Senin, 20 Nov 2017

Tol Medan-Binjai Segera Digunakan

Oleh: Marsot
Sabtu, 25 Mar 2017 05:34
BAGIKAN:
istimewa
Jalan tol (ilustrasi).
MEDAN (EKSPOSnews): Jalan Tol Medan-Binjai seksi satu diharapkan dapat segera mulai digunakan, terutama pada arus mudik dan balik Lebaran 2017.

Pimpinan Proyek Jalan Tol Medan-Binjai Hestu Budi di Medan, mengatakan, seksi satu itu dari Binjai menuju Sei Semayang yang berada di Jalan Medan-Binjai KM 12.

Secara keseluruhan, pembangunan ruas jalan utama seksi satu tersebut telah mencapai 85 persen lebih dengan panjang 4 km.

Gerbang di Kota Binjai telah disiapkan, sedangkan gerbang tol di kawasan Sei Semayam sedang dalam proses penyelesaian.

"Ruas jalan seksi satu tersebut dapat dipergunakan ketika Lebaran untuk memperlancar arus lalu lintas dari Kota Medan menuju Kota Binjai, Kabupaten Langkat, dan Provinsi Aceh," ujarnya, Jumat 24 Maret 2017.

Usai Lebaran, penggunaan ruas jalan tol tersebut masih menunggu izin dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

Ia menjelaskan, jalan tol Medan-Binjai itu sepanjang 17 km dan terdiri dari tiga seksi yakni Seksi Binjai-Sei Semayang, Sei Semayang-Helvetia, dan Helvetia-Tanjung Mulia.

Pintu masuk atau gerbang tol tersebut juga ada tiga yakni di Binjai, Sei Semayang, dan Helvetia yang tembus menuju jalur di Tanjung Mulia.

Seksi Binjai-Sei Semayang telah mengalami kemajuan yang menggembirkan, tetapi Seksi Sei Semayang-Helvetia masih dalam pengerjaan.

Namun seksi tersebut belum dapat dituntaskan karena adanya lahan seluas 900 meter yang belum dibebaskan.

Padahal, lahan tersebut dinilai sangat penting karena akan dibangun gerbang tol dan akses keluar masuk menjadi jalan bebas hambatan itu.

Sedangkan Seksi Helvetia-Tanjung Mulia masih perlu proses lebih lama karena masih adanya lahan sepanjang 6 km yang belum dibebaskan.

Proyek pembangunan jalan tol Medan-Binjai tersebut merupakan penanaman modal nasional dengan biaya mencapai Rp1,6 triliun.

"Itu jumlah keseluruhan, sedangkan untuk konstruksinya sekitar Rp1,3 triliun," kata Hestu didampingi Kepala Satker Jalan Bebas Hambatan Kualanamu-Tebing Tinggi Dedy Hariadi.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 6 bulan lalu

    Tol Medan-Binjai Seksi I Terkendala Pembebasan Lahan

    BINJAI (EKSPOSnews): Jalan tol Binjai-Medan, Sumatera Utara, pengerjaannya terus dipercepat sehingga direncanakan akan dapat dilalui para pemudik lebaran 1438 Hijriah, kata Manager proyek jalan tol te

  • 8 bulan lalu

    Pembangunan Tol Medan-Binjai Berjalan Baik

    MEDAN (EKSPOSnews): Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basoeki Hadimoeljono meninjau perkembangan jalan tol Medan-Binjai di kawasan Helvetia Medan.Dalam peninjauan itu, Basoeki Hadimoeljono d

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99