Minggu, 21 Jan 2018

Lomba Perahu Hias di Palembang

Oleh: alex
Minggu, 29 Okt 2017 04:07
BAGIKAN:
istimewa.
Perahu hias.
PALEMBANG (EKSPOSnews): Kota Palembang berupaya melestarikan tradisi perlombaan perahu bidar dan perahu hias di Sungai Musi setiap memperingati HUT RI, 17 Agustus.

Meski pada tahun ini diselenggarakan pada peringatan Sumpah Pemuda, kata Wali Kota Palembang Harnojoyo di Palembang, Sabtu, 28 Oktober 2017.

sejatinya tidak mengurangi semangat untuk melestarikan tradisi daerah ini yang sudah bertahan puluhan tahun.

Ia mengatakan bahwa ajang perahu bidar sarat makna sehingga layak mempertahankannya, apalagi merupakan warisan leluhur yang sangat bernilai.

"Maknanya sangat dalam sekali yakni mengajarkan kerja sama tim, kerja keras dalam mencapai tujuan, dan kecintaan terhadap Tanah Air," kata Harnojoyo.

Menurut sejarah, Harno menceritakan, lomba perahu bidar atau dikenal dengan lomba perahu mencawang pada era Kesultanan Palembang yang diselenggarakan untuk memberikan semangat kepada tim patroli sungai dalam menjaga kedaulatan wilayah kekuasaan.

Sungai Musi sebagai jalur utama perdagangan ketika itu memiliki 108 anak sungai dengan panjang puluhan kilometer.

Untuk mengamankan perairan anak sungai ini dari perampok, dibentuklah tim patroli yang diperkuat oleh puluhan pedayung gagah dan berani untuk mengayuh perahu berukuran panjang.

Pada masa itu, tidak ada ukuran standar untuk perahu bidar mengingat hanya berpatokan pada menggunakan satu batang kayu berukuran panjang, yakni sekitar 30 meter.

Warga Palembang memiliki kegiatan rutin pada setiap peringatan 17 Agustus yang berkaitan dengan sungai, yakni lomba perahu bidar yang biasanya diikuti perwakilan dari seluruh kampung.

Namun, seiring dengan perubahan zaman, lomba adu cepat perahu bidar ini hanya diikuti oleh belasan peserta yang umumnya telah mendapatkan sokongan dana dari pemkot dan perusahaan swasta.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 3 hari lalu

    Garuda Buka Rute Makassar-Palembang

    MAKASSAR (EKSPOSnews): Maskapai penerbangan PT Garuda Indonesia Tbk. (Persero) mulai membuka penerbangan rute Makassar-Palembang pulang pergi pada 17 Januari 2018."Alhamdulillah cuaca cukup mendukung

  • satu bulan lalu

    Pemkot Palembang Bantu Usaha Mikro

    PALEMBANG (EKSPOSnews): Pemerintah Kota Palembang mengucurkan bantuan modal kepada 1.000 usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk mendorong pertumbuhan sektor usaha kecil menjelang Asian Games XVIII ta

  • satu bulan lalu

    Penjualan Toyota di Palembang Meningkat

    PALEMBANG (EKSPOSnews): Penjualan mobil merek Toyota di Palembang, Sumatera Selatan mencatat pertumbuhan cukup mengembirakan sepanjang tahun 2017 yakni 5,0 persen meski daerah ini masih dipengaruhi pe

  • 2 bulan lalu

    Pembangunan LRT Palembang Hampir Rampung

    JAKARTA (EKSPOSnews): Pembangunan "light rail transit (LRT) di Kota Palembang, Sumatera Selatan, sudah mencapai 72 persen, kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri."Kami

  • 2 bulan lalu

    Penderita HIV/AIDS di Palembang Mengkawatirkan

    PLEMBANG (EKSPOSnews): Komisi Penanggulangan AIDS Kota Palembang, Sumatera Selatan, mencatat 900 orang lebih terjangkit virus HIV dan dinyatakan positif AIDS hingga November 2017."Data penderita Human

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99