Rabu, 19 Des 2018

300 Sekolah Dapat Dijangkau Akses Internet

Oleh: marsot
Rabu, 15 Nov 2017 05:41
BAGIKAN:
istimewa.
Sekolah kejuruan.
SURABAYA (EKSPOSnews): Sekitar 300 sekolah di Indonesia terjangkau akses internet berkat bantuan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Saat membuka Pelatihan Peningkatan Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru Sekolah Garis Depan di Surabaya, yang berlangsung hingga Rabu dini hari, Muhadjir menyatakan, pihaknya masih terus berupaya menyejajarkan fasilitas, khususnya internet, di sekolah-sekolah wilayah tertinggal, terdepan dan terluar (3T) di Indonesia.

Pelatihan Peningkatan Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru Sekolah Garis Depan berlangsung di Surabaya selama empat hari, 14-17 November 2017. Pembukaannya pada Selasa (14/11) malam turut dihadiri Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.

Muhadjir mencatat saat ini terdapat sekitar 39.000 sekolah di seluruh Indonesia yang belum terjangkau internet. "Sebelas ribu sekolah di antaranya berada di wilayah 3T," katanya.

Dia mengatakan bersama Kemenkominfo saat ini, pihaknya sedang membangun infrastruktur agar para siswa di 39.000 sekolah wilayah 3T dapat segera menikmati akses internet berkecepatan tinggi untuk proses belajar mengajar.

Di luar itu, Menkominfo Rudiantara menambahkan dari sekitar 324.000 sekolah termasuk madrasah yang ada di Indonesia saat ini, hampir 100.000 di antaranya telah terkoneksi internet, namun dengan kapasitas yang cukup.

"Semuanya saat ini sedang kami upayakan agar mendapatkan akses internet berkecepatan tinggi untuk kepentingan belajar mengajar sehari-hari," ujarnya.

Rudiantara menegaskan infrastruktur internet berkecepatan tinggi yang sedang dibangun di seluruh sekolah di Indonesia saat ini tidak hanya untuk kebutuhan siswa dalam mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

"Kalau UNBK itu kan hanya kebutuhan sesaat di akhir masa sekolah. Yang kami upayakan saat ini adalah akses internet berkecepatan tinggi untuk keperluan belajar mengajar sehari-hari," katanya.

Muhadjir memastikan akan diterapkan 100 persen sekolah-sekolah di seluruh Indonesia untuk tingkat SMA dan 80 persen untuk tingkat SMP.

"Bersama Kemenkominfo, kami upayakan pelaksanaan UNBK sudah 100 persen semuanya pada tahun 2019," katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • satu bulan lalu

    Ada Sekolah Kopi di IPB

    BOGOR (EKSPOSnews): Institut Pertanian Bogor (IPB) membuka "Sekolah Kopi" yang siap melahirkan barista-barista muda berbakat dan bertalenta kuat dalam mengenal cita rasa kopi Nusantara. Sekolah Kopi a

  • 2 bulan lalu

    17 Sekolah di Singkil Diliburkan karena Banjir

    ACEH SINGKIL (EKSPOSnews): Sebanyak 17 lembaga sekolah di Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh terpaksa diliburkan akibat banjir masih merendam ruangan kelas serta halaman sekolah.Kepala Dinas Pendid

  • 3 bulan lalu

    Danamon Perbaiki Ruang Kelas Sekolah Dasar

    SEMARANG (EKSPOSnews): Yayasan Danamon Peduli bersama keluarga besar Danamon Group melakukan perbaikan terhadap sejumlah ruang kelas di Sekolah Dasar Negeri 4 Ngaliyan, Semarang, yang mengalami kerusa

  • 4 bulan lalu

    Kelalaian Hartatik Berbuntut Pencopotan dari Jabatan Kepala Sekolah

    PROBOLINGGO (EKSPOSnews): Polemik pawai karnaval di Kota Probolinggo beberapa waktu lalu, akhirnya berbuntut panjang. Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) menilai, Hartatik lalai dalam m

  • 4 bulan lalu

    Jangan Hanya Sekolah Joni yang Dipasangi Internet

    JAKARTA (EKSPOSnews): Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Muhadjir Effendy berharap Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara memasangi seluruh sekolah di perbatasan Nusa

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99