Kamis, 17 Agu 2017

Panut yang Jadi Panutan di UGM

Oleh: Alex
Senin, 29 Mei 2017 13:23
BAGIKAN:
istimewa
Panut Mulyono, Rektor UGM.
Panut Mulyono resmi dilantik menjadi Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) periode 2017-2022 setelah berhasil mendapatkan suara terbanyak dalam pemilihan rektor baru-baru ini.

Panut merupakan Dekan Fakultas Teknik UGM dan juga sebagai dosen. Ia dikenal oleh rekannya sebagai sosok yang disiplin serta tekun dalam mengajar dan melakukan berbagai penelitian dalam bidang Teknik Kimia.

"Beliau termasuk dosen yang aktif, disiplin, dan selalu bisa publikasi. Biasanya kalau dibebani tugas administratif penelitian jadi terhambat. Tapi meskipun bebannya banyak beliau bisa tetap membagi waktu," ujar rekannya sesama dosen di Departemen Teknik Kimia, Rochmadi, dikutip dari laman UGM, Senin 29 Mei 2017.

Di Departemen Teknik Kimia UGM, Panut dikenal sebagai dosen yang menekuni bidang energi. Hasil penelitiannya telah menghasilkan berbagai penemuan baru yang menjadi dasar bagi pengembangan penelitian-penelitian selanjutnya.

"Salah satu penelitiannya yang menurut saya menarik adalah penelitian yang diambil dari disertasinya tentang penyimpan energi termal dengan model baru, yang dikembangkan lewat kristalisasi. Ini jadi penelitian dasar yang melandasi teknologi setelahnya."

Tak hanya itu, Panut juga melakukan beberapa penelitian yang cukup terkemuka antara lain terkait sistem pemanfaatan panas sisa sebagai usaha penghematan energi di industri serta sistem pemurnian asam-asam karboksilat dengan ekstraksi reaktif.

Penelitian ini, menurut Rochmadi, menunjukkan kapasitas Panut sebagai seorang akademisi dan peneliti yang tidak perlu diragukan lagi. Kemampuan Panut dalam menekuni ilmu teknik kimia, menurutnya, sudah terlihat sejak masih menjadi mahasiswa dan kemudian diangkat menjadi dosen muda beberapa tahun setelahnya.

Kemampuan inilah yang membuat Panut bisa mendapatkan kesempatan menimba ilmu hingga ke Tokyo Institute of Technology untuk meraih gelar S2 dan S3.

Kontribusinya dalam penelitian, membuat Panut beberapa kali dipercaya ikut mengelola berbagai jurnal ilmiah, diantaranya sebagai penyunting ahli dalam Jurnal Teknologi serta sebagai editor dalam Jurnal Teknik Kimia Indonesia.

Dengan berbagai pencapaian yang berhasil diraih, Panut menjadi teladan bagi rekan sesama dosen di departemennya untuk lebih giat dalam menjalankan tanggung jawab sebagai pendidik dan dalam menjalankan tugas penelitian.

Dia juga menjadi panutan bagi para mahasiswa untuk juga dapat terus mengembangkan kapasitas diri mereka, tidak hanya dalam hal akademis tetapi juga dalam karakter.

"Di kalangan dosen Panut dikenal sebagai dosen yang disiplin, terbuka, dan sangat bisa membantu. Ia juga termasuk dosen yang disenangi oleh mahasiswa, dan cukup akrab dengan semua orang," ujar Rochmadi.

Kini, dengan tugas baru Panut sebagai Rektor UGM, Rochmadi berharap agar rekannya ini dapat tetap memberikan perhatian kepada apa yang menjadi tanggung jawabnya sebagai seorang pendidik. Ia pun berharap agar Panut dapat terus menjadi pemimpin yang baik dan menjadi contoh bagi orang lain.

"Saya memahami sebagai rektor pasti bebannya semakin banyak. Tapi saya harap bisa tetap seperti yang kemarin-kemarin dari segi kualitas, atensi, sama seperti yang ditunjukkan selama ini," tuturnya.

  Berita Terkait
  • 4 bulan lalu

    Panut Mulyono Terpilih Jadi Rektor UGM

    YOGYAKARTA (EKSPOSnews): Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Gadjah Mada (UGM) memilih Panut Mulyono sebagai rektor UGM lima tahun ke depan.Panut mengantongi 15 suara dari MWA, sementara pesaingnya

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak