Minggu, 28 Mei 2017
  • Home
  • Sosok
  • Karier Cemerlang, Hantam Perompak Somalia

Karier Cemerlang, Hantam Perompak Somalia

Oleh: Alex
Selasa, 14 Mar 2017 17:09
BAGIKAN:
istimewa
Sertijab Danpaspampres.
Tak banyak yang diketahui orang sosok Brigjen TNI Suhartono kini resmi menjabat Komandan Pasukan Pengaman Presiden (Danpaspampres) menggantikan Mayjen TNI Bambang Suswantono yang telah menjadi Danpaspampres sejak Mei 2016.

Ini adalah ciri pasukan khas di negara manapun di dunia ini. Pernah memimpin pasukan khas angkatan laut Denjaka.Pengalamannya dalam operasi tempur juga tidak main-main. Pada 2014, saat masih berpangkat Kolonel, Ia memimpin pasukan penyerbuan perompak Somalia yang menguasai kapal MV Sinar Kudus dalam Satgas Merah Putih. Keberhasilannya kala itu mendapat penghargaan kenaikan pangkat satu tingkat, dari Letkol ke Kolonel.

Suhartono resmi menjabat setelah upacara sertijab yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo di Mako Paspampres, Jalan Tanah Abang II, Jakarta Pusat. Selasa 14 Maret 2017.

Karier militer Suhartono juga terbilang cemerlang. Selain sempat menjadi Dandenwalpri Grup A Paspampres, ia juga pernah menjabat sebagai Komandan Satuan Intai Amphibi, Wakil Komandan Denjaka, Danlanal Biak Lantamal XI, Komandan Denjaka, Kas Brigif 2 Pasmar 2, Komandan Brigif 2 Mar, Staf Ahli Koarmabar, Asrena Kormar, Komandan Resimen AAL, dan terakhir Danlantamal XI/Mer Koarmatim.

Pria kelahiran Batang, 15 April 1966 itu juga memiliki tanda kehormatan Satya Lencana Kesetiaan VIII Tahun dan Satya Lencana Dharma Nusa.

Menurut Kepala Staf Angakatan Laut, Laksamana Ade supandi, penunjukan Suhartono melalui proses penilaian yang ketat. Suhartono juga sudah teruji di beberapa tugas sebelumnya yang diberikan dan selalu dapat menjalaninya dengan baik.

"Kalau ada tugas tuntas ya dia. Bersama-sama Satgas Merah Putih pembebasan Sinar Kudus di Somalia. Satgasnya kan Pak Taufiq, dia salah satu komandan Denjaka," ujar Ade Selasa 14 Maret 2017

Mengamankan orang nomor satu di Republik bukan hal baru bagi Suhartono. Tercatat, ia sempat menjabat sebagai Dandenwalpri Grup A Paspampres.

Dia mendapat beberapa pendidikan di luar negeri antara lain Counter Terorism Inteligence Analysis (BIA-CIA) 1997, Commando Mariners-Cofusco (Perancis) 1997, US Navy Seal-Guam (AS) 1997, Terrorism Device Threat and Response (BIA-CIA) 1998, Post Incident Intelegence Collection (BIA-CIA) 1999, Counter Terror-Batalyon Kontra Terror 707 (Korea Selatan).

  Berita Terkait
  komentar Pembaca

Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

Tentang Kami

Redaksi

Pedoman Media Siber

Disclaimer

Iklan

RSS

Kontak