Rabu, 20 Sep 2017
  • Home
  • Properti
  • Pemkab Tapanuli Utara Berusaha Alirkan Listrik ke Dusun Terpencil

Pemkab Tapanuli Utara Berusaha Alirkan Listrik ke Dusun Terpencil

Oleh: Alex
Selasa, 18 Apr 2017 09:51
BAGIKAN:
pln.co.id
Jaringan listrik.
TARUTUNG (EKSPOSnews): Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, terus berupaya agar dusun-dusun yang jauh dari pusat ibukota dapat teraliri listrik dan untuk itu komunikasi dengan PLN secara intensif terus dilakukan.

"Sejak awal kepemimpinan Bupati Nikson Nababan, hal ini telah menjadi salah satu prioritas. Namun, karena keterbatasan anggaran daerah maka hanya mampu mengakomodir pengadaan kebutuhan listrik untuk sejumlah dusun saja," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tapanuli Utara, Benhur Simamora di Tarutung, Selasa 18 April 2017.

Ia mengatakan, secara perlahan kebutuhan penerangan listrik tersebut diakomodir melalui pembangunan pembangkit listrik tenaga hidromikro yang memanfaatkan potensi air terjun, seperti yang diterapkan di salah satu dusun, yakni Dusun Lumbantobing, Desa Manalu Dolok, Kecamatan Parmonangan, Taput.

"Harapan kita, setelah ada peraturan terkait pembangunan jaringan listrik desa yang hanya dilakoni PLN selaku penyedia jasa kelistrikan, seluruh daerah di Tapanuli Utara segera menikmati aliran listrik," katanya.

Menurut dia, keberadaan akses jalan sebagai syarat yang mempermudah pemasangan jaringan listrik oleh PLN, mampu menjadi poin penting dalam upaya realisasi jaringan listrik ke desa dan dusun terpencil.

"Memang seiring semakin terbukanya akses jalan yang memadai ke dusun-dusun, jaringan listrik akan semakin mudah masuk," katanya.

Sebelumnya, Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan bersama Manager PLN wilayah Tarutung Saroha Sinaga mengunjungi Dusun Pangguan Desa Hutapea Banuarea Kecamatan Tarutung, Tapanuli Utara yang sampai saat ini belum teraliri listrik.

Menurut Nikson, Desa Pangguan merupakan satu-satunya desa di wilayah Kecamatan Tarutung, yang belum teraliri listrik.

"Dusun ini merupakan satu-satunya daerah yang belum teraliri listrik di wilayah Kecamatan Tarutung. Namun, segera aliran listrik akan membuat daerah ini terang benderang," ujar Nikson.

Realisasi pembangunan jaringan listrik desa untuk Dusun Pangguan dan puluhan dusun lainnya di wilayah Tapanuli Utara segera akan diwujudkan pihak PLN pada tahun 2017 ini.

"Segera, setelah pihak PLN melakukan survei, seluruh wilayah Taput, termasuk Dusun Pangguan, sudah teraliri listrik. Hal tersebut merupakan penegasan dari pihak PLN," katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  komentar Pembaca

Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

Tentang Kami

Redaksi

Pedoman Media Siber

Disclaimer

Iklan

RSS

Kontak