Jumat, 17 Agu 2018

Mahasiswa Harus Kritis Terhadap Media Sosial

Oleh: Jallus
Rabu, 14 Feb 2018 04:55
BAGIKAN:
istimewa.
Facebook.
JAKARTA (EKSPOSnews): Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Profesor Kadarsah Suryadi mengatakan masyarakat, khususnya mahasiswa, harus kritis pada informasi terutama isu-isu yang berkembang di media sosial.

"Jangan mudah termakan isu-isu yang tidak jelas. Bertindak dewasa dalam menyingkapi berbagai macam informasi yang beredar melalui media sosial ataupun media lainnya," katanya dikutip dari siaran pers di Jakarta, Selasa 13 Februari 2018.

Dikatakan rektor ke-16 ITB ini, di samping sisi positif, media sosial juga memiliki sisi negatif dapat menimbulkan perpecahan di masyarakat bahkan memecah-belah bangsa melalui penyebaran berita palsu dan provokatif yang saat ini marak terjadi.

Oleh karena itu, kata Kadarsyah, sikap kritis dan hati-hati dalam menanggapi informasi diperlukan agar keutuhan masyarakat dan bangsa ini tetap terjaga.

"Jangan mudah larut dalam suatu isu yang akan membawa kepada sesuatu yang tidak menguntungkan bagi kita terutama terhadap bangsa ini," katanya.

Ia mengatakan, merupakan tanggung jawab masyarakat Indonesia untuk mengamankan negara ini, termasuk dari ancaman perpecahan.

"Karena tanpa kita sadari banyak bangsa atau negara di luar sana yang bahagia kalau melihat negara Indonesia ini tidak aman," katanya.

Ia menilai peran pemerintah sangat penting dalam mengimbau masyarakat agar tidak mudah terpengaruh berita palsu di media sosial.

Pemerintah, lanjut dia, juga harus memberikan sanksi yang tegas dan aturan yang jelas agar berita palsu dan isu provokatif lainnya tidak muncul di media sosial.

"Dan ini harus disosialisasikan supaya semuanya bisa tahu tentang apa yang digariskan dalam peraturan itu," ujarnya.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • satu minggu lalu

    Mahasiswa Ciptakan Pemotong Nanas Otomatis

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Mahasiswa Program Studi Mekatronika Politeknik Caltex Riau, Arnel Mega Surya, menciptakan alat pengupas dan pemotong nanas secara otomatis sebagai tugas akhirnya kuliah di kamp

  • satu minggu lalu

    Mahasiswa UMK Ikuti Agri-Relationship Asean Universities Network

    KUDUS (EKSPOSnews): Dua mahasiswa dari Fakultas Pertanian Universitas Muria Kudus (UMK) mengikuti Agri-Relationship Asean Universities Network di Malaysia, yang diselenggarakan pada 31 Juli–13 Agustus

  • 3 minggu lalu

    Puluhan Mahasiswa IPB Asal Nias Utara Terancam

    NIAS UTARA (EKSPOSnews): Puluhan mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) melalui jalur beasiswa utusan daerah asal Kabupaten Nias Utara, Sumatera Utara terancam putus kuliah karena belum dikirimnya b

  • satu bulan lalu

    USU Perpanjang Pendaftaran Seleksi Calon Mahasiswa Mandiri

    MEDAN (EKSPOSnews): Universitas Sumatera Utara (USU) masih membuka kesempatan para calon mahasiswa yang berkeinginan kuliah di perguruan tinggi negeri itu untuk mengikuti jalur Seleksi Masuk Mandiri(S

  • satu bulan lalu

    Unja Terima 2.500 Mahasiswa Baru

    JAMBI (EKSPOSnews): Sebanyak 2.500 peserta yang mengikuti tes melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018 dinyatakan lulus sebagai calon mahasiswa baru reguler di Univers

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99