Senin, 18 Jun 2018

Kagama Sumut Launching Kongsi

Oleh: master sihotang
Selasa, 22 Mei 2018 05:49
BAGIKAN:
istimewa.
Kagama luncurkan Kongsi.
MEDAN (EKSPOSnews): Bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-110, Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada Sumatera Utara (Kagama Sumut), meluncurkan aplikasi kegiatan sosial pertama di Indonesia, Kongsi  pada 20 Mei 2018 bertempat di Hotel Saka, Jalan Ring Road Medan.

Menurut M Hamied Wijaya, Ketua Pengda Kagama Sumut, peluncuran KONGSI, aplikasi berbasis android, merupakan upaya Kagama Sumut untuk ikut membantu mengatasi permasalahan pengelolaan kegiatan sosial kemasyarakatan berbasis komunitas yang kurang tersentuh dengan kemajuan digital. Aplikasi Kongsi memungkinkan komunitas mengelola program atau kegiatannya dengan hanya sentuhan jari di handphone. "Kongsi yang kita launching ini, adalah aplikasi kepanitiaan atau community organizer (Core) atau social action projects,dan merupakan yang pertama untuk segmen pengelolaan kegiatan sosial di Indonesia," ujar M. Hamied Wijaya.

Hal ini merupakan langkah awal Kagama Sumut untuk membantu mempercepat kemajuan sosial Indonesia dan juga investasi Kagama Sumut untuk Indonesia. "Melalui aplikasi Kongsi ini, kita berharap kemajuan sosial, saling percaya, perbaikan kohesi sosial antar masyarakat akan terasa kemudian," jelas M. Hamied Wijaya.

Arief Budi Santoso, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara mengatakan bahwa bulan Ramadhan ini adalah waktu yang tepat untuk peluincuran Kongsi. "Di bulan Ramadan ini banyak kegiatan sosial di masyarakat kita. Ada buka puasa bersama, pembagian paket buka puasa, pengumpulan dan distribusi zakat, pembagian paket lebaran. Setelah lebaran disusul dengan syawalan, halal bi halal, reunian atau temu kangen. Selain itu, Kongsi bisa juga digunakan untuk penanganan akibat bencana alam seperti untuk membantu korban bencana Sinabung", jelas Arief Budi.  

Lebih jauh Arief merekomendasikan aplikasi KONGSI dapat digunakan oleh masyarakat agar pengelolaan kegiatan komunitas lebih mudah dan lebih baik."Aplikasi KONGSI mudah digunakan. Fiturnya membantu memudahkan perhitungan dana masuk dan keluar lebih cepat. Ada pembagian peran panitia dan monitoring progresnya. Juga yang tidak kalah penting adalah, bisa terhubung dengan donatur-donatur yang membantu kegiatan sehingga seperti membuat laporan kegiatan seketika. Banyak waktu yang bisa dihemat dengan aplikasi Kongsi ini".

Rimbananto, Ketua Jaringan Komunitas Binjai dan Budi Syahputra, Kepala Perwakilan Rumah Zakat Provinsi Sumut, yang juga sudah menggunakan Kongsi mengatakan "Kegiatan pemberdayaan menjadi lebih menyenangkan dengan aplikasi Kongsi karena memudahkan masyarakat secara bersama-sama saling membantu sesuai perannya".

Yang menarik, Kongsi mengenalkan istilah donasi jasa, selain donasi dana dan barang.

Menurut Was'i Abbas, CEO Kongsi, visi Kongsi adalah memudahkan komunitas berkolaborasi berbuat baik bagi kemanusiaan dan pembangunan dengan motto kolaborasi hati untuk berbagi. Aplikasi Kongsi dirancang untuk membawa cara bergotong royong masyarakat Indonesia ke dalam format digital. Kongsi Core versi beta ini adalah varian pertama aplikasi Kongsi. Dalam tahun 2018 ini selain mengembangkan fitur-fitur KONGSI CORE yang saat ini dilaunching, juga akan hadir Kongsi varian lain dari adopsi format sosial kemasyarakatan. Kagama Sumut berharap masyarakat memilih aplikasi Kongsi untuk pengelolaan bersama kegiatan-kegiatan sosialnya.

Selain untuk membantu memecahkan permasalahan pengelolaan kegiatan kemasyarakatan di tingkat nasional, Kongsi juga bertujuan untuk menyerap dan mengembangkan potensi sumber daya manusia Sumatera Utara dalam mengembangkan industri kreatif. Dalam pengembangan aplikasinya, Kongsi banyak melibatkan anak muda Medan. Kongsi adalah usaha bersama Kagama Sumut dengan anak Medan yang tergabung dalam PT Kongsi Global Makmur (KGM).

Sekarang aplikasi Kongsi dapat diunduh di Google playstore, dengan ikon mangkok hijau dan satu mutiara. Dalam masa promosi, aktivasi aplikasi gratis. Silahkan unduh dan gunakan untuk kegiatan-kegiatan bersama kita.


  Berita Terkait
  • 9 bulan lalu

    3 Pasangan Kepala Daerah di Sumbar Pecah Kongsi

    MENTAWAI (EKSPOSnews): Wagub Sumbar, Nasrul Abit menyebutkan ada tiga pasangan kepala daerah yang saat ini sudah pecah kongsi pasca dilantik pada 17 Februari 2016."Sampai saat ini sudah ada tiga kepal

  • 11 bulan lalu

    Kagama Sumut Gelar Talkshow Ekonomi Sumut

    MEDAN (EKSPOSnews): Dalam upaya membantu mencari solusi tantangan pertumbuhan ekonomi Sumut yang belakangan ini agak melambat, Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada Sumatera Utara (KAGAMA  SUMU

  • tahun lalu

    Kagama Sumut Bakti Sosial untuk Korban Gunung Sinabung

    MEDAN (EKSPOSnews): Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) Sumatera Utara melaksanakan Kegiatan Bakti Sosial di Dusun Terungperen, Desa Mardinding, Kecamatan Payung, Kabupaten Tanah Karo kep

  • 2 tahun lalu

    Inilah Pengurus Kagama Sumut yang Dilantik

    MEDAN (EKSPOSnews): Budi Karya Sumadi, Ketua Harian Pengurus Pusat  Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (PP Kagama) yang juga selaku Menteri Perhubungan RI, melantik pengurus Kagama di Sum

  • 2 tahun lalu

    Pengurus Kagama Sumut Dilantik

    MEDAN (EKSPOSnews): Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung di Kabupaten Batu Bara, Provinsi Sumatera Utara telah menjadi perhatian sejumlah negara asi

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99