosial juga memiliki sisi negatif dapat menimbulkan perpecahan di masyarakat bahkan memecah-belah bangsa melalui penyebaran berita palsu dan provokatif yang saat ini marak terjadi.

Oleh karena itu, kata Kadarsyah, sikap kritis dan hati-hati dalam menanggapi informasi diperlukan agar keutuhan masyarakat dan bangsa ini tetap terjaga.

"Jangan mudah larut dalam suatu isu yang akan membawa kepada sesuatu yang tidak menguntungkan bagi kita terutama terhadap bangsa ini," katanya.

Ia mengatakan, merupakan tanggung jawab masyarakat Indonesia untuk mengamankan negara ini, termasuk dari ancaman perpecahan.

"Karena tanpa kita sadari banyak bangsa atau negara di luar sana yang bahagia kalau melihat negara Indonesia ini tidak aman," katanya.

Ia menilai peran pemerintah sangat penting dalam mengimbau masyarakat agar tidak mudah terpengaruh berita palsu di media sosial.

Pemerintah, lanjut dia, juga harus memberikan sanksi yang tegas dan aturan yang jelas agar berita palsu dan isu provokatif lainnya tidak muncul di media sosial.

"Dan ini harus disosialisasikan supaya semuanya bisa tahu tentang apa yang digariskan dalam peraturan itu," ujarnya.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • satu minggu lalu

    Wah...Ada Mahasiswa Menjadi Germo Pelacur Daring

    PONTIANAK (EKSPOSnews): Direskrimum Polda Kalbar meringkus seorang tersangka SA (25) salah seorang mahasiswa yang berprofesi sebagai germo pelacuran daring bersama dua korbannya di sebuah hotel di kaw

  • 2 bulan lalu

    Ada Warga Negara Asing di Sarang Mahasiswa, Warga Surabaya Tolak Pelaksanaan HUT Papua Barat

    SURABAYA (EKSPOSnews): Informasi yang beredar di kalangan masyarakat mengenai adanya rencana peringatan HUT Papua Barat di Kota Surabaya, akhirnya menuai respon dari sejumlah pihak.Seluruh elemen masy

  • 2 bulan lalu

    Tim Mahasiswa UI Raih Medali Emas di Boston

    DEPOK (EKSPOSnews): Tim mahasiswa Universitas Indonesia (UI) berhasil meraih medali emas alam ajang International Genetically Engineering Machine (IGEM) Competition di Boston, Amerika Serikat."Tim UI

  • 2 bulan lalu

    50 Mahasiswa Berprestasi Raih Beasiswa Penuh dari Sea Group

    JAKARTA (EKSPOSnews): Setelah melakukan serangkaian proses seleksi terhadap ratusan mahasiswa dari lima kampus terkemuka di Indonesia, 50 mahasiswa berprestasi terpilih untuk menerima beasiswa penuh d

  • 4 bulan lalu

    Pengelolaan Limbah Cair PKS Ajamu Sesuai Aturan, Mahasiswa Kok Tuntut Dirut PTPN IV Dicopot?

    MEDAN (EKSPOSnews): Sejumlah mahasiswa yang berasal dari  Panai Tengah, Panai Hilir, dan Panai Hulu, Kabupaten Labuhanbatu, Sumut menuntut agar Direktur Utama (Dirut) PT Perkebunan Nusantara (PTP

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99