Selasa, 20 Feb 2018

Sumbar Kejar Perekaman E-KTP

Oleh: Jallus
Kamis, 07 Des 2017 18:15
BAGIKAN:
istimewa.
E-KTP.
PADANG (EKSPOSnews): Dinas Pengendalian Penduduk, KB dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Barat mengejar target perekaman data KTP elektronik 100 persen hingga akhir tahun dengan menggelar Pekan Perekaman Data Kependudukan di halaman kantor gubernur.

"Sekitar 300 ribu masyarakat Sumbar yang belum melakukan perekaman bisa memanfaatkan momen ini," kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di Padang, Kamis 7 Desember 2017.

Pekan perekaman data kependudukan KTP elektronik itu diikuti oleh 19 Dinas Kependudukan dan Capil kabupaten/kota se-Sumbar.

Gubernur mengatakan cukup banyak masyarakat Sumbar yang merantau ke ibu kota provinsi di Padang belum bisa melakukan perekaman karena terkendala waktu yang sempit atau tidak bisa mengambil waktu libur untuk membuat KTP. Hal itu menyebabkan upaya perekaman data di kabupaten/kota tidak maksimal.

"Kita apresiasi inisiatif Dinas Pengendalian Penduduk, KB dan Pencatatan Sipil yang mengumpulkan pelayanan untuk 19 kabupaten/kota dalam satu tempat," kata dia.

Perekaman data itu menurutnya juga akan mendukung pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden pada 2019.

Sementara itu Kepala Dinas Pengendaliaan Penduduk, KB dan Pencatatan Sipil Novrial mengatakan kegiatan itu adalah yang pertama dilakukan oleh pemerintah daerah di Indonesia setelah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melaksanakan hal yang sama di Jakarta.

"Ini akan jadi rujukan bagi provinsi lain," kata dia.

Ia menyebutkan per November 2017 pencapaian perekaman KTP Elektronik di Sumbar sudah mencapai 91,67 persen dari sekitar 3,8 juta wajib KTP.

"Tinggal 8,33 persen lagi yang kita kejar hingga akhir tahun," kata dia.

Kendala kelangkaan blangko yang sebelumnya menjadi penghambat menurut dia telah mendapatkan solusi, yaitu dengan mengalihkan pengadaan yang sebelumnya dari tender menjadi e-katalog.

Pekan perekaman data kependudukan di halaman kantor gubernur tersebut akan digelar 7-10 Desember 2017.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 7 hari lalu

    Hati-Hati Beli Lahan Pertanian di Sumbar

    PAINAN (EKSPOSnews): Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, mengimbau masyarakat teliti sebelum membeli lahan pertanian khususnya di Kecamatan Air Pura, Basa Ampek

  • 3 minggu lalu

    Membangun Jalur Rel Kereta Api Bengkulu-Sumbar

    BENGKULU (EKSPOSnews): Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas Perhubungan mengusulkan rencana pembangunan jalur kereta api dari Kota Bengkulu menuju Kota Padang, Kabupaten Rejanglebong, Bengkulu y

  • 3 minggu lalu

    Mengamankan Wanita dari Sejumlah Kafe di Sumbar

    SIMPANG EMPAT (EKSPOSnews): Tim gabungan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Pasaman Barat dan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mengamankan 14 wanita penghibur dari sejumlah kafe dan temp

  • 4 minggu lalu

    Sumbar Dokumentasikan Ratusan Pakaian Adat Perempuan

    PADANG (EKSPOSnews): Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mengidentifikasi pakaian adat perempuan Minangkabau mencapai 800 jenis dan sedang didokumentasikan agar tetap terjaga sebagai kekayaan

  • satu bulan lalu

    Brigjen Pol Damisnur Wakapolda Sumbar

    PADANG (EKSPOSnews): Kapolda Sumatera Barat (Sumbar), Irjen Pol Fakhrizal melantik Brigjen Pol Damisnur sebagai Wakapolda setempat menggantikan Brigjen Pol Bayu Wisnumurti.Mutasi jabatan merupakan hal

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99