Sabtu, 23 Jun 2018

Indosat Akan Taat Terhadap Peraturan Pemerintah

Oleh: alex
Kamis, 19 Apr 2018 03:53
BAGIKAN:
istimewa.
Indosat.
BANDAR LAMPUNG (EKSPOSnews): Indosat Ooredoo akan taat terhadap peraturan pemerintah untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan data Nomor Induk Kependudukan dan Nomor Kartu Keluarga dalam registrasi kartu prabayar.

"Kita akan taat kepada pemerintah untuk mematuhi regulasi dan melakukan perbaikan dalam registrasi SIM Card," kata President Director & CEO Indosat Ooredoo Joy Wahjudi kepada pers saat acara press gathering di Bandar Lampung, Rabu 18 April 2018.

Menurutnya, saat pelaksanaan registrasi prabayar, perusahaan berupaya mengikuti ketentuan dan regulasi yang berlaku.

Sebelumnya, penyalahgunaan data pribadi dalam registrasi prabayar berbasis NIK dan KK, terungkap saat Rapat Dengar Pendapat Panja Komisi I DPR, Senin (9/4).

RDP Komisi I terkait soal Pengamanan Data Pribadi dengan Dirjen PPI Kemenkominfo, Ketua Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) Ahmad Ramli dan Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh.

Indosat dinilai melakukan indikasi pelanggaran terbanyak dalam registrasi yang mencapai sekitar 2,21 juta nomor, menyusul Telkomsel yang mencapai sekitar 1,3 juta nomor, selanjutnya XL Axiata sekitar 1,1 juta nomor, sedangkan Tri dan Smartfren masing-masing kurang dari 100.000 nomor.

Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) Merza Fachys dalam keterangan tertulis, mengatakan seluruh operator telekomunikasi seluler secara bertahap menonaktifkan atau melakukan pemblokiran secara total seluruh layanan Voice, SMS dan Data, atas nomor kartu prabayar yang diregistrasi secara tidak benar atau dilakukan dengan menggunakan NIK dan KK orang lain.

Pemblokiran tersebut menindaklanjuti adanya temuan di masyarakat tentang registrasi kartu prabayar yang dilakukan secara masal atau dilakukan dengan menggunakan NIK dan KK secara tidak sah.

Sebelum melakukan pemblokiran para operator seluler melakukan pemberitahuan melalui SMS atau media lainnya kepada nomor tersebut. "Kepada masyarakat dimbau untuk tetap bersedia melakukan registrasi dengan benar sesuai dengan NIK dan KK miliknya baik pada saat menggunakan kartu prabayar yang baru maupun untuk kartu prabayar yang telah digunakan," katanya.

Masyarakat, katanya, jangan bersedia menerima kartu prabayar baru yang dinyatakan dapat langsung dipakai tanpa harus registrasi.ATSI dan seluruh operator seluler juga sepakat bahwa registrasi prabayar sangat bermanfaat untuk kesehatan industri seluler ke depan, khususnya dalam memberikan kenyamanan dan kemudahan layanan bagi pelanggan.

Disamping itu juga dapat memberikan perlindungan kepada pelanggan agar terhindar dari tindakan kejahatan dan aksi-aksi penyalahgunaan layanan.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Indosat Antisipasi Lonjakan Trafik

    JAKARTA (EKSPOSnews): Indosat Ooredoo dalam upaya mengantisipasi lonjakan trafik telekomunikasi jelang dan selama Lebaran 2018 meningkatkan kapasitas layanan data menjadi 11.394 TeraByte per hari yang

  • 2 bulan lalu

    Indosat Curang, Sedot Pulsa Pelanggan Prabayar

    JAKARTA (EKSPOSnews): Para pelanggan seluler prabayar Indosat mengeluhkan pulsanya berkurang terus setiap hari meski tidak digunakan, dan meminta perusahaan ini berhenti berbuat kecurangan yang merugi

  • 3 bulan lalu

    Indosat Mendorong Pelanggan Pascabayar

    SURABAYA (EKSPOSnews): PT Indosat Ooredoo Tbk. mendorong peningkatan pelanggan pascabayar (postpaid) di wilayah Jawa Timur, karena wilayah tersebut memiliki pelanggan loyal dibanding beberapa daerah l

  • 3 bulan lalu

    Indosat Mengimbau Pelanggan Kartu Prabayar Registrasi Ulang

    JAKARTA (EKSPOSnews): Indosat Ooredoo mengimbau pelanggan segera registrasi ulang kartu prabayar demi keamanan dan kenyamanan terhadap potensi data diketahui pihak lain serta menghindari pemblokiran l

  • 6 bulan lalu

    Indosat Bangun BTS di Perbatasan

    BALIKPAPAN (EKSPOSnews): Operator telekomunikasi Indosat Ooredo mendapat mandat membuka isolasi komunikasi bagi kampung-kampung di sepanjang perbatasan Indonesia-Malaysia dengan membangun menara "base

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99