Kamis, 21 Mar 2019

Layanan Konsultasi Dokter Online Semakin Diminati

Oleh: alex
Sabtu, 08 Des 2018 05:14
BAGIKAN:
istimewa.
Dokter.
SEMARANG (EKSPOSnews): Layanan Konsultasi Dokter (Konter) secara "online" dari Dinas Kesehatan Kota Semarang, Jawa Tengah diminati dengan banyaknya masyarakat yang berkonsultasi.

"Untuk layanan Konter, rata-rata ada 1.000 laporan (konsultasi, red.) dalam setiap bulannya," kata Kepala Dinkes Kota Semarang Dokter Widoyono di Semarang, Jumat 7 Desember 2018.

Ia menyebutkan konsultasi melalui "chat" dari kurun Januari-Desember 2018 sebanyak 11.941 laporan, sementara konsultasi lewat sambungan telepon ada 113 laporan.

Sejak diluncurkan pada Desember 2017, diakuinya, respons masyarakat terhadap layanan Konter sangat positif, apalagi layanan tersebut gratis dan dilayani nonstop selama 24 jam.

"Bahkan, bukan hanya warga Semarang saja, dari luar kota juga ikut mengakses layanan kesehatan ini, seperti dari Demak, Brebes, Kendal, sampai Jawa Barat dan Jawa Timur," katanya.

Layanan Konter, kata dia, ditangani oleh 10 tenaga medis yang dibagi dalam tiga "shift", yakni pagi, siang, dan malam sehingga bisa secara bergantian melayani konsultasi.

"Umumnya, menanyakan keluhan sakit, macam-macam keluhan penyakit. Saya pusing obatnya apa, periksa di dokter mana, praktiknya di mana, jam berapa praktiknya," katanya.

Namun, kata Widoyono, sebenarnya ada 12 jenis layanan yang bisa dimanfaatkan dari layanan Konter, seperti konsultasi penyakit, panduan rumah sakit, panduan puskesmas, informasi praktik dokter.

Kemudian, informasi klinik kesehatan, informasi laboratorium klinik, informasi apotik, informasi tarif layanan kesehatan, BPJS, Universal Coverage Health (UHC), hingga tips kesehatan.

Layanan Konter bisa diakses lewat ponsel pintar, bisa melalui aplikasi WhatsApp di Nomor 0811-2900-132, atau bisa juga dengan menelepon langsung ke nomor 1500-132.

Sementara itu, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengapresiasi langkah Dinkes yang terus melakukan inovasi dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Apalagi, kata Hendi, sapaan akrab orang nomor satu di Kota Semarang itu, sektor kesehatan sangat penting karena memerlukan kecepatan penanganan dan pelayanan.

"Sesuai dengan semangat pembangunan Semarang Smart City, seluruh pelayanan penting bisa diakses cukup dalam satu genggaman tangan," kata politikus PDI Perjuangan itu.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 5 bulan lalu

    Polisi Bongkar Prostitusi Online

    BEKASI (EKSPOSnews): Kepolisian Resor Metro Bekasi Kota, Jawa Barat mengungkap jaringan prostitusi online berkedok penyewaan Apartemen Centerpoint di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan."Ada tiga pria ya

  • 6 bulan lalu

    Perekrutan TKI Lewat Online Menghina Indonesia

    JAKARTA (EKSPOSnews): Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) menilai perekrutan pekerja rumah tangga (PRT) Indonesia melalui laman niaga dalam jaringan atau online

  • 11 bulan lalu

    Kimia Farma Kembangkan Apotik Online

    JAKARTA (EKSPOSnews): PT Kimia Farma (Persero) Tbk. bakal mengembangkan model bisnis apotik online sembari menunggu regulasi tentang penjualan obat-obatan melalui dunia maya atau internet yang saat in

  • 11 bulan lalu

    Waduh...Prostitusi Online di Nunukan

    NUNUKAN (EKSPOSnews): Aparat kepolisian di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara mengungkap kasus prostitusi online setelah dilakukan penyelidikan.Kasubag Humas Polres Nunukan Iptu M Karyadi, di Nunukan

  • tahun lalu

    Polisi Tahan Koordinator Arisan Online

    JAMBI (EKSPOSnews): Kepolisian Resort Kota (Polresta) Jambi menetapkan pasangan suami istri M Rahadi (24) dan Marisa Safitri (27), sebagai tersangka dan menahannya terkait kasus dugaan penipuan serta

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99