Minggu, 23 Feb 2020

Pusat Pertokoan Pasar Atas Mulai Dibangun

Oleh: marsot
Selasa, 23 Okt 2018 03:53
BAGIKAN:
istimewa.
Pasar Atas Bukittinggi ketika terbakar belum lama ini.
BUKITTINGGI (EKSPOSnews): Pusat Pertokoan Pasar Atas di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), mulai dibangun kembali dengan konsep gedung ramah lingkungan atau "green building" yang terdiri dari empat lantai.

Satuan Kerja Penataan Bangunan dan Lingkungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Gatot Joko Sungkowo dalam kegiatan peresmian pembangunan kembali pertokoan Pasar Atas di Bukittinggi, mengatakan fasilitas itu akan menjadi percontohan bangunan yang dibangun dengan konsep modern.

Pasar yang terbakar pada penghujung Oktober 2017 itu dibangun dengan nilai kontrak Rp292 miliar lebih dan ditarget selesai pada akhir 2019.

Dengan konsep gedung ramah lingkungan, pasar dibangun senyaman mungkin didukung pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik sehingga hemat energi. Sampah, air hujan dan limbah lainnya dikelola dengan baik agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

Selain itu bangunan pasar juga memenuhi unsur keselamatan dengan dilengkapi sistem proteksi kebakaran dan tahan gempa.

"Dengan memperhatikan unsur kenyamanan dan keselamatan, pedagang bisa beraktivitas dengan nyaman dan pembeli berbelanja dengan tenang. Musibah kebakaran seperti sebelumnya juga tidak terulang," ujarnya, Senin 22 Oktober 2018.

Ia menyebutkan pertokoan yang dibangun empat lantai itu memiliki luas bangunan 39.789 meter persegi.

Bangunan dilengkapi basement sebagai tempat parkir kendaraan, lantai satu dan dua untuk kios dan los pedagang serta dilengkapi sarana rekreasi berupa pusat jajanan serba ada atau "food court".

"Bangunan baru lebih luas dari sebelumnya. Ada 834 kios, 315 los dan ada 'food court' bisa dimanfaatkan sebagai tempat berwisata kuliner," ujarnya.

Sebelumnya pihaknya berencana membangun pasar lebih dari empat lantai namun dibatasi peraturan daerah setempat bahwa bangunan tidak boleh melebihi tinggi Jam Gadang, atau hanya dua per tiga tinggi Jam Gadang.

Ditargetkan pembangunan selesai pada akhir 2019 dan saat itu sudah bisa diserahterimakan ke Pemda Bukittinggi.

Sebelumnya pusat pertokoan Pasar Atas terbakar pada 30 Oktober 2017 dan lebih dari 800 kios pedagang terdampak kebakaran.

Selanjutnya bangunan pasar dinyatakan tidak layak lagi digunakan sehingga dirobohkan pada April 2018.

Pemerintah daerah setempat saat ini telah menyediakan kios sementara untuk pedagang berjualan berlokasi di area depan Masjid Raya dan Pasar Wisata Pasar Putiah.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • tahun lalu

    Pasar Atas Akan Dibangun Kembali

    BUKITTINGGI (EKSPOSnews): Wali Kota Bukittinggi M Ramlan Nurmatias mengatakan pembangunan pusat pertokoan Pasar Atas yang terbakar pada Oktober 2017 akan dibangun kembali pada September tahun ini."Sep

  • 2 tahun lalu

    Pemkot Bukittinggi Cari Lokasi Penampungan Sementara Korban Kebakaran Pasar Atas

    BUKITTINGGI (EKSPOSnews): Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), masih mencari dan meninjau lokasi yang akan dijadikan sebagai tempat penampungan sementara bagi pedagang Pasar Atas yang

  • 2 tahun lalu

    Pasar Atas Bukittinggi Lumpuh Total

    BUKITTINGGI (EKSPOSnews): Aktivitas jual beli di kawasan Pusat Pertokoan Pasar Atas atau Pasar Wisata Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, lumpuh total pascakebakaran yang melanda daerah tersebut.Pantaua

  • 2 tahun lalu

    Pasar Atas Bukittinggi Terbakar

    BUKITTINGGI (EKSPOSnews): Sebanyak 800 kios pedagang di pusat pertokoan Pasar Atas Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, habis terbakar dalam peristiwa kebakaran yang terjadi Senin pagi.Wali Kota setempat

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99