Jumat, 28 Jul 2017
  • Home
  • Properti
  • Waduk Wampu Akan Mengairi Sawah Puluhan Ribu Hektare

Waduk Wampu Akan Mengairi Sawah Puluhan Ribu Hektare

Oleh: Jallus
Selasa, 11 Apr 2017 04:46
BAGIKAN:
istimewa
Sawah (ilustrasi).
STABAT (EKSPOSnews): Bupati Langkat Ngogesa Sitepu meninjau pembangunan Waduk Sei Wampu yang nantinya akan bisa mengairi persawawahan seluas 10.000 hektare yang ada di Kecamatan Stabat, Wampu, Secanggang, dan Hinai.

"Bila selesai 2019 mendatang waduk ini akan mendistribusikan air ke persawahan petani dengan kapasitas luas mencapai 10.000 hektare," kata Ngogesa Sitepu di Stabat, Senin 10 April 2017.

Ngogesa juga menyampaikan, ada banyak manfaat nantinya dengan berfungsinya waduk itu. Selain mengairi persawahan petani juga akan dapat dimanfaatkan sebagai air baku PDAM Tirta Wampu, pariwisata, dan pembangkit listrik tenaga hidro.

"Seluruh biaya pembangunan waduk ini berasal dari APBN, dengan harapan masyarakat petani akan kembali bergairah untuk menanam padi sehingga Langkat tetap menjadi salah satu lumbung padi dan penghasil beras terbesar di Sumatera Utara," ujarnya.

Pihaknya juga berharap pembangunan Waduk Sei Wampu itu dapat selesai sesuai rencana guna difungsikan dengan waktu yang sudah ditargetkan.

Kordinator lapangan pembangunan Waduk Sei Wampu Warsono menjelaskan, luas waduk ini nantinya keseluruhannya mencapai 48 hektare yang hingga sekarang ini pengerjaannya sudah mencapai 13 persen.

"Sesuai dengan perencanaan, diharapkan tahun 2019 waduk ini bisa segera difungsikan untuk mengairi persawahan di empat kecamatan yang ada di daerah ini, sehingga produksi padi nantinya akan semakin meningkat," katanya.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  komentar Pembaca

Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

Tentang Kami

Redaksi

Pedoman Media Siber

Disclaimer

Iklan

RSS

Kontak