Rabu, 19 Des 2018
  • Home
  • Ragam
  • Di Aceh Utara Hujan Akan Sering Turun Malam Hari

Di Aceh Utara Hujan Akan Sering Turun Malam Hari

Oleh: Jallus
Minggu, 18 Nov 2018 04:38
BAGIKAN:
istimewa.
Hujan.
LHOKSEUMAWE (EKSPOSnews): Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), memperkirakan hujan akan terjadi tiga hari ke depan dan lebih sering terjadi pada malam hari.

"Untuk tiga hari ke depan, potensi hujan ringan-sedang masih terjadi terutama pada malam hari di wilayah Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara sekitarnya," ungkap prakirawan cuaca BMKG Stasiun Malikussaleh Febryanto, Minggu 18 November 2018.

Ia menjelaskan, potensi hujan di wilayah Lhokseumawe-Aceh Utara dan daerah sekitarnya di wilayah Provinsi Aceh, terjadi karena adanya sirkulasi angin tertutup (siklonik) di sebelah Barat Laut Aceh. Sehingga mengakibatkan massa udara bergerak menuju sirkulasi tersebut dan memicu terjadinya penumpukan massa udara di wilayah Aceh dan sekitarnya yang kemudian memicu pertumbuhan awan hujan (cumulonimbus).

Mengingat kondisi perkiraan cuaca yang seperti itu, pihaknya mengingatkan kepada masyarakat untuk berhati-hati. Karena selain berpotensi terjadinya hujan ringan-sedang pada malam hari, juga diikuti oleh petir dan angin kencang.

"Kami mengimbau masyarakat untuk selalu waspada terhadap potensi adanya banjir, petir, longsor, angin kencang yang dapat menumbangkan pohon dan potensi bahaya lainnya," ucap Febryanto.

Sedangkan mengenai kondisi gelombang laut di wilayah perairan Lhokseuawe dan Aceh Utara, untuk 3 hari ke depan juga diperkirakan masih aman untuk pelayaran bagi nelayan dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari, yakni berkisar antara 0.5 hingga 1.25 meter.

Sementara itu sebagaimana diketahui, di wilayah Aceh Utara tepatnya di Kecamatan Samudera ada tanggul DAS Krueng Pasee yang jebol, sehingga merendam sejumlah desa di sekitarnya.

Luapan air sungai dengan arus yang deras tersebut akibat tingginya curah hujan di wilayah pegunungan arah Selatan Kabupaten Aceh Utara. 

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 bulan lalu

    Kasus Sabu-Sabu Menonjol di Aceh Utara

    LHOKSUKON (EKSPOSnews): Penanganan kasus penyalahgunaan narkotika di wilayah hukum Polres Aceh utara, Provinsi Aceh lebih didominasi oleh sabu-sabu.Berdasarkan data tahun 2018, jumlah penanganan kasus

  • 5 bulan lalu

    Ladang Ganja di Aceh Utara

    LHOKSEUMAWE (EKSPOSnews): Tim Detasemen Intel Kodam Iskandar Muda bersama personel Kodim 0103/Aceh Utara menemukan 20 hektare ladang ganja di pedalaman Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh.Penemuan lad

  • 8 bulan lalu

    Polisi Amankan Kayu Ilegal di Aceh Utara

    LHOKSUKON (EKSPOSnews): Personil Satuan Reserse Kriminal Polres Kabupaten Aceh Utara menangkap dua pria dan mengamankan sebuah truk berisi 73 batang kayu diduga hasil penebangan liar.Kapolres Aceh Uta

  • 8 bulan lalu

    Penembakan Rumah di Aceh Utara Terkait Bisnis Sabu-Sabu

    LHOKSUKON (EKSPOSnews): Penyidik Kepolisian Resor Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, menduga penembakan rumah di Desa Geumata, Kecamatan Lhoksukon pada Jumat (13/4), terkait hutang piutang bisnis sa

  • 8 bulan lalu

    Polisi Tangkap Kepala Dinas Perindagkop Aceh Utara karena Sabu-Sabu

    LHOKSEUMAWE (EKSPOSnews): Polres Lhokseumawe menangkap Kepala Dinas Perindustrian Perdangangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop-UKM) Aceh Utara, Provinsi Aceh, berinisial F karena ked

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99