Rabu, 15 Agu 2018

Pesisir Selatan Dapat 2 Unit IPAL

Oleh: Jallus
Kamis, 19 Jul 2018 10:35
BAGIKAN:
istimewa.
IPAL.
PAINAN (EKSPOSnews): Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat memperoleh bantuan dua unit Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Kedua unit IPAL ini jika dirupiahkan bernilai Rp1 miliar, Pesisir Selatan merupakan satu dari 72 kabupaten/kota di Indonesia yang mendapatkan bantuan ini," kata Kepala Bagian Humas dan Protokoler setempat, Wendi di Painan, Kamis 19 Juli 2018.

Ia menambahkan, per unit IPAL mampu mengelola limbah dari 50 rumah tangga, dan jika keduanya beroperasi maksimal maka akan mampu mengelola limbah 100 rumah tangga pada daerah setempat.

Menurutnya, bantuan ke dua unit IPAL ini seirama dengan rencana pembangunan jangka menengah kabupaten setempat yang menjadikan sanitasi sebagai salah satu prioritas.

Bantuan itu diterima oleh Bupati setempat, Hendrajoni di Denpasar, Bali pada Rabu (18/7) saat menghadiri acara persiapan implementasi infrastruktur berbasis masyarakat.

Pada kesempatan itu, bupati bersama kepala daerah lainnya menandatangani perjanjian kerja sama pemenuhan target 100-0-100.

"100-0-100 merupakan target pemerintah pusat kepada daerah penerima bantuan IPAL yaitu 100 persen akes air bersih, 0 persen rumah kumuh dan 100 persen akses limbah rumah tangga," ungkapnya.

Pembangunan kedua IPAL akan dilaksanakan secara swadaya dan akan dikelola oleh satuan kerja yang ada di provinsi.

Sementara lokasi pembangunannya akan terlebih dahulu dikaji lebih lanjut oleh dinas teknis terkait sehingga lebih tepat sasaran.

"Pemerintah kabupaten bertekad untuk menjadi daerah ini paling maksimal dalam memanfaatkan bantuan ini, mudah-mudahan dengan komitmen ini kami terus mendapat perhatian dari pemerintah pusat," katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • satu bulan lalu

    Bupati Pesisir Selatan Tutup Galian C

    PAINAN (EKSPOSnews): Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni menutup sementara aktivitas enam tambang galian C di daerah itu karena belum melengkapi dokumen beroperasi."Harus taat aturan, s

  • 9 bulan lalu

    Jalan Lintas Sumatera Bengkulu-Pesisir Selatan Tertimbun Longsor

    PAINAN (EKSPOSnews): Jalan Lintas Sumatera yang menghubungkan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dengan Bengkulu tepatnya di Bukit Ransam, Nagari (Desa Adat) Painan Selatan, Kabupaten Pesisir Selatan te

  • tahun lalu

    Penginapan di Pesisir Selatan Penuh

    PAINAN (EKSPOSnews): Sejumlah penginapan baik sejenis "home stay" ataupun hotel di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat penuh karena ramainya kunjungan wisatawan pada libur Lebaran 2017 ke daerah

  • tahun lalu

    Turis Asing Dipalak di Mentawai

    MENTAWAI (EKSPOSnews): Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar) akan menyelidiki dugaan tindakan premanisme terhadap wisatawan asing yang bermain surfing di daer

  • 2 tahun lalu

    Pesisir Selatan Kekurangan Guru

    PAINAN (EKSPOSnews): Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) kekurangan tenaga pengajar terutama di sekolah dasar (SD) sebanyak 1.250 orang. Kepala Dinas Pendidikan dan K

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99