Senin, 23 Sep 2019
  • Home
  • Ragam
  • Pesawat Tempur Prancis Tinggalkan Aceh

Pesawat Tempur Prancis Tinggalkan Aceh

Oleh: alex
Senin, 20 Mei 2019 18:23
BAGIKAN:
istimewa.
Pesawat tempur Prancis.
BANDA ACEH (EKSPOSnews): Dua pesawat tempur Prancis jenis Rafale yang sebelumnya mendarat di Pangkalan Udara Sultan Iskandar Muda (Lanud SIM), Blangbintang, Aceh Besar, karena kapal induk yang menjadi markas pesawat diselimuti cuaca buruk, akhirnya meninggalkan Aceh.

Komandan Lanud SIM Kolonel Pnb Hendro Arief H di Banda Aceh, mengatakan, dua pesawat tersebut terbang kembali ke kapal induk, Senin 20 Mei 2019 sekitar pukul 11.03 WIB.

"Pesawat tempur tersebut sudah kembali ke basenya di kapal induk Charles De Gaule yang lego jangkar di 75 nautical mile atau Nm barat Aceh," kata Kolonel Pnb Hendro Arief H.

Sebelumnya tujuh pesawat tempur Rafale milik Angkatan Laut Prancis mendarat di Lanud SIM, Sabtu (18/5). Pendaratan dilakukan karena di sekitar kapal induk Charles De Gaule diselimuti cuaca buruk.

Menurut Kolonel Pnb Hendro Arief, dari tujuh pesawat, lima di antaranya sudah kembali ke kapal induk Sabtu dan Minggu. Sedangkan dua lainnya terpaksa tinggal di Lanud SIM karena mengalami kerusakan.

"Dua pesawat tersebut rusak di bagian hidrolik dan sistem oli mesin. Angkatan Laut Prancis mengirim teknisi menggunakan helikopter ke Lanud SIM," sebut Kolonel Pnb Hendro Arief.

Setelah perbaikan sekitar satu jam lebih, dua pesawat tempur Rafale tersebut dinyatakan layak terbang. Akhirnya, dua pesawat tempur dan satu helikopter milik Angkatan Laut Prancis meninggalkan Lanud SIM.

"Secara administrasi telah dicek kelengkapannya, baik TNI AU maupun imigrasi, semuanya tidak masalah, sehingga pesawat beserta personelnya diperbolehkan kembali ke base di kapal induknya," sebut Kolonel Pnb Hendro Arief.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 3 minggu lalu

    Jembatan di Aceh Barat Ambruk

    MEULABOH (EKSPOSnews): Aktivitas ribuan masyarakat di di empat desa meliputi Desa Peulanteu LB, Ujong Simpang, Karang Hampa dan Gunong Pulo, Kecamatan Arongan Lambalek, Kabupaten Aceh Barat hingga Sel

  • 2 bulan lalu

    Pemerintah Aceh Evaluasi Perusahaan Tambang

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Pemerintah Aceh terus melakukan evaluasi terhadap perusahaan tambang yang beroperasi di provinsi paling barat Indonesia guna mencengah terjadinya pelanggaran hukum."Pemerintah

  • 2 bulan lalu

    Rumah Sakit di Aceh Turun Kelas

    MEULABOH (EKSPOSnews): Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan merekomendasikan penyesuaian kelas sebanyak 21 rumah sakit yang tersebar di sejumlah kab

  • 3 bulan lalu

    Kebakaran Hutan di Aceh Meluas

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyebut kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di provinsi paling barat Indonesia ini mencapai 60 hektare (ha) dalam sepekan terakhir."

  • 3 bulan lalu

    Melegalkan Poligami di Aceh

    MEULABOH (EKSPOSnews): Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Aceh Barat, Teungku Abdurrani Adian mengatakan pihaknya sangat setuju dan sependapat dengan rencana Pemerintah Aceh untuk mel

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99