Minggu, 28 Mei 2017

Pemkot Bengkulu Akan Bangun Waduk

Oleh: Alex
Selasa, 04 Apr 2017 00:10
BAGIKAN:
istimewa
Waduk (ilustrasi).
BENGKULU (EKSPOSnews): Pemerintah Kota Bengkulu akan membangun waduk pada tahun anggaran 2017 sebagai solusi banjir yang kerap melanda sebagian kawasan daerah itu.

Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan di Bengkulu, menyebutkan pembangunan waduk itu sebenarnya sudah lama direncanakan namun belum terealisasi sampai saat ini mengingat APBD kota yang belum mencukupi jika harus dialokasikan untuk itu.

"Saya sudah kaji bersama dinas PU, kemungkinan membutuhkan anggaran Rp200 miliar," katanya, Senin 3 April 2017.

Anggaran tersebut tidak bisa sepenuhnya dianggarkan hanya dengan APBD Kota Bengkulu saja dan butuh sinergi semua pihak dan kerja sama yang baik dengan pemerintah provinsi dan pusat.

"Harus ada gotong royong semua pihak, kita juga akan koordinasikan ke pemerintah pusat, waduk ini sangat dibutuhkan, apalagi jika mengingat kalau situasi tahunan Bengkulu seperti 2016 dan 2017, musim hujan lebih lama dibanding kemarau," kata dia.

Sejumlah wilayah kerap tergenang banjir karena curah hujan tinggi, seperti Kelurahan Rawa Makmur, Semarang, Tanjung Jaya, Tanjung Agung.

Ratusan rumah warga selalu menjadi langganan banjir baik saat hujan mengguyur Kota Bengkulu maupun ketika daerah hulu sungai yang berada di Kabupaten Bengkulu Tengah yang hujan deras.

Dengan keterbatasan kemampuan anggaran pemerintah ini juga lanjut wali kota, tidak mungkin akan membeli atau membebaskan lahan warga sekitar lokasi yang direncanakan menjadi kawasan waduk, yakni di Kelurahan Tanjung Agung dan Tanjung Jaya.

"Lahan masyarakat tetap menjadi masyarakat, kita berharap ada dialog dengan masyarakat, nanti jika itu selesai tidak hanya untuk mencegah banjir saja, disana nantinya kan juga bisa menjadi kawasan wisata baru, dan itu akan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar," ujarnya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 bulan lalu

    Waduk Wampu Akan Mengairi Sawah Puluhan Ribu Hektare

    STABAT (EKSPOSnews): Bupati Langkat Ngogesa Sitepu meninjau pembangunan Waduk Sei Wampu yang nantinya akan bisa mengairi persawawahan seluas 10.000 hektare yang ada di Kecamatan Stabat, Wampu, Secangg

  • 5 bulan lalu

    Presiden Jokowi Tinjau Pembangunan Waduk Raksasa di Minahasa

    MINAHASA (EKSPOSnews): Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan bendungan berkapasitas raksasa mencapai 23 juta meter kubik yakni Bendungan Kuwil di Minahasa Utara akan rampung pada 2019. Pre

  • 8 bulan lalu

    Pemkot Bengkulu Kekurangan Tenaga Kesehatan dan Guru

    BENGKULU (EKSPOSnews): Pemerintah Kota Bengkulu mencatat kekurangan tenaga kesehatan dan guru sebanyak 800 orang, akibat banyaknya yang memasuki masa pensiun. Wali Kota Bengkulu, Helmi Hasan,

  • 8 bulan lalu

    Mengoptimalkan Waduk Sebagai Pembangkit Listrik

    COPENHAGEN (EKSPOSnews): Pemerintah melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berencana untuk mengoptimalisasi kegunaan waduk, bukan hanya sebagai penyedia air untuk irigasi akan tetapi j

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak