Senin, 11 Des 2017

Sumbar Kejar Perekaman E-KTP

Oleh: Jallus
Kamis, 07 Des 2017 18:15
BAGIKAN:
istimewa.
E-KTP.
PADANG (EKSPOSnews): Dinas Pengendalian Penduduk, KB dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Barat mengejar target perekaman data KTP elektronik 100 persen hingga akhir tahun dengan menggelar Pekan Perekaman Data Kependudukan di halaman kantor gubernur.

"Sekitar 300 ribu masyarakat Sumbar yang belum melakukan perekaman bisa memanfaatkan momen ini," kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di Padang, Kamis 7 Desember 2017.

Pekan perekaman data kependudukan KTP elektronik itu diikuti oleh 19 Dinas Kependudukan dan Capil kabupaten/kota se-Sumbar.

Gubernur mengatakan cukup banyak masyarakat Sumbar yang merantau ke ibu kota provinsi di Padang belum bisa melakukan perekaman karena terkendala waktu yang sempit atau tidak bisa mengambil waktu libur untuk membuat KTP. Hal itu menyebabkan upaya perekaman data di kabupaten/kota tidak maksimal.

"Kita apresiasi inisiatif Dinas Pengendalian Penduduk, KB dan Pencatatan Sipil yang mengumpulkan pelayanan untuk 19 kabupaten/kota dalam satu tempat," kata dia.

Perekaman data itu menurutnya juga akan mendukung pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden pada 2019.

Sementara itu Kepala Dinas Pengendaliaan Penduduk, KB dan Pencatatan Sipil Novrial mengatakan kegiatan itu adalah yang pertama dilakukan oleh pemerintah daerah di Indonesia setelah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melaksanakan hal yang sama di Jakarta.

"Ini akan jadi rujukan bagi provinsi lain," kata dia.

Ia menyebutkan per November 2017 pencapaian perekaman KTP Elektronik di Sumbar sudah mencapai 91,67 persen dari sekitar 3,8 juta wajib KTP.

"Tinggal 8,33 persen lagi yang kita kejar hingga akhir tahun," kata dia.

Kendala kelangkaan blangko yang sebelumnya menjadi penghambat menurut dia telah mendapatkan solusi, yaitu dengan mengalihkan pengadaan yang sebelumnya dari tender menjadi e-katalog.

Pekan perekaman data kependudukan di halaman kantor gubernur tersebut akan digelar 7-10 Desember 2017.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 4 hari lalu

    Melestarikan Penyu di Sumbar

    PADANG (EKSPOSnews): PT PLN (Persero) Wilayah Sumatera Barat (Sumbar) mengalokasikan dana sebesar Rp236 juta untuk program tanggung jawab sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR) dalam mendor

  • 6 hari lalu

    Kunjungan Wisman ke Sumbar Melonjak

    PADANG (EKSPOSnews): Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Barat (Sumbar) mencatat kunjungan wisatawan asing ke provinsi itu pada Oktober 2017 mencapai 4.826 orang atau meningkat 11,02 persen dibanding

  • satu minggu lalu

    Andi Narogong Akan Pulangkan Keuntungan E-KTP

    JAKARTA (EKSPOSnews): Pengusaha Andi Agustinus alias Andi Narogong berjanji mengembalikan keuntungan dari proyek KTP elektronik sebesar 2,5 juta dolar AS."Saya merasa uang Biomorf itu uang negara, dar

  • satu minggu lalu

    DPR dan Kemendagri Dapat Fee Proyek E-KTP

    JAKARTA (EKSPOSnews): Pengusaha Andi Narogong mengakui pemberian "fee" untuk DPR sebesar 7 juta dolar AS sudah dilakukan."Untuk DPR sudah dieksekusi, 3,5 juta dolar AS pada akhir 2011, lalu 3,5 juta d

  • satu minggu lalu

    Fee E-KTP Jatah DPR Sudah Disalurkan

    JAKARTA (EKSPOSnews): Pengusaha Andi Narogong mengakui bahwa ada komitmen pembagian "fee" untuk DPR sebanyak 5 persen dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebesar 5 persen dari proyek KTP elektro

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99