Minggu, 25 Jun 2017
  • Home
  • Properti
  • Pemkot Pekanbaru Tutup Gerai Waralaba Modern Tanpa Izin

Pemkot Pekanbaru Tutup Gerai Waralaba Modern Tanpa Izin

Oleh: Alex
Sabtu, 13 Mei 2017 08:04
BAGIKAN:
marsot
Indomaret (ilustrasi).
PEKANBARU (EKSPOSnews): Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau menutup paksa sebuah gerai modern berjaringan atau waralaba Indomaret karena terbukti beroperasi tanpa mengantongi izin usaha toko modern (IUTM).

"Toko tersebut terpaksa harus ditutup karena tidak mengantongi IUTM yang diatur dalam Perda Nomor 9 Tahun 2014," kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Pekanbaru Zulfahmi Adrian, di Pekanbaru, Sabtu 13 Mei 2017.

Perda Nomor 9 Tahun 2014 yang dimaksud Zulfahmi itu, mengatur tentang pengelolaan dan penataan pasar rakyat, pusat perbelanjaan dan toko swalayan.

Ia menjelaskan gerai Indomaret yang ditutup Jumat (12/5) sore tersebut berada di Jalan Sumatera, Kota Pekanbaru. Sebelum dilakukan penutupan, keberadaan toko tersebut telah mendapat berbagai macam penolakan dari sejumlah kalangan masyarakat.

Penolakan itu mereka sampaikan melalui spanduk-spanduk yang terpasang di sekitar gerai itu. Dalam aspirasinya, masyarakat menilai keberadaan gerai modern tersebut mematikan warung-warung kecil di sekitar Indomaret berada.

Tidak ada perlawanan berarti dari karyawan maupun pengelola saat penutupan gerai tersebut dilakukan.

Pemkot Pekanbaru yang diwakili oleh Satpol PP, Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Dinas Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu Pekanbaru langsung menutup gerai yang biasanya ramai pengunjung itu, saat pengelola tidak mampu menunjukkan izin yang seharusnya.

"Kami tutup tokonya hingga pengelola mengurus dan mengantongi izin yang seharusnya," kata Zulfahmi pula.

Menurutnya, apabila setelah penutupan itu pengelola tetap memaksa untuk membuka toko tersebut, dia menegaskan Pemkot Pekanbaru akan memberikan tindakan yang lebih tegas.

"Bisa penyegelan atau penutupan permanen," ujarnya lagi.

Kepada Disperindag Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut mengatakan IUTM saat ini belum bisa dikeluarkan karena masih terkendala dengan penolakan warga.

"Kami minta pengelola untuk menyelesaikan dulu dengan warga sebelum mengurus izinnya," kata dia.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 9 bulan lalu

    Pemkot Pekanbaru Bangun Ribuan Rumah Warga Miskin

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau melalui Dinas Pekerjaan Umum sudah membangun 1.000 unit Rumah Layak Huni (RLH) dalam kurun waktu empat tahun di wilayah setempat.

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak