Senin, 24 Sep 2018
  • Home
  • Ragam
  • Orangutan Sumatera Mati di Bukit Lawang

Orangutan Sumatera Mati di Bukit Lawang

Oleh: alex
Rabu, 11 Jul 2018 19:21
BAGIKAN:
istimewa.
Orangutan.
MEDAN (EKSPOSnews): Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser, menemukan anak orangutan sumatera yang mati di kawasan wisata Bukit Lawang, di Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat.

Kabid Teknis Konservasi Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (BBTNGL), Adi Nurul Hadi di Medan, mengatakan orangutan sumatera itu ditemukan mati pada 30 Juni oleh salah seorang pemandu wisata di Bukit Lawang.

"Anak orangutan yang mati tersebut diperkirakan berusia tiga tahun dan kondisinya sedang diseret-seret oleh induknya ketika ditemukan," katanya, Rabu 11 Juli 2018.

Setelah melihat anak orangutan yang mati tersebut, pemandu wisata itu langsung melaporkan ke petugas Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah 5 Bahorok.

Penemuan anak orangutan yang mati tersebut juga dikoordinasikan dengan sejumlah mitra, diantaranya Yayasan Orangutan Sumatra Lestari-Orangutan Information Center (YOSL-OIC).

Pada 1 Juli, jasad anak orangutan itu dapat diamankan dari induknya tanpa dibius dan segera dibawa ke kantor dan diotopsi tim dokter hewan.

Proses otopsi tersebut dilakukan untuk mengetahui penyebab kematian anak orangutan itu, termasuk kemungkinan untuk mengindentifikasi kemungkinan adanya virus atau penyakit yang dapat membahayakan orangutan lain.

"Secara umum, tidak ditemukan adanya peluru, tapi ada sedikit lembam (pada jasad anak orangutan itu)," katanya.

Kepala SPTN Wilayah 5 Bahorok, Palber Turnip mengatakan pihaknya masih melakukan penelitian mengenai penyebab kematian anak orangutan tersebut.

"Kalau ditemukan ada gejala lain yang mengkhawatirkan, kami menyarankan agar BBTNGL melakukan 'assessment'," katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 3 bulan lalu

    2 Wisatawan Meninggal di Bukit Lawang

    STABAT (EKSPOSnews): Dua wisatawan yaitu Aria Sigit Nugraha (15) dan Lamhot Silaban (29) tewas saat mandi dan menikmati indahnya air di kawasan wisata Bukit Lawang Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat

  • 8 bulan lalu

    Jalan Provinsi Menuju Bukit Lawang Hancur

    STABAT (EKSPOSnews): Jalan provinsi yang menuju kawasan wisata orang utan di Bukit Lawang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara rusak sehingga mengakibatkan terganggunya aktivitas warga."Ada sekitar 5 km

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99