Minggu, 28 Mei 2017
  • Home
  • Ragam
  • Kunjungi TNBTS, Pangdam dan Komunitas Trail Tanam Bibit Edeilwes

Kunjungi TNBTS, Pangdam dan Komunitas Trail Tanam Bibit Edeilwes

Oleh: Elida KS
Senin, 20 Mar 2017 15:27
BAGIKAN:
istimewa
Pangdam Brawijaya Mayjen TNI I. Made Sukadana.
PROBOLINGGO (EKSPOSnews): Pangdam V Brawijaya, Mayor Jenderal I Made Sukadana, Minggu 19 Maret 2017 mengunjungi TNBTS. Kunjungan ini kali kedua yang dilakukan Pangdam dengan mengajak 200 personel se-wilayah Korem Malang dan komunitas motor trail yg menjadi binaannya.

Selain bertujuan menyalurkan hobi juga sebagai upaya mengenal teritorial dengan mendekatkan diri bersama pasukan yang ada di wilayah Korem Malang.

Pangdam bergerak dari rumah dinas panglima di Kota Malang sekitar pukul 6.30 WIB, menuju kawasan Perhutani KPH Malang di sekitar taman wisata Coban Pelangi untuk melakukan penanaman pohon.  Selanjutnya menuju kawasan TNBTS yaitu  Bukit Teletubies yang merupakan padang savana yang menjadi favorit pengunjung.

“Kunjungan yang dilakukan ini sebagai hobi bersama komunitas motor trail dan juga lebih mengenal teritorial wilayah Malang dan sekitarnya. Saya juga mengajak sekitar 200 personil dalam kegiatan kali ini,” ungkap Mayjen I Made Sukadana, Minggu 19 Maret 2017.

Kepala Bidang PTN Wilayah I Farianna Prabandari mewakili Kepala Balai Besar TNBTS mengatakan, agar kegiatan touring ini lebih bermakna, pihak TNBTS mengagendakan tiga kegiatan untuk Panglima dan jajarannya diantaranya pemasangan rambu rambu jalur trail, patroli bersama dengan siaga bencana, dan penanaman bibit Edeilwes.

“Kegiatan ini dimaksudkan agar para crosser tidak menggunakan jalur yang tidak semestinya dan bisa berakibat pada perubahan bentang alam dan kerusakan ekologi savana maupun laut pasir Tengger. Jalur trail di savana dan laut pasir adalah jalur kendaraan yang telah ada saat ini yang biasa digunakan untuk lalu lintas di laut pasir,” ujarnya.

Menurutnya, kunjungan Pangdam juga bertepatan dengan akhir musim penghujan dan menjelang musim kemarau. Ini dapat dijadikan momen patroli bersama dalam rangka pencegahan bencana.

“Patroli bersama ini juga menjadi bagian dari komitmen bersama antara TNBTS dan jajaran TNI dan Polri untuk mendukung kegiatan perlindungan dan pengamanan hutan TNBTS khususnya di wilayah teritorial 4 Kabupaten yakni Malang, Pasuruan, Probolinggo, dan Lumajang,” tegasnya.

Selain itu, Pangdam juga melakukan penanaman bibit Edelweiss di kawasan TNBTS. Penanaman secara simbolik ini merupakan  wujud partisipasi jajaran Kodam V Brawijaya dan kepedulian beliau pada upaya pelestarian edelweis yang menjadi salah satu icon kegiatan pelestarian biodiversitas  TNBTS.

Diketahui, kunjungan terakhir Pangdam dilanjutkan dengan sembahyang menuju Pura Poten yg menjadi tempat ibadah sakral umat hindu Tengger yg tepat berada di kawah Gunung Bromo. Sembahyang di pura poten ini juga merupakan contoh keteladanan kepemimpinan beliau pada pasukannya bahwa di tengah kunjungan teritorial tidak melupakan ibadah.

 

  Berita Terkait
  • satu bulan lalu

    Pangdam Brawijaya Kunjungi Sentra Pelayanan Padi Terpadu Unit Jombang

    JOMBANG (EKSPOSnews):Selang beberapa hari menjabat sebagai Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko, langsung melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke beberapa tempat di Jawa Timur. Jenderal b

  • satu bulan lalu

    Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko Jabat Pangdam Brawijaya

    SURABAYA (EKSPOSnews): Rotasi jabatan di kalangan TNI merupakan suatu hal yang lumrah. Selain bertujuan untuk memenuhi kebutuhan organisasi, tindakan itu juga bertujuan untuk meningkatkan profesionali

  • 2 bulan lalu

    Fun Bike Pangdam Brawijaya

     Fun Bike Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI I Made Sukadana  didampingi oleh Danrem 083/bdj kolonel arm Budi Eko Mulyono serta pemilik Harris hotel and Convension malang Bapak Erik Onggo Warsit

  • 3 bulan lalu

    Pangdam Brawijaya Tinjau Greenfields Indonesia

    MALANG (EKSPOSnews): Panglima Kodam V/Brawijaya, Mayor Jenderal TNI I Made Sukadana  didampingi Asisten Logistik (Aslog) Kasdam V/Brawijaya Kolonel Inf Sujono mengadakan kunjungan ke PT. Greenfie

  • 3 bulan lalu

    Pangdam Brawijaya Inspeksi Pasukan Penjaga Perbatasan

    MALANG (EKSPOSnews): Inspeksi kesiapan pasukan SSY (Satuan Setingkat Batalyon) pengamanan perbatasan digelar Rabu 1 Maret 2017 dilapangan Rampal, Malang oleh Pangdam V/Brawijaya.Batalyon Mekanis 512/Q

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak