Selasa, 23 Jul 2019

Google Fasilitasi Pelatihan UMKM

Oleh: marsot
Kamis, 16 Agu 2018 03:46
BAGIKAN:
reuters.
Google.
SLEMAN (EKSPOSnews): Rumah Kreatif Sleman, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta bekerja sama dengan Gapura Digital menggelar Pelatihan Dasar Fasilitas Google untuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di wilayah Sleman.

"Pelatihan yang dimulai sejak Senin 11-15 Agustus di Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kabupaten Sleman ini diperuntukkan bagi 30 peserta yang berasal dari UMKM di wilayah Sleman, pelatihan berlangsung setiap hari Rabu sebanyak enam seri," kata Penyuluh Perindustrian dan Perdagangan Madya Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman Agung Tri Rahmanto, Rabu 15 Augustus 2018.

Menurut dia, UMKM perlu memanfaatkan fitu Google secara lebih optimal untuk mengembangkan usahanya.

"Mungkin saat ini UMKM masih terbatas dengan menawarkan produknya dengan medsos atau marketplace, tapi dengan pelatihan ini UMKM bisa mengetahui fitur-fitur yang disediakan oleh Google untuk mengelola usahanya," katanya.

Ia mengatakan pihaknya percaya, dengan mendalami pengetahuan tentang fitur Google, UMKM bisa mempromosikan dan mengenalkan produk UMKM miliknya dengan lebih maksimal.

"Pintu masuk utama dari Google itu kan search engine, harapannya dengan tahu terkait ini rating produk mereka bisa lebih tinggi dan lebih bisa dicari oleh masyarakat," katanya.

Sementara itu, Dimas dari Gapura Digital berharap melalui materi yang disampaikannya ke depan UMKM bisa menggunakan fitur Google Bisnisku dengan lebih mudah.

"Jadi UMKM bisa memasarkan produk dan servisnya langsung di Google Maps, jadi ketika konsumen nyari di Google Maps langsung ketemu kira-kira produk dan servis apa yang relevan buat mereka," katanya.

Salah satu peserta dari UMKM Disya Griya Busana, Ika mengakui pelatihan ini membuatnya mengerti terkait perkembangan usaha secara online.

"Kami bisa dibukakan caranya, jadi ke depannya sangat membantu sekali bagaimana mengembangkan usaha melalui online juga melalui digital," kata Ika.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 4 bulan lalu

    UMKM Binaan Pertamina

    JAKARTA (EKSPOSnews): Sebanyak 12 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) kain mitra binaan PT Pertamina (Persero) mencatat omset sekitar Rp500 juta.Vice President Corporate Communication Pertamina Fajr

  • 5 bulan lalu

    Transmart Gandeng UMKM

    MALANG (EKSPOSnews): Toko ritel modern, PT Trans Retail Indonesia melalui gerai Transmart khususnya yang ada di Kota Malang, Jawa Timur, menggandeng pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk memp

  • 6 bulan lalu

    UMKM Diutamakan Isi Res Area Tol Trans Sumatera

    BANDARLAMPUNG (EKSPOSnews): Kepala Divisi Pengembangan Bisnis dan Investasi Hutama Karya Rizal Sutjipto mengatakan bahwa pengembangan wilayah "rest area" Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) lebih baik dip

  • 7 bulan lalu

    Telkom Salurkan Kredit Lunak kepada UMKM

    PALANGKA RAYA (EKSPOSnews): PT Telkom Witel Kalimantan Tengah pada tahun 2018 menyalurkan pinjaman lunak atau berbunga tiga persen per tahun kepada 163 pengusaha mikro, kecil dan menengah mitra binaan

  • 7 bulan lalu

    Telkom Salurkan Bantuan kepada UMKM

    PONTIANAK (EKSPOSnews): PT Telkom Witel Kalbar sepanjang tahun 2018 menyalurkan Rp3,6 miliar ke Usaha Mikro Kecil dan Menengah melalui program Pinjaman Dana Program Kemitraan.Penyaluran untuk triwulan

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99