Kamis, 27 Jul 2017

Merazia Pendatang di Pekanbaru

Oleh: Marsot
Jumat, 30 Jun 2017 19:12
BAGIKAN:
istimewa
Merazia pendatang.
PEKANBARU (EKSPOSnews): Pemerintah Kota Pekanbaru melalui tim gabungan Satuan Polisi Pamong Praja dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat akan menggelar razia pendatang di daerah ini pasca-Lebaran untuk menertibkan domisili penduduk.

"Usai Lebaran banyak pendatang yang mencoba mencari keberuntungan di Pekanbaru," kata Kepala Satpol PP Pekanbaru Zulfahmi Adrian di Pekanbaru, Jumat 30 Juni 2017.

Ia menyatakan sudah tradisi usai lebaran, para perantau yang mudik akan membawa saudara atau temannya ikut ke tempat ia berasal untuk ikut mencari keberuntungan di daerah asal.

"Sesuai instruksi Wali Kota Pekanbaru, kita akan lakukan razia identitas dan target utamanya adalah pendatang baru," ujar zul.

Selain itu kata dia razia juga dilakukan sesuai peraturan daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2008 tentang Kependudukan.

Dimana tegas dia bagi pendatang yang terjaring razia sebagai sanksinya akan didenda Rp50.000.

"Denda tersebut nantinya akan dimasukkan kas daerah Kota Pekanbaru. Selanjutnya mereka juga diminta untuk membuat perjanjian agar selalu membawa KTP saat keluar dari rumah," tuturnya.

Ia menambahkan adapun tempat yang jadi sasaran razia seperti perbelanjaan, kos-kosan dan perumahan padat penduduk, perbatasan.

"Selain lokasi itu yang jadi target kita selanjutnya di terminal dan pelabuhan," tambahnya.

Namun begitu, Zul belum bisa memberikan jadwal kepastian operasi tersebut dilakukan, karena saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan Disdukcapil.

Sementara itu Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pekanbaru, Baharuddin membenarkan pihaknya akan melakukan razia sebagai upaya mengendalikan masuknya pendatang ke kota berpenduduk 1,1 juta jiwa tersebut.

Untuk itu ia mengimbau kepada masyarakat yang belum memiliki kartu identitas agar segera mengurus ke unit pelaksana teknis daerah (UPTD) Disdukcapil yang ada di masing-masing kecamatan.

"Identitas itu sangat penting sebagai jati diri apabila terjadi hal yang tidak diinginkan. Saya imbau urus KTP. Bagi yang belum punya dan pendatang segera mengurus surat pindah," tegasnya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 3 hari lalu

    Menyegel Menara Ilegal di Pekanbaru

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Penyidik Pegawai Negeri Sipil Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pekanbaru kembali menyegel tiga menara telekomunikasi ilegal penyebab kebocoran pendapatan asli daerah (PAD

  • 4 hari lalu

    Presiden Tinjau Ruas Tol Pekanbaru-Dumai

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Presiden Joko Widodo meninjau pembangunan jalan tol ruas Pekanbaru-Dumai, yang berada di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau."Jadi tol Pekanbaru-Dumai ini sudah dikerjakan, dimulai

  • 6 hari lalu

    Wings Air Akan Buka Rute Pekanbaru-Dumai

    DUMAI (EKSPOSnews): Maskapai Wings Air akan membuka rute baru penerbangan komersial di Bandara Pinang Kampai Kota Dumai, Riau, yaitu Pekanbaru-Dumai pulang pergi.Pelayanan baru di Bandara Dumai ini, k

  • 6 hari lalu

    Menjaring Pasangan Mesum di Pekanbaru

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Sebanyak 15 pasangan mesum dan sembilan orang tak bisa memperlihatkan identitas terjaring razia Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Riau di sebuah wisma di Jalan Arifin Achmad,

  • satu minggu lalu

    Bayi Dibunuh di Pekanbaru

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Dumai, Provinsi Riau menyelidiki mayat laki-laki yang diduga dibunuh karena ditemukan terbaring kaku bersimbah darah di bagian wajah."K

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak