Rabu, 14 Nov 2018

Tingkat Hunian Rumah Susun di Batam Tinggi

Oleh: Jallus
Kamis, 04 Jan 2018 12:09
BAGIKAN:
istimewa.
Rumah susun.
BATAM (EKSPOSnews): Tingkat hunian rumah susun di Kota Batam Kepulauan Riau hanya 60 persen, kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman dan Pertamanan Batam Herman Rozie.

Ia menyatakan tingkat hunian di setiap rusun berbeda, tergantung lokasinya. Ada rusun yang penuh dan ada pula yang kosong.

"Tidak semua kosong, banyak juga yang penuh, tergantung lokasinya. Seperti di Tembesi dan Sekupang itu penuh. Yang di Tanjunguncang sepi, karena pekerjaan di sana juga sudah sepi," kata Herman Rozie, Kamis 4 Januari 2018.

Pemkot Batam mengelola 30 blok kembar rusun yang tersebar di penjuru kota. Selain Pemkot, rusun di kota itu juga dikelola oleh Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas Pelabuhan Bebas Batam serta Badan Peyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Selain karena lokasi, menurut dia, warga Batam masih belum terbiasa tinggal di rumah susun, dan lebih memilih rumah tapak.

"Orang masih suka tinggal di rumah tapak," kata dia.

Saat ini, Rusun Pemkot Batam masih dikelola Unit Pelaksana Tugas Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman dan Pertamanan.

Menurut dia, pengelolaan Rusun saat ini masih disubsidi pemerintah untuk biaya pemeliharaan, sehingga belum bisa dijadikan Badan Layanan Usaha Daerah.

"Belum bisa jadi BLUD, karena masih mengandalkan APBD," kata dia.

Rencananya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan menbangun tiga blok kembar di Batam tahun ini. Namun, Rozie belum memastikannya.

"Itu belum pasti, kami masih menunggu kabarnya," kata Herman.

Pemkot sudah menyiapkan lahan pembangunan rusun itu, di Batamindo Kecamatan Sei Beduk dan Putra Jaya di Kecamatan Batuaji.

Menurut dia, dua lokasi itu strategis untuk Rusun, karena dekat dengan kawasan industri.

"Kalau rusun dibangun di dua lokasi itu, akan ramai karena lokasinya strategis," kata dia. 

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • satu minggu lalu

    Pertamina Tambah Pasokan Elpiji di Batam

    BATAM (EKSPOSnews): PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) I menambah pasokan elpiji ukuran 3 Kg di Kota Batam Kepualuan Riau pada Jumat, (2/11), Sabtu (3/11) dan Senin (5/11) untuk m

  • 3 minggu lalu

    Garuda Akan Buka Rute Pekanbaru-Batam

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Maskapai Garuda Indonesia Cabang Pekanbaru terhitung 3 November 2018 akan membuka rute penerbangan baru dari Pekanbaru menuju Batam guna menangkap potensi penumpang yang semaki

  • 4 bulan lalu

    Pertamina Bantu UMKM di Batam

    BATAM (EKSPOSnews): PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) I melalui Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Hang Nadim, memberikan bantuan modal usaha kepada usaha kecil dan mikro serta

  • 4 bulan lalu

    Pertamina Bantu Korban Kebakaran di Batam

    BATAM (EKSPOSnews): Pertamina Marketing Operation Region (MOR) 1 menyerahkan bantuan Pertamina Peduli dalam bentuk sembako dan kebutuhan dasar bagi pengungsi korban kebakaran rumah di Kota Batam, Kepu

  • 5 bulan lalu

    Durian Pesisir Selatan Masuk Batam

    PAINAN (EKSPOSnews): Buah Durian asal Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mampu menembus pasar Kota Batam dan Jakarta karena kualitasnya yang baik dan rasa yang lezat."Pada musim durian kali ini

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99