Jumat, 21 Sep 2018

Proyek Berat Elevated Dihentikan Sementara

Oleh: Jallus
Selasa, 20 Feb 2018 13:41
BAGIKAN:
istimewa.
Proyek elevated.
JAKARTA (EKSPOSnews): Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menghentikan untuk sementara waktu (moratorium) seluruh pekerjaan proyek infrastruktur berat di atas permukaan atau melayang (elevated).

"Pagi ini, saya sudah perintahkan, seluruh pekerjaan berhenti sementara waktu, mulai dari tol, LRT dan jembatan yang membutuhkan pekerjaan berat di atas, elevated, untuk dilakukan audit oleh Komite Keselamatan Konstruksi (KKK)," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjawan pers di sela menghadiri Rapat Terbuka Fakultas Teknik Dalam Rangka Hari Pendidikan Teknik ke-72 di Universitas Gajah Mada, di Yogyakarta. Selasa 20 Februari 2018.

Penegasan itu terkait dengan kejadian ambruknya "bekisting pearhead" di salah satu titik proyek tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu dan menyebabkan korban tujuh orang mengalami luka. Sebelum kejadian ini, beberapa peristiwa mirip dengan kejadian ini sudah kerap terjadi di Indonesia.

Menurut Basuki, setelah diaudit oleh KKK, pada setiap proyek dengan pekerjaan berat melayang tersebut, bisa atau tidak diteruskan ada di KKK. "Jadi, go (lanjut) atau no go (tidak lanjut) tergantung hasil audit," kata Basuki.

Basuki juga menambahkan, pihaknya juga sudah menghentikan sementara pekerjaan jembatan di Papua yang seharusnya hari ini (20/2) dilakukan pengangkatan (erection), diminta juga dihentikan dulu.

"Hari ini jam 12.30 WIB, saya undang pihak terkait untuk membicarakan masalah ini di Kementerian PUPR Jakarta, " kata Basuki.

Basuki juga menyatakan, pelajaran yang bisa dipetik adalah lemahnya pengawasan karena ini pekerjaan rutin.

Ketika ditanya sampai kapan penghentian sementara itu, Basuki menjawab singkat tergantung hasil audit oleh KKK.

Seperti angkot Sebelumnya secara terpisah Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) memprotes pembangunan infrastruktur di Indonesia ternyata dikerjakan seperti sopir angkot (angkutan kota).

"Ya, seperti sopir angkot mengejar setoran. Yang penting pekerjaan selesai, tanpa mengutamakan keselamatan, keamanan dan kenyamanan penumpangnya," kata Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi.

Menurut Tulus, kecelakaan konstruksi terhadap proyek infrastruktur yang terjadi secara beruntun, dengan puluhan korban melayang, membuktikan hal itu.

"Kecelakaan konstruksi terjadi sebagai terbukti karena kegagalan konstruksi (construction failure). Ini membuktikan proyek konstruksi tersebut tidak direncanakan dengan matang dan atau pengawasan yang ketat dan konsisten," katanya.

Oleh karena itu, kata Tulus, pihaknya menyampaikan kritik keras dan mendesak pemerintah untuk membentuk tim investigasi independen dengan tugas utama melakukan forensik "engineering".

Hal itu untuk menyimpulkan apakah yang terjadi merupakan kegagalan dalam perencanaan konstruksi, kegagalan dalam pelaksanaan konstruksi, atau kegagalan dalam pengawasan konstruksi.

Tulus juga menegaskan, jangan sampai proyek infrastruktur tersebut mengalami kegagalan konstruksi berulang saat digunakan konsumen.

"Kita bisa bayangkan, korban masal akan terjadi jika kecelakaan konstruksi tersebut terjadi saat digunakan konsumen," kata Tulus.

Proyek Jalan Tol Becakayu merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dikerjakan oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk mulai 2014 dengan nilai kontrak Rp7,23 triliun dan memiliki panjang ruas 11 km.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 10 bulan lalu

    Penyidikan Terhadap Pimpinan KPK Bisa Dihentikan

    JAKARTA (EKSPOSnews): Kepala Polri Jenderal Pol Tito Karnavian mengatakan penyidikan oleh kepolisian terhadap kasus dugaan membuat surat palsu atau penyalahgunaan wewenang dengan terlapor dua pimpinan

  • tahun lalu

    Pengoperasian Bus Trans Padang Dihentikan Sementara

    PADANG (EKSPOSnews): Wakil Ketua DPRD Kota Padang, Sumatera Barat, Wahyu Iramana Putra mengatakan berdasarkan kesepakatan maka pengoperasian sepuluh bus baru Trans Padang koridor I di daerah itu untuk

  • tahun lalu

    Pembangunan Meikarta Milik Lippo Harus Dihentikan

    BANDUNG (EKSPOSnews): Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat menyatakan pembangunan permukiman Meikarta Lippo Cikarang harus dihentikan untuk sementara waktu terkait belum selesainy

  • tahun lalu

    3 Gerakan Islam Ini Harus Dihentikan

    BANTUL (EKSPOSnews): Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mohammad Mahfud MD menyebut ada tiga gerakan organisasi masyarakat Islam di Indonesia yang perlu ditertibkan karena kegiatannya menentang ideologi

  • 2 tahun lalu

    Tunjangan Dosen Bergelar S1 Mulai Dihentikan

    BANDUNG (EKSPOSnews): Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) akan menghentikan tunjangan fungsional dosen-dosen perguruan tinggi yang masih berpendidikan sarjana. &

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99