Minggu, 21 Jan 2018

Tingkat Hunian Rumah Susun di Batam Tinggi

Oleh: Jallus
Kamis, 04 Jan 2018 12:09
BAGIKAN:
istimewa.
Rumah susun.
BATAM (EKSPOSnews): Tingkat hunian rumah susun di Kota Batam Kepulauan Riau hanya 60 persen, kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman dan Pertamanan Batam Herman Rozie.

Ia menyatakan tingkat hunian di setiap rusun berbeda, tergantung lokasinya. Ada rusun yang penuh dan ada pula yang kosong.

"Tidak semua kosong, banyak juga yang penuh, tergantung lokasinya. Seperti di Tembesi dan Sekupang itu penuh. Yang di Tanjunguncang sepi, karena pekerjaan di sana juga sudah sepi," kata Herman Rozie, Kamis 4 Januari 2018.

Pemkot Batam mengelola 30 blok kembar rusun yang tersebar di penjuru kota. Selain Pemkot, rusun di kota itu juga dikelola oleh Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas Pelabuhan Bebas Batam serta Badan Peyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Selain karena lokasi, menurut dia, warga Batam masih belum terbiasa tinggal di rumah susun, dan lebih memilih rumah tapak.

"Orang masih suka tinggal di rumah tapak," kata dia.

Saat ini, Rusun Pemkot Batam masih dikelola Unit Pelaksana Tugas Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman dan Pertamanan.

Menurut dia, pengelolaan Rusun saat ini masih disubsidi pemerintah untuk biaya pemeliharaan, sehingga belum bisa dijadikan Badan Layanan Usaha Daerah.

"Belum bisa jadi BLUD, karena masih mengandalkan APBD," kata dia.

Rencananya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan menbangun tiga blok kembar di Batam tahun ini. Namun, Rozie belum memastikannya.

"Itu belum pasti, kami masih menunggu kabarnya," kata Herman.

Pemkot sudah menyiapkan lahan pembangunan rusun itu, di Batamindo Kecamatan Sei Beduk dan Putra Jaya di Kecamatan Batuaji.

Menurut dia, dua lokasi itu strategis untuk Rusun, karena dekat dengan kawasan industri.

"Kalau rusun dibangun di dua lokasi itu, akan ramai karena lokasinya strategis," kata dia. 

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • satu bulan lalu

    Agung Podomoro Land Bangun Apartemen di Batam

    JAKARTA (EKSPOSnews): Agung Podomoro Land (APL) melaksanakan peletakan batu pertama (groundbreaking) proyek apartemen Orchard View Batam yang dibangun di atas lahan 1,2 hektare dengan harga per unitny

  • 3 bulan lalu

    Polisi Gagalkan Pengiriman Ganja ke Batam

    MEDAN (EKSPOSnews0: Personil Polsek Medan Timur berhasil menggagalkan 14 kilogram ganja di Loket Bus Makmur, dan rencananya akan dikirimkan ke Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.Kapolsek Medan Timur,

  • 6 bulan lalu

    Imigrasi Batam Tolak Ratusan Permohonan Paspor

    BATAM (EKSPOSnews): Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam selama Januari hingga Mei 2017 sudah menolak 293 permohonan pembuatan paspor karena terindikasi akan digunakan untuk bekerja secara ilegal di l

  • 8 bulan lalu

    Sembako Murah di Batam

    BATAM (EKSPOSnews): Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Nagoya Batam membagikan sembako murah kepada masyarakat, sebagai bagian program tanggung jawab sosial perusahaan menjelang Ramadh

  • 8 bulan lalu

    Batam Gandeng Kodim Rehabilitasi Rumah Warga Miskin

    BATAM (EKSPOSnews): Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau menggandeng Komando Distrik Militer (Kodim) 0316/Batam untuk ikut membantu pengerjaan rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH)."Tahun ini pem

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99