Selasa, 07 Jul 2020

Tol Trans Sumatera Makin Ramai

Oleh: marsot
Selasa, 26 Mar 2019 16:54
BAGIKAN:
purr.
Tol Trans Sumatera.
BANDARLAMPUNG (EKSPOSnews): Jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar semakin ramai dilintasi mobil pribadi, bus, dan truk barang, baik dari arah Pelabuhan Bakauheni ke Kota Bandarlampung dan Lampung Tengah, atau dari arah Terbanggi Besar ke Kota Bandarlampung dan Pelabuhan Bakauheni.

Berdasarkan pantauan di sejumlah titik Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, Lampung,  kendaraan pribadi lebih ramai masuk atau keluar tol melalui Pintu Tol Kotabaru dibandingkan pintu tol lain karena merupakan akses terdekat dari atau ke Kota Bandarlampung.

Karena itu, Pintu Tol Kotabaru biasanya ramai menjelang sore, karena kendaraan dari arah Bakauheni tujuan Kota Bandarlampung umumnya memilih keluar di pintu tol itu. Kendaraan dari arah Bandara Radin Inten II dan Terbanggi Besar tujuan Bandarlampung juga memilih Pintu Tol Kotabaru sebagai akses keluar, karena lokasinya lebih dekat dibandingkan Pintu Tol Lematang.

Kendaraan pribadi dari Bandarlampung tujuan Pelabuhan Bakauheni atau Bandara Radin Inten II dan Terbanggi Besar juga memilih Pintu Tol Kotabaru sebagai akses masuk.

Sementara itu, jalan provinsi menuju Pintu Tol Kotabaru itu yakni Jl Terusan Ryacudu dalam kondisi rusak sehingga menjadi titik macet arus keluar dan masuk tol.

Jalan yang berlubang dan berlumpur menjadi penghambat kelancaran arus kendaraan masuk atau keluar tol melalui Pintu Kotabaru.

Karena itu, sejumlah pengendara mengharapkan pemerintah segera memperbaiki kerusakan Jl Terusan Ryacudu agar akses masuk dan keluar tol lebih lancar.

"Jalan ini yang jadi akses terdekat ke pintu tol Kotabaru, semestinya diperbaiki agar tidak menjadi titik macet," kata salah seorang pengendara, Duan, Selasa 26 Maret 2019.

Sementara itu, truk barang umumnya memilih Pintu Terbanggi Besar, Lematang dan Bakauheni sebagai akses masuk dan akses keluar tol, karena lokasinya yang dekat dengan jalan raya, kawasan industri dan area pelabuhan.

Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Bakauheni (Lampung Selatan)-Terbanggi Besar (Lampung Tengah) sepanjang 140,9 km diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada Jumat (8/3/2019).

Peletakan batu pertama pembangunan Tol Trans Sumatera dilakukan Presiden Joko Widodo di Desa Sabahbalau, Kabupaten Lampung Selatan, pada 30 April 2015, dan pada 8 Maret 2019 sudah dioperasikan.

Pengerjaan jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar dilakukan melalui sinergi BUMN, yakni antara Hutama Karya dengan 4 BUMN konstruksi lainnya yaitu PP, WIKA, Waskita Karya, dan Adhi Karya.

Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140,938 km terbagi dalam 4 paket. PT PP (Persero) Tbk mengerjakan paket 1 dari Bakauheni ke Sidomulyo sepanjang 39,40 km; PT WaskitaKarya (Persero) Tbk membangun paket 2 dari Sidomulyo ke Kotabaru sepanjang 40,6 km; PT AdhiKarya (Persero) Tbk menggarap Paket 3 dari Kotabaru ke Metro sepanjang 29 km dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk mengerjakan paket 4 dari Metro ke Terbanggi Besar sepanjang 31,93 km.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • tahun lalu

    Tol Sumatera Mulai Dipadati Pemudik

    BANDARLAMPUNG (EKSPOSnews): Jalan Tol Trans Sumatra dari Pelabuhan Bakauheni menuju Kota Bandarlampung, Terbanggi Besar, dan Palembang sudah mulai ramai dilalui pemudik pada Kamis, atau tujuh hari seb

  • tahun lalu

    Stok BBM di Tol Sumatera Habis

    BANDARLAMPUNG (EKSPOSnews): Para pemudik yang melintas Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) dari Ruas Bakauheni ke Terbanggi Besar Provinsi Lampung diminta berhati-hati dan menjaga jarak dengan kendaraan la

  • tahun lalu

    Tol Trans Sumatera Akan Dilengkapi Rest Area

    BANDARLAMPUNG (EKSPOSnews): Menteri BUMN Rini M Soemarno menyebutkan akan ada pembangunan delapan tempat istirahat (rest area) di sepanjang Jalan Tol Trans-Sumatera ruas Bakauheni - Terbanggi Besar."A

  • tahun lalu

    Tol Trans Sumatera Berikan Dampak Ekonomi Signifikan

    MEDAN (EKSPOSnews): Jalan tol trans Sumatera dari Aceh hingga Lampung sepanjang 2.765 kilometer  diproyeksikan akan menambah  Penerimaan Asli Daerah (PAD)  di wilayah itu  sebesar

  • tahun lalu

    UMKM Diutamakan Isi Res Area Tol Trans Sumatera

    BANDARLAMPUNG (EKSPOSnews): Kepala Divisi Pengembangan Bisnis dan Investasi Hutama Karya Rizal Sutjipto mengatakan bahwa pengembangan wilayah "rest area" Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) lebih baik dip

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99