Minggu, 21 Jan 2018

300 Sekolah Dapat Dijangkau Akses Internet

Oleh: marsot
Rabu, 15 Nov 2017 05:41
BAGIKAN:
istimewa.
Sekolah kejuruan.
SURABAYA (EKSPOSnews): Sekitar 300 sekolah di Indonesia terjangkau akses internet berkat bantuan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Saat membuka Pelatihan Peningkatan Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru Sekolah Garis Depan di Surabaya, yang berlangsung hingga Rabu dini hari, Muhadjir menyatakan, pihaknya masih terus berupaya menyejajarkan fasilitas, khususnya internet, di sekolah-sekolah wilayah tertinggal, terdepan dan terluar (3T) di Indonesia.

Pelatihan Peningkatan Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru Sekolah Garis Depan berlangsung di Surabaya selama empat hari, 14-17 November 2017. Pembukaannya pada Selasa (14/11) malam turut dihadiri Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.

Muhadjir mencatat saat ini terdapat sekitar 39.000 sekolah di seluruh Indonesia yang belum terjangkau internet. "Sebelas ribu sekolah di antaranya berada di wilayah 3T," katanya.

Dia mengatakan bersama Kemenkominfo saat ini, pihaknya sedang membangun infrastruktur agar para siswa di 39.000 sekolah wilayah 3T dapat segera menikmati akses internet berkecepatan tinggi untuk proses belajar mengajar.

Di luar itu, Menkominfo Rudiantara menambahkan dari sekitar 324.000 sekolah termasuk madrasah yang ada di Indonesia saat ini, hampir 100.000 di antaranya telah terkoneksi internet, namun dengan kapasitas yang cukup.

"Semuanya saat ini sedang kami upayakan agar mendapatkan akses internet berkecepatan tinggi untuk kepentingan belajar mengajar sehari-hari," ujarnya.

Rudiantara menegaskan infrastruktur internet berkecepatan tinggi yang sedang dibangun di seluruh sekolah di Indonesia saat ini tidak hanya untuk kebutuhan siswa dalam mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

"Kalau UNBK itu kan hanya kebutuhan sesaat di akhir masa sekolah. Yang kami upayakan saat ini adalah akses internet berkecepatan tinggi untuk keperluan belajar mengajar sehari-hari," katanya.

Muhadjir memastikan akan diterapkan 100 persen sekolah-sekolah di seluruh Indonesia untuk tingkat SMA dan 80 persen untuk tingkat SMP.

"Bersama Kemenkominfo, kami upayakan pelaksanaan UNBK sudah 100 persen semuanya pada tahun 2019," katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 hari lalu

    Bus Tak Beroperasi, Sekolah Terkendala

    TAPAKTUAN (EKSPOSnews): Puluhan siswa di Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan, mengalami kendala pergi ke sekolah karena bus sekolah tidak beroperasi lagi sejak beberapa bulan terakhir.Informas

  • 4 minggu lalu

    Dirut Pelindo 1 Mengajar Siswa Sekolah Dasar

    BALIGE (EKSPOSnews): Melalui program BUMN Mengajar, PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 hadir di SD Negeri 178491 Pintupohan, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara pada Kamis 21 Desembe

  • satu bulan lalu

    Fasilitas Sekolah di Aceh Utara Rusak Parah

    LHOKSUKON (EKSPOSnews): Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh menyatakan, banjir yang melanda kawasan itu pada pekan pertama Desember 2017 telah menyebabkan fasilitas di

  • satu bulan lalu

    OSIS Sekolah Papua Bantu Bahan Makanan Korban Tanah Longsor di Pogapa

    JAKARTA (EKSPOSnews): Pogapa adalah salah satu kampung di Distrik Homeyo, Kabupaten Intan Jaya, Papua. Berada di lokasi yang sangat sulit dijangkau, penduduk Pogapa sangat bergantung pada kebun mereka

  • 2 bulan lalu

    Indonesia Tambah Sekolah Anak TKI di Malaysia

    JAKARTA (EKSPOSnews): Indonesia akan menambah 50 sekolah yang disebut sebagai Community Learning Center (CLC) untuk anak tenaga kerja Indonesia (TKI) di Malaysia."Sudah ada pertemuan dengan pemerintah

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99