Rabu, 17 Okt 2018

Sumbar Kejar Perekaman E-KTP

Oleh: Jallus
Kamis, 07 Des 2017 18:15
BAGIKAN:
istimewa.
E-KTP.
PADANG (EKSPOSnews): Dinas Pengendalian Penduduk, KB dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Barat mengejar target perekaman data KTP elektronik 100 persen hingga akhir tahun dengan menggelar Pekan Perekaman Data Kependudukan di halaman kantor gubernur.

"Sekitar 300 ribu masyarakat Sumbar yang belum melakukan perekaman bisa memanfaatkan momen ini," kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di Padang, Kamis 7 Desember 2017.

Pekan perekaman data kependudukan KTP elektronik itu diikuti oleh 19 Dinas Kependudukan dan Capil kabupaten/kota se-Sumbar.

Gubernur mengatakan cukup banyak masyarakat Sumbar yang merantau ke ibu kota provinsi di Padang belum bisa melakukan perekaman karena terkendala waktu yang sempit atau tidak bisa mengambil waktu libur untuk membuat KTP. Hal itu menyebabkan upaya perekaman data di kabupaten/kota tidak maksimal.

"Kita apresiasi inisiatif Dinas Pengendalian Penduduk, KB dan Pencatatan Sipil yang mengumpulkan pelayanan untuk 19 kabupaten/kota dalam satu tempat," kata dia.

Perekaman data itu menurutnya juga akan mendukung pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden pada 2019.

Sementara itu Kepala Dinas Pengendaliaan Penduduk, KB dan Pencatatan Sipil Novrial mengatakan kegiatan itu adalah yang pertama dilakukan oleh pemerintah daerah di Indonesia setelah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melaksanakan hal yang sama di Jakarta.

"Ini akan jadi rujukan bagi provinsi lain," kata dia.

Ia menyebutkan per November 2017 pencapaian perekaman KTP Elektronik di Sumbar sudah mencapai 91,67 persen dari sekitar 3,8 juta wajib KTP.

"Tinggal 8,33 persen lagi yang kita kejar hingga akhir tahun," kata dia.

Kendala kelangkaan blangko yang sebelumnya menjadi penghambat menurut dia telah mendapatkan solusi, yaitu dengan mengalihkan pengadaan yang sebelumnya dari tender menjadi e-katalog.

Pekan perekaman data kependudukan di halaman kantor gubernur tersebut akan digelar 7-10 Desember 2017.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 4 minggu lalu

    10 Kepala Daerah di Sumbar Dukung Jokowi

    PADANG (EKSPOSnews): Sepuluh Kepala Daerah terdiri atas delapan Bupati dan dua Wali Kota di Sumbar, di Padang mendeklarasikan dukungan kepada Presiden Joko Widodo untuk kembali memimpin Indonesia untu

  • 4 minggu lalu

    Minang Geopark Brand Pariwisata Sumbar

    JAKARTA (EKSPOSnews): Minang Geopark Run ditetapkan menjadi brand pariwisata Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) untuk mempromosikan dan menjual daya tarik pariwisata Sumbar berupa budaya, alam, dan buat

  • 2 bulan lalu

    Kejati Sumbar Periksa Saksi Korupsi Bansos

    PADANG (EKSPOSnews): Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat (Sumbar) segera memeriksa puluhan saksi dalam kasus dugaan korupsi dana Bantuan Sosial (Bansos) Kabupaten Solok tahun anggaran 2009 dan 2010."Ada 2

  • 2 bulan lalu

    5 Terduga Teroris Diamankan di Sumbar Jaringan JAD

    PADANG (EKSPOSnews): Kepala Bidang Humas Polda Sumatera Barat (Sumbar) Kombes Pol Syamsi mengungkapkan lima terduga teroris yang diamankan di daerah itu diiduga merupakan jaringan Jamaah Ansharut Daul

  • 3 bulan lalu

    Sumbar Siapkan 500 Orang Pencari Kerja Magang ke Jepang

    PADANG (EKSPOSnews): Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Sumatera Barat menyiapkan sebanyak 500 orang pencari kerja untuk magang ke Jepang pada tahun 2018."Program magang ke J

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99