Rabu, 20 Sep 2017

Merazia Pendatang di Pekanbaru

Oleh: Marsot
Jumat, 30 Jun 2017 19:12
BAGIKAN:
istimewa
Merazia pendatang.
PEKANBARU (EKSPOSnews): Pemerintah Kota Pekanbaru melalui tim gabungan Satuan Polisi Pamong Praja dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat akan menggelar razia pendatang di daerah ini pasca-Lebaran untuk menertibkan domisili penduduk.

"Usai Lebaran banyak pendatang yang mencoba mencari keberuntungan di Pekanbaru," kata Kepala Satpol PP Pekanbaru Zulfahmi Adrian di Pekanbaru, Jumat 30 Juni 2017.

Ia menyatakan sudah tradisi usai lebaran, para perantau yang mudik akan membawa saudara atau temannya ikut ke tempat ia berasal untuk ikut mencari keberuntungan di daerah asal.

"Sesuai instruksi Wali Kota Pekanbaru, kita akan lakukan razia identitas dan target utamanya adalah pendatang baru," ujar zul.

Selain itu kata dia razia juga dilakukan sesuai peraturan daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2008 tentang Kependudukan.

Dimana tegas dia bagi pendatang yang terjaring razia sebagai sanksinya akan didenda Rp50.000.

"Denda tersebut nantinya akan dimasukkan kas daerah Kota Pekanbaru. Selanjutnya mereka juga diminta untuk membuat perjanjian agar selalu membawa KTP saat keluar dari rumah," tuturnya.

Ia menambahkan adapun tempat yang jadi sasaran razia seperti perbelanjaan, kos-kosan dan perumahan padat penduduk, perbatasan.

"Selain lokasi itu yang jadi target kita selanjutnya di terminal dan pelabuhan," tambahnya.

Namun begitu, Zul belum bisa memberikan jadwal kepastian operasi tersebut dilakukan, karena saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan Disdukcapil.

Sementara itu Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pekanbaru, Baharuddin membenarkan pihaknya akan melakukan razia sebagai upaya mengendalikan masuknya pendatang ke kota berpenduduk 1,1 juta jiwa tersebut.

Untuk itu ia mengimbau kepada masyarakat yang belum memiliki kartu identitas agar segera mengurus ke unit pelaksana teknis daerah (UPTD) Disdukcapil yang ada di masing-masing kecamatan.

"Identitas itu sangat penting sebagai jati diri apabila terjadi hal yang tidak diinginkan. Saya imbau urus KTP. Bagi yang belum punya dan pendatang segera mengurus surat pindah," tegasnya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Mobil Sampah untuk Pekanbaru Bakal Ditambah

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru mengajukan penambahan 50 unit armada mobil pengangkut sampah senilai Rp4 miliar dengan sistem sewa pada APBD Perubahan 2017

  • 2 minggu lalu

    Layanan Internet Telkom di Pekanbaru Terganggu

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Sejumlah warga mengeluhkan layanan internet dari PT Telkom di Kota Pekanbaru yang tidak berfungsi selama dua hari terakhir."Sudah dua hari ini layanan internet Telkom wifi.id t

  • 3 minggu lalu

    Polisi Tahan Kadis PURR Pemkot Pekanbaru

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Direktorat Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Riau melakukan penahanan terhadap Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, Zulkifli Harun terkait duga

  • 4 minggu lalu

    Pemkot Pekanbaru Operasikan Trans Metro

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Pemerintah Kota Pekanbaru menyatakan akan mengoperasikan seluruh armada bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) pada Agustus 2017 sebagai bagian memaksimalkan angkutan publik di ibu ko

  • satu bulan lalu

    Membakar Ponsel Napi di Pekanbaru

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Riau membakar sebanyak 662 ponsel hasil sitaan di 15 lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan di seluruh wilayah

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak