Senin, 11 Des 2017
  • Home
  • Ragam
  • Donald Trump Akan Ganti Menlu Amerika Serikat

Donald Trump Akan Ganti Menlu Amerika Serikat

Oleh: alex
Jumat, 01 Des 2017 05:59
BAGIKAN:
cnbc.
Donald Trump.
WASHINGTON (EKSPOSnews): Presiden Amerika Serikat Donald Trump sedang mempertimbangkan rencana untuk mendepak Menteri Luar Negeri Rex Tillerson dan menggantinya dengan Direktur CIA (badan intelijen AS) Mike Pompeo, menurut sejumlah pejabat tinggi pemerintahan.

Hubungan Tillerson dengan Trump telah menegang karena sikap Menlu AS itu terhadap Korea Utara dianggap kurang keras. Ketegangan juga disebabkan beberapa perbedaan lain di antara kedua sosok itu.

Tillerson dikabarkan akan diganti Mike Pompeo dalam beberapa pekan ini di bawah rencana Gedung Putih untuk menjalankan perombakan staf, yang sejauh ini merupakan terpenting yang pernah dilakukan pemerintahan Trump.

Pompeo dikenal sebagai sosok yang loyal terhadap Trump dan memiliki sikap keras dalam kebijakan luar negeri.

Senator Republik Tom Cotton, yang merupakan salah satu pembela Trump paling setia di Kongres, disebut-sebut akan menggantikan Pompeo di Badan Intelijen Pusat (CIA), kata beberapa pejabat kepada Reuters, Kamis 30 November 2017.

Pencopotan Tillerson dari jabatan menteri luar negeri sudah menjadi desas-desus lama. Pertentangan antara Tillerson dan Trump meningkat pada masalah-masalah seperti Korea Utara, juga tekanan menyangkut rencana pemangkasan anggaran Departemen Luar Negeri AS.

Tillerson pada Oktober secara tertutup dikabarkan menyebut Trump sebagai orang "tolol", namun kabar itu ditepis oleh Tillerson.

Kabar itu disusul dengan cuitan Trump, yang mengatakan bahwa Tillerson tidak usah menghabiskan waktunya untuk berupaya berunding dengan Korea Utara menyangkut program nuklir dan rudal negara itu.

Cuitan Trump itu dianggap berbagai kalangan sebagai tanda bahwa sang menteri luar negeri sedang disingkirkan.

Menurut seorang pejabat tinggi AS, hubungan hambar antara Trump dan Tillerson sebagian besar disebabkan laporan soal penyebutan "orang tolol" itu, juga terkait pendekatan Tillerson yang kurang keras terhadap Korea Utara serta soal krisis Qatar.

Ketika ditanya apakah ia menginginkan Tillerson tetap menjabat sebagai Menlu AS, Trump menyingkirkan pertanyaan itu dengan mengatakan kepada wartawan di Gedung Putih, "Dia ada di sini. Rex ada di sini." 

Sumber: antara/reuters.

  Berita Terkait
  • 4 hari lalu

    Donald Trump Akui Yerusalem Ibu Kota Israel

    WASHINGTON (EKSPOSnews): Presiden Donald Trump, tiba-tiba membalikkan kebijakan yang telah dianut Amerika Serikat selama berpuluh-puluh tahun dengan mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.Langkahn

  • 11 bulan lalu

    Raja Judi Itu Resmi Jadi Presiden Amerika Serikat

    WASHINGTON (EKSPOSnews): Pada Jumat siang waktu setempat di Gedung Capitol, Washington D.C., Donald Trump telah dilantik sebagai Presiden ke-45 Amerika Serikat. Trump, yang lahir pada 14 Juni

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99