Kamis, 18 Apr 2019

Bukittinggi Jadi Smart City

Oleh: Alex
Jumat, 24 Feb 2017 21:11
BAGIKAN:
istimewa
Kota pintar (ilustrasi).
BUKITTINGGI (EKSPOSnews): Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), segera meluncurkan aplikasi "Bukittinggi Smart" sebagai salah satu langkah daerah itu untuk menuju "smart city".

Wali Kota Bukittinggi M Ramlan Nurmatias mengatakan peluncuran akan dilakukan pada Senin (27/2) di pelataran objek wisata Jam Gadang.

Ia menyebutkan dalam kegiatan itu juga akan diluncurkan sebanyak 242 aplikasi berbasis website serta 15 titik wifi atau jaringan internet gratis yang juga termasuk langkah yang dilakukan menuju "smart city".

Kepala Bidang Aplikasi Informatika Dinas Komunikasi dan Informatika setempat, Monisfar mengatakan aplikasi "Bukittinggi Smart" memiliki salah satu keunggulan layanan pengaduan masyarakat yang diberi nama Kejadian Laporan Informasi Kota (KLIK).

"Melalui layanan KLIK, warga dapat melaporkan kejadian apapun yang ditemui di lingkungan sekitar, seperti parkir liar atau sampah yang berserakan. Dapat difoto lalu disampaikan ke organisasi perangkat daerah (OPD) terkait," katanya, Jumat 24 Februari 2017.

Ia menilai layanan tersebut akan membantu mempercepat tindaklanjut yang dilakukan oleh OPD terkait sehingga pelayanan bagi masyarakat berjalan lebih baik.

"KLIK juga menyediakan layanan komunikasi berupa pesan instan bagi antar warga pengguna aplikasi tersebut," ujarnya.

Layanan lain menuju "smart city" seperti 242 aplikasi berbasis website, ia menerangkan website tersebut diberikan kepada sekolah-sekolah dan organisasi perangkat daerah (OPD) untuk memudahkan dan mempercepat pelayanan bagi masyarakat.

"Sementara terkait 15 titik wifi gratis, berada di lokasi pasar, terminal dan objek wisata. Diharapkan layanan ini akan menambah kenyamanan bagi pengunjung yang datang ke Bukittinggi," ujarnya.

Monisfar mengatakan melalui layanan yang akan diluncurkan tersebut pemerintah setempat menargetkan pelayanan yang lebih baik dan tepat sasaran bagi masyarakat setempat.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 4 bulan lalu

    Kementerian PURR Akan Bangun Jembatan Permanen Padang-Bukittingi

    PARIT MALINTANG (EKSPOSnews): Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan membangun jembatan permanen di jalan nasional penghubung Padang-Bukittinggi, Sumatera Barat yang ambruk Senin (10/12)

  • 6 bulan lalu

    Wisata Bernuansa Zaman Dulu di Bukittinggi

    BUKITTINGGI (EKSPOSnews): Objek wisata Rumah Pohon Inyiak yang berada di kawasan Ngarai Sianok, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), menyuguhkan wisata bernuansa zaman dahulu setelah dibangung s

  • tahun lalu

    Polres Bukittinggi Amankan Ganja

    BUKITTINGGI (EKSPOSnews): Kepolisian Resor Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, mengamankan 35 kilogram ganja selama dua pekan pelaksanaan Operasi Antik Singgalang sejak 13 Februari 2018.Kapolres Bukitti

  • tahun lalu

    Program Broadband City di Bukittinggi

    BUKITTINGGI (EKSPOSnews): PT Telekomunikasi (Telkom) Indonesia luncurkan program Broadband City di Bukittinggi, Sumatera Barat, guna membantu memenuhi kebutuhan masyarakat setempat terhadap akses info

  • tahun lalu

    Pemkot Bukittinggi Cari Lokasi Penampungan Sementara Korban Kebakaran Pasar Atas

    BUKITTINGGI (EKSPOSnews): Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), masih mencari dan meninjau lokasi yang akan dijadikan sebagai tempat penampungan sementara bagi pedagang Pasar Atas yang

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99