Rabu, 18 Jul 2018

Palembang Kota Paling Berkembang

Oleh: Jallus
Kamis, 03 Mei 2018 10:50
BAGIKAN:
istimewa.
Jembatan Sungai Musi.
PALEMBANG (EKSPOSnews): Pemerintah pusat menilai Kota Palembang, Sumatera Selatan, menjadi kota yang paling berkembang di Indonesia sehingga memberikan penghargaan kota dengan perencanaan terbaik dalam Musyawarah Perencanaan dan Pengembangan (Musrembang) Nasional 2018.

Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Palembang Akhmad Najib di Palembang, mengatakan, Kota Palembang berhasil meraih penghargaan "Terbaik Nasional" dalam perencanaan pembangunan.

"Palembang dinilai sebagai kota yang memiliki inovasi dalam pembangunan, strategi, potensi, dan terobosannya, cukup besar, sehingga pembangunan di Palembang terus meningkat mengalahkan daerah-daerah lain di Indonesia dalam satu tahun terkahir," katanya, Kamis 3 Mei 2018.

Ia mengatakan dalam beberapa tahun terakhir, Palembang unggul dari sisi pertumbuhan ekonomi dan indeks pembangunan manusia yang selalu berada di atas angka rata-rata nasional

"Indeks pembangunan manusia mampu di atas angka rata-rata nasional yakni mencapai 76,59 persen. Sementara pertumbuhan ekonomi selalu di atas 5,5 persen," kata dia.

Untuk itu, ia berharap penghargaan yang diraih Palembang ini menjadi motivasi dan semangat semua jajaran lebih bekerja keras lagi menjadikan Palembang semakin baik.

"Mari semua jajaran OPD kota Palembang, bekerja sama, pembangunan yang baik juga diawali dengan pelayanan yang baik, maka dari itu pelayanan kita harus baik, utamanya dalam pelayanan perizinan, karena orang akan banyak melakukan izin usaha di Palembang kalau pelayanannya baik," kata dia.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bapemlitbang) menyampaikan, saat ini Palembang menjadi Kota paling berkembang di Sumatera Selatan (Sumsel).

Hal itu dapat dilihat dari data Badan Pusat Statistik (BPS), dimana indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Palembang dari tahun 2013 sampai 2017 terus mengalami kemajuan.

Pada 2013 IPM Kota Palembang sebesar 75,49 persen di tahun 2014 tercatat sebesar 76,02 persen. Kemudian pada tahun 2015 kembali mengalami peningkatan sebesar, 76,29 persen di tahun 2016 IPM Palembang mencapai 76,59 persen dan tahun 2017 naik sebesar 0,63 poin menjadi 77,22 persen.

Dari sisi ekonomi, Pemerintah Kota Palembang berhasil meningkatkan pertumbuhan Ekonomi Kota Palembang di atas rata - rata Sumsel dan Nasional. Berdasarkan catatan BPS, pertumbuhan ekonomi Palembang pada tahun 2017 menyentuh angka 5,7 persen.

Bahkan, Harrey Hadi menyampaikan, tahun 2018 Kota Palembang optimistis pertumbuhan ekonomi Palembang bisa tembus di angka 6 persen.

Pemerintah Kota Palembang juga dari tahun ke tahun berhasil menekan angka kemiskinan. Menurut data BPS di tahun 2013 angka kemiskinan Kota Palembang tercatat sebesar 13,36 persen menurun sebesar 12,93 persen pada 2014. Pada 2015 kembali menurun 12,85 persen dan pada 2016 Pemkot kembali menekan angka kemiskinan menjadi 12,04 persen.

"Inilah bentuk komitmen Pemerintah dalam mewujudkan program Palembang EMAS (Elok Madani Aman dan Sejahtera) 2018. Tidak hanya sektor infrastruktur, pengembangan SDM menjadi dasar pembangunan menjadi perhatian utama," kata dia.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 bulan lalu

    XL Salurkan Donasi Kuota di Palembang

    PALEMBANG (EKSPOSnews): PT XL Axiata Tbk. (XL Axiata) meningkatkan program sosial bagi masyarakat di berbagai daerah dan kali ini menyalurkan donasi kuota dalam rangka program Ramadhan berbagi kuota d

  • 2 bulan lalu

    LRT, Kebanggaan Baru Masyarakat

    PALEMBANG (EKSPOSnews): Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, kereta api ringan (LRT) akan menjadi kebanggaan bagi masyarakat terutama Sumatera Selatan karena angkutan massal itu sangat mo

  • 2 bulan lalu

    Palembang Tingkatkan Pembinaan Budidaya Ikan

    PALEMBANG (EKSPOSnews): Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, meningkatkan pembinaan masyarakat dalam melakukan budidaya ikan.Peningkatan pembinaan budidaya ikan akan terus dilakukan untuk meni

  • 3 bulan lalu

    LRT Palembang Menggunakan 2 Tarif

    PALEMBANG (EKSPOSnews): Kereta api ringan atau light rail transit (LRT) tujuan Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatera Selatan menuju Jakabaring akan menggunakan dua tari

  • 4 bulan lalu

    LRT Palembang Akan Dilengkapi WiFi

    PALEMBANG (EKSPOSnews): Kereta api ringan yang operasional di Palembang mendatang akan dilengkapi dengan Wifi atau jaringan internet yang dapat digunakan secara gratis bagi penumpang.Sekda Sumsel Nasr

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99