Jumat, 24 Nov 2017

Pameran Buku Langka di Medan

Oleh: Marsot
Kamis, 18 Mei 2017 21:04
BAGIKAN:
istimewa
Pameran.
MEDAN (EKSPOSnews): Yayasan Pusat Kajian dan Dokumentasi Sumatera atau "Institut Sumatera" menggelar pameran buku-buku langka sebagai salah satu mata acara peringatan hari buku nasional yang jatuh pada setiap 17 Mei.

"Kegiatan yang mengambil tema 'Membaca Sumatera Utara' itu digelar pada 17-20 Mei 2017 di Perpustakaan Daerah Sumatera Utara," kata Ketua Institut Sumatera Jhon Fawer Siahaan di Medan, Kamis 18 Mei 2017.

Ia mengatakan, Membaca Sumatera Utara merupakan sebuah kegiatan yang mencoba mengingatkan kembali kepada masyarakat di provinsi itu bahwa sebelum kemerdekaan, Sumatera memiliki masa kejayaan tentang penerbitan.

Bahkan mengawali perkumpulan penerbit adalah Kota Medan, seperti beberapa penerbit yang jaya pada masa dulunya yakni Penerbit Bin Harun, Djambatan, Monora, Madju, Hasmar, Ambilo, Indra Balige, dan masih banyak lagi bahkan sampai ratusan.

Yang menariknya, kata dia, penerbitan tempo lalu sampai pelosok desa ada, salah satu desa kecil antara Tarutung dan Sibolga yakni Desa Sitahuis yang memiliki penerbit dan percetakan.

"Oeang Republik Tapanuli dicetak disana sebagai mata uang resmi di Tapanuli pada awal kemerdekaan," katanya.

Adapun beberapa acara nantinya diantaranya Pameran Buku Berkaitan dengan Sumatera Terbitan Tahun 1816-1967 dan Buku Langka diskusi "Kode-Kode Nusantara" bersama Hokky Situngkir yang merupakan ilmuwan muda dan salah satu pendiri Bandung Fe Institute serta peneliti Batik Fraktal dan Gorga.

Diskusi Menggait Medan Sebagai Kota Penerbit, Mengenang Sastrawan Sumatera, Literasi Kebencanaan dan Bincang-bincang santai dengan menghadikan beberapa pembicara yang mumpuni di bidangnya seperti Ichwan Azhari, Idris Pasaribu, Hasan Al Banna, dan lain-lain.

Dalam menyukseskan kegiatan itu, pihaknya menjalin kerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Sumatera Utara, Lingkarfiksi, Sopo Panatapan, Mataniari, Historical Sumut, Tobaleuser, Rumah Karya Indonesia, Umbara Books, dan Simpel.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 3 minggu lalu

    Pameran Pendidikan Eropa di Jakarta

    JAKARTA (EKSPOSnews): Sebanyak 138 universitas dari 14 negara Eropa dihadirkan dalam Pameran Pendidikan Tinggi Eropa (EHEF) di Jakarta, Sabtu 4 November 2017.Pameran yang berlangsung hingga 5 November

  • 3 bulan lalu

    Pameran Pusaka Nusantara

    Bertempat di Gedung Sasana Kridha Budaya Universitas Negeri Malang Jl. Veteran No. 13 Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur dilaksanakan kegiatan pembukaan Pameran Pusaka Nusantara dengan tema

  • 6 bulan lalu

    Tenun Ikat Dayak Dipamerkan di Kuching

    PONTIANAK (EKSPOSnews): Galeri Tenun Ikat Dayak (GTID) asal Kabupaten Kapuas Hulu, Kalbar mengikuti 3rd Sarawak Timber and SMEs Expo 2017 di Borneo Convention Center, Kuching, Malaysia."Kita bersyukur

  • 9 bulan lalu

    REI-BTN Gelar Pameran

    PONTIANAK (EKSPOSnews): Bank Tabungan Negara (BTN) - Real Estate Indonesia (REI) Kalimantan Barat mengelar "BTN REI Expo 2017" di Rumah Radakng Pontianak yang dimulai sejak 1-5 Maret 2017.Ketua DPD RE

  • tahun lalu

    BUMN Ikuti Pameran di Jakarta

    JAKARTA (EKSPOSnews): Sebanyak 118 BUMN dan sejumlah BUMD mengambil bagian dalam Indonesia Business & Development (IBDExpo) 2016, pameran yang bertujuan menunjukan perkembangan kinerja, inovasi

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99